Kamis, 06 Juni 2013

AS Awasi Kapal Perang Taiwan


Foto : Kapal tempur Taiwan (scmp)TAIPEI: - Kapal perang Taiwan yang bertugas melindungi kapal nelayan di Kepulauan Nansha, ternyata sudah menjadi target pesawat anti-kapal selam milik Amerika Serikat (AS). Peristiwa ini memunculkan dugaan mengenai adanya perselisihan kedua negara tersebut.

Seperti diberitakan Taiwan Liberty Times, Rabu (5/6/2013), kapal tempur Taiwan tengah berlayar ke lepas Pantai Taiping pada 25 Mei lalu. Mereka berlayar untuk menyelesaikan misi pengiriman logistik, namun di tengah perjalanan, mereka diintai oleh pesawat P-3c ASW milik AS.

P-3C ASW tergabung dalam skadron anti-kapal selam AS yang bermarkas di Pangkalan Anderson, Guam. Menurut laporan dari media Taiwan itu, pesawat P-3C ASW mengitari kapal perang Taiwan. Pesawat itupun terbang dengan ketinggian rendah.

Angkatan Laut Taiwan mengklaim, tidak ada perseteruan antara negaranya dan Negeri Paman Sam. Pesawat itu terbang tinggi dan sangat jauh dari kapal perang Taiwan. Mereka pun sudah melaporkan hal tersebut ke Kementerian Pertahanan Taiwan.


Meski demikian, media-media di Taiwan berasumsi bahwa ada perseteruan yang terjadi antara Taipei dan Washington mengenai sengketa Laut China Selatan. Pada pertengahan Mei lalu, kapal perang Taiwan juga berhadap-hadapan dengan kapal T-AGM-23 milik AS. Dalam peristiwa itu, AS tampaknya ingin menyampaikan pesan langsung ke Taiwan.

Sejauh ini, Pemerintah Taiwan menyampaikan pendapat yang sama dengan militer. Mereka turut membantah spekulasi media terkait perseteruan negaranya dengan AS. Kementerian Luar Negeri Taiwan menegaskan kembali bahwa hubungan AS dan Taiwan tidak pernah berubah dan selalu baik. (AUL)

okezone 

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *