Kamis, 28 Februari 2013

P.1HH Hammerhead, UAV dari Piaggio


Piaggio P.1HH Hammerhead

Perusahaan Italia Piaggio dan Selex Electronic Systems bekerjasama untuk membuat varian dari pesawat udara tak berawak P-180 Avanti turboprop.

Dinamai P.1HH Hammerhead, varian baru dari Avanti ini telah dimodifikasi secara total untuk peran UAS-nya (Unmanned Aircraft Systems). Menurut Piaggio, UAV versi baru ini akan mampu beroperasi selama 16 jam dengan membawa berbagai muatan termasuk SIGINT dan Elint serta mampu melakukan pengawasan maritim dan perbatasan serta peperangan elektronik. Senjata dan kelengkapan eksternal lainnya juga dipasang pada tiang yang ditanamkan pada fuselage. UAV ini telah dikembangkan untuk menangkap gambar pada ketinggian menengah, berdaya tahan lama (MALE) layaknya MQ-9 Reaper atau BAE Systems Mantis.

Kedua perusahaan Italia tersebut bekerja secara diam-diam dengan didanai dari biaya sendiri selama lebih dari dua tahun. Mereka baru meluncurkan UAV ini pada pameran pertahanan IDEX di Abu Dhabi pada 18 Februari setelah peluncuran pertama dan uji coba di sebuah pangkalan udara di Italia pada 14 Februari.

"Ada persyaratan dari berbagai negara untuk ketinggian menengah, UAS harus tahan lama di udara," kata Alberto Galassi, CEO Piaggio Aero. "Kami menyediakan UAV yang bersertifikat, ini akan menjadikan UAV ini pilihan yang menarik."

Piaggio P.1HH Hammerhead

Hammerhead dikendalikan dari stasiun kontrol misi yang diproduksi oleh Selex, dengan saling berhadapan dan di luar jangkauan pandang dengan menggunakan komunikasi satelit. Sistem misinya dikembangkan dari Sistem Sky ISTAR Selex yang memungkinkan fitment dari berbagai sensor. Selex juga menyediakan manajemen dan sistem kontrol, dan terminal data udara. Perubahan lain untuk UAV ini termasuk bagian eksternal yang bisa dilepas dari UAV yang menurut Piaggio akan sangat membantu dalam transportasi darat jika diperlukan (diangkut).

Piaggio berharap untuk menerbangkan prototipe Hammerhead sebelum akhir tahun dan berencana untuk mulai memasarkannya ke pelanggan potensial di Paris Air Show pada bulan Juni nanti.

Ini adalah perkembangan ketiga dari varian khusus Avanti. Pada tahun 2012 saat Farnborough Air Show, Abu Dhabi Autonomus System Investments (ADASI) mengungkapkan rencanannya untuk mengembangkan varian patroli maritim dari P.180, dan Rockwell Collins telah dipilih untuk menyediakan perlengkapan avionik baru untuk varian MPA. Penerbangan pertama dari versi ini direncanakan pada 2014. Ada juga versi "flight checker" dari P.180 untuk tugas inspection duties.
 
 
 
 
artileri.org

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *