Selasa, 26 Februari 2013

Peneliti LAPAN: Diperkirakan Pecahan Roket Akan Jatuh di Sumatera & Sulawesi


Foto : Roket yang membawa satelit Korut (AP)
 Foto : Roket yang membawa satelit Korut (AP) 
JAKARTA: - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkirakan pecahan roket untuk meluncurkan satelit Telkom 3 yang gagal mengorbit 3 Agustus 2011 lalu, akan jatuh disekitar wilayah Indonesia.

Peneliti Lapan, Abdul Rahman, mengatakan mengutip ucapan Peniliti LAPAN, Thomas Djamaluddin, pecahan roket yang hanya sebesar 1 meter tersebut, diperkirakan jatuh di wilayah Sumatera dan Sulawesi.

"Tadi Pak Thomas memberikan informasi beberapa jam lalu, pecahan roket sudah melintas di Indonesia. Biasanya benda-benda ini tidak terklalu besar cuma sekitar satu meter, dan akan habis terbakar di atmosfir. Namun, ada beberapa sampai kepermukaan bumi," kata Abdul, kepada Okezone, Senin (25/2/2013).

Saat ini, kata dia, keberadaan roket berada dalam orbit di 40 derajat terhadap equator atau hampir diatas 122 kilometer dari permukaan bumi.

"Dengan ketinggian tersebut, bisa saja pecahan roket tidak jatuh di Indonesia. Kecuali sudah sampai 10 derajat terhadap equator,' jelasnya.

Namun, sambung Abdul, saat ini LAPAN belum bisa memprediksi secara pasti apakah pecahan roket tersebut akan jatuh di wilayah mana.
okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *