Minggu, 30 Desember 2012

Iran bantah blokir Selat Hormuz selama latihan perang



Iran membantah telah melakukan pemblokiran di Selat Hormuz selama berlangsungnya latih perang besar-besaran Angkatan Laut (AL) Iran di wilayah tersebut. Latihan perang yang diberi tajuk Vilayat 91 itu berlangsung sejak Jumat 28 Desember hingga 3 Januari.

Sejumlah media Barat melaporkan, bahwa AL Iran telah mengeluarkan peringatan bagi kapal-kapal asing yang melintas di wilayah latiha perang tersebut. Namun, Juru Bicara Latihan AL Iran, Laksamana Amir Rastegari mengatakan, peringatan itu memang perlu dilakukan.

"AL Iran telah mengeluarkan peringatan. Sesuai dengan norma-norma internasional, pengumuman harus dikirim untuk informasi dari kapal-kapal yang lewat selama setiap latihan militer untuk mencegah kerugian potensial," kata Rastegari, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (29/12/2012).

Rastegari menambahkan, bahwa pengumuman tersebut dikeluarkan untuk memberikan keamanan pada kapal komersial dan angkatan laut yang berada di dekatnya pada waktu tertentu, ketika latihan perang sedang berlangsung.

Latihan perang ini dilakukan di wilayah seluas sekitar 1 juta km persegi di Selat Hormuz, Teluk Oman, bagian utara laut India, bagian utara Samudra Hindia, Teluk Aden, selat Bab-el-Mandeb.



sumber











0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *