Rabu, 26 Desember 2012

China Luncurkan Kereta Cepat Terpanjang di Dunia

 

Beijing: China resmi meluncurkan rute kereta cepat terpanjang di dunia. Rute kereta itu menghubungkan Ibu Kota Beijing dengan wilayah perdagangan Guangzhou.
Kereta peluru yang pertama meninggalkan Beijing, Rabu (26/12) pagi. Kereta ini menempuh perjalanan dengan kecepatan 300 kilometer per jam, jauh lebih cepat dari waktu perjalanan biasa.

Seorang pejabat China menyebut rute itu sebagai "salah satu yang tercanggih di dunia." Kereta dengan rute sejauh 2.298 kilometer itu berhenti di 35 stasiun, termasuk di kota-kota besar seperti Wuhan dan Changsa.

Menurut media pemerintah China, keputusan untuk memulai layanan penumpang pada 26 Desember dilakukan untuk memperingati kelahiran mantan pemimpin China Mao Zedong.

China saat ini mengembangkan jaringan kereta cepat ke seluruh penjuru negara. Namun proyek yang ambisius itu tidak lepas dari kontroversi.

Sebanyak 40 orang tewas pada musim panas ini dalam kecelakaan di jalur kereta cepat di provinsi Zheijiang dan skema kereta cepat selama ini selalu dibayangi laporan korupsi. (BBC/DOR)



sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *