Kamis, 30 Mei 2013

"Jepang Ingin Mengepung China"


Foto : PM India & PM Jepang (PTI)
BEIJING - Media China mengecam keras kerja sama keamanan antara Jepang dan India yang diresmikan tepat setelah Perdana Menteri Manmohan Singh menyambangi Negeri Sakura. Kerja sama pertahanan itu dinilai sebagai aliansi untuk mengepung China.

"Lewat kunjungan empat hari Singh ke Jepang, kedua negara itu mendiskusikan kerja sama keamanan maritim. Beberapa hari yang lalu, ketika Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi Myanmar, terlihat jelas bahwa Jepang mulai menyelesaikan permaiannya untuk mengepung China," demikian artikel di Global Times, Kamis (30/5/2013).

"Namun rencana Jepang mengepung China hanyalah sebuah ilusi. Jepang tidak memiliki kekuatan untuk mengalahkan pengaruh China di Asia," lanjut penulis artikel itu.

Kemarin, media China People's Daily juga menyerang Jepang dengan mengecam kunjungan Singh ke Tokyo. Menurut suratkabar itu, Jepang memanfaatkan ketegangan hubungan India dan China untuk mempererat kerja sama menghadapi China.


"Beberapa politisi Jepang justru membuat dirinya terlihat bak seorang pencuri kecil dalam isu-isu yang berkaitan dengan China. Mereka membentuk 'Permata Keamanan Demokrat,' 'Diplomasi Strategis' dan 'Diplomasi Bernilai.' Faktanya, mereka justru mengusung praktik diplomasi berpikiran sempit yang dipopulerkan pemerintahnya. Konspirasi yang dilakukan maling-maling kecil ini akan gagal," demikian artikel di suratkabar milik Partai Komunis China itu.

Perseteruan antara China dan India di wilayah perbatasan memang sudah terselesaikan lewat jalur diplomasi. Namun belakangan ini, China kembali membuat khawatir India dengan melibatkan Sri Lanka selaku negara tetangga Negeri Bollywood itu.

Seperti diketahui, China baru saja menjamu Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa. Negeri Panda itu memberikan bantuan berupa pinjaman dana senilai miliaran dolar ke negara Asia Selatan itu. Tanpa disadari, India mengkhawatirkan keputusan China. (AUL)

okezone 

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *