Pages

Sabtu, 31 Agustus 2013

Presiden SBY Melawat ke Tiga Negara Eropa



Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melakukan serangkaian kunjungan kenegaraan ke Kazakhstan, Polandia, dan Rusia pada 1-7 September 2013. 


Presiden akan didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta sejumlah delegasi dalam kunjungan tersebut. 

“Kunjungan ke luar negeri Presiden selama tujuh hari memiliki arti strategis bagi kepentingan nasional Indonesia, utamanya di bidang ekonomi,” Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah di Jakarta, Jumat (30/8). 

Teuku Faizasyah mengemukakan, kunjungan Presiden ke Astana, Kazakhstan dilakukan atas undangan Presiden Nursultan Nazarbayev. Kunjungan tersebut merupakan balasan terhadap kunjungan Presiden Nazabayev sebelumnya. 

"Selama di Astana, Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Nazarbayev. Bidang yang akan dibahas antara lain perdagangan dan investasi, pangan dan energi, sosial budaya, dan kerjasama pendidikan," kata Faizasyah di Jakarta, Jumat (30/8). 

Presiden juga dijadwalkan akan bertemu dengan PM Kazakhstan Serik Akhmetov dan pelaku bisnis utama Kazakhstan. 

Seusai kunjungan ke Astana, Presiden beserta rombongan akan bertolak menuju Warsawa, Polandia. Kunjungan kali ini merupakan yang ketiga kali dilaukan Presiden RI sejak dibukanya hubungan diplomatik pada 1955. Kunjungan pertama dilakukan oleh Presiden Soekarno tahun 1959 dan yang kedua oleh Presiden Megawati pada tahun 2003. 

Selama di Polandia, Presiden dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Polandia, Bronisław Komorowski. Selain itu, juga akan dilakukan pertemuan dengan PM Polandia, Donald Tusk, dan Ketua Senat Polandia, Y.M. Bogdan Borusewicz. 

Pada kesempatan kunjungan kenegaraan ini, akan ditandatangani nota kesepahaman di berbagai bidang, diantaranya di bidang perikanan, pertanian, perdagangan, investasi, pertambangan, dan pendidikan. Untuk lebih memfasilitasi interaksi pejabat kedua negara, akan pula ditandatangani perjanjian bebas visa bagi pemegang paspor dinas dan diplomatik. 

Adapun kunjungan terakhir Presiden RI dalam rangkaian lawatan ini adalah St. Petersburg, Rusia guna menghadiri KTT ke-8 G-20. KTT G-20 dibawah Presidensi Federasi Rusia akan membahas empat isu utama (cluster of issues), yakni growth and financial stability, sustainable development for all, growth, jobs, investment; dan growth and trade. 

Bersama para pemimpin G-20 lainnya, Presiden Yudhoyono juga akan menghadiri dialog informal G-20 dengan Business 20 (B20) dan Labor 20 (L20). Topik yang akan dibahas dalam dialog tersebut adalah promoting growth and job.



Read more »

RI Tempatkan 8 Helikopter Apache di Laut China Selatan


JAKARTA - Kementerian Pertahanan RI telah menandatangani kesepakatan pembelian delapan helikopter serang jenis Apache AH-64E dari Amerika Serikat (AS). Nantinya, helikopter serang tersebut akan ditempatkan di Laut China Selatan. 

Hal tersebut diuatarakan Menhan Poernomo Yusgiantoro usai pelantikan Panglima TNI dan KSAD di Istana Negara.
“Agar tahu saja, bahwa kita akan tempatkan (helikopter Apache) di Laut China Selatan,” kata Poernomo, di Istana Negara, Jumat (30/8/2013).

Poernomo menegaskan, pembelian helikopter tempur tersebut, sebagai upaya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia pun menampik helikoper buatan Amerika itu akan ditempatkan di Papua.

“Oh enggak, itu bukan untuk Papua, itu untuk Indonesia. Itu (helikpoter) untuk menjaga kedaulatan kita,” jelas Poernomo.
Menhan Purnomo umumkan pembelian helikopter (Foto: Fajar/Okezone)
Menhan Purnomo umumkan pembelian helikopter (Foto: Fajar/Okezone)

Sekedar diketahui,  pemerintah membeli delapan helikopter AH-64 Apache tersebut senilai US$600 juta atau Rp6,4 triliun. Diharapkan pada Oktober 2014,  helikopter lengkap dengan senjata dan spare partnya mulai tiba di Indonesia secara bertahap.

Laut China Selatan sendiri menjadi rebutan antara beberapa negara anggota ASEAN dengan China dan Taiwan. Wilayah tersebut dikabarkan kaya akan sumber daya alam serta dinilai strategis.

Indonesia tidak memiliki klaim apapun atas Laut China Selatan. Negara ASEAN yang turut mengklaim wilayah ini antara lain, Filipina, Singapura, Vietnam, Kamboja, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Read more »

Iran: Serangan AS ke Suriah Bawa Kehancuran Israel

TEHERAN - Komandan Pasukan Garda Revolusi Iran Mohammad Ali Jafari menegaskan, serangan militer Amerika Serikat (AS) ke Suriah akan memicu serangan ke Israel. Jafari menilai serangan di Suriah akan menjadi "Vietnam kedua" bagi Amerika.

Sebagai musuh terbesar Israel, Iran selama ini terus mendukung kekuasaan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Iran menilai tuduhan penggunaan senjata kimia yang diarahkan kepada Pemerintah Assad, adalah sebuah kebohongan besar.

"Serangan terhadap Suriah, akan menjadi kehancuran besar terhadap Israel," ujar Jafari, seperti dikutip Reutes, Jumat (30/8/2013).

Negeri Paramullah itu menyalahkan pihak oposisi Suriah yang melakukan serangan senjata kimia, yang menewaskan sekira 1.700 warga sipil pekan lalu. Sedangankan pihak oposisi berbalik menuduh pasukan Assad-lah yang melakukan serangan mematikan tersebut.

Jafari juga memperingatkan AS akan dihadapkan pada perlawanan besar dan membutuhkan biaya besar bila tetap menyerang Suriah.

"Suriah akan lebih berbahaya dan mematikan dalam medan pertempuran dibandingan Perang Vietnam. Bahkan, Suriah akan menjadi Vietnam kedua bagi Amerika Serikat," tegasnya.

AS bersama sekutunya bermaksud untuk melakukan intervensi militer ke Suriah menyusul dugaan penggunaan senjata kimia oleh pasukan Assad. Namun Kongres AS mempertanyakan rencana Presiden Barack Obama menyerang Suriah. 

Mereka ingin Obama meminta persetujuan kepada Kongres terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan serangan. Sementara Sekjen PBB Ban Ki-Moon meminta semua pihak untuk menahan diri melakukan serangan. (faj)

Read more »

Jumat, 30 Agustus 2013

Antara Hakteknas dan BUMNIS


JAKARTA : Hari kebangkitan teknologi nasional merupakan salah satu agenda yang selalu ada di catatan redaksi ARC. Pasalnya, pada acara puncaknya biasanya dilakukan berbagai pameran hasil capaian teknologi anak bangsa. Lebih dari pada itu, pada hari itu juga biasanya para petinggi Kemhan, TNI dan Bumnis berkumpul, sehingga tepat menjadi ajang mencari informasi terbaru mengenai alutsista Indonesia.

Dimulai dari PT.PAL. Perusahaan galangan kapal plat merah ini kini tengah sibuk melakukan sea trial Tug Boat pesanan TNI-AL. Lantaran sudah dalam proses sea trial, maka bisa dipastikan dalam waktu dekat akan dilakukan serah terima. TNI AL sendiri memesan 2 unit kapal tunda ke PT.PAL. 

Sementara untuk proyek KCR-60M, saat ini proses pengerjaannya telah lebih dari 80%. Dijadwalkan sea trial kapal cepat ini akan berlangsung pada sekitar bulan November. Namun demikian, belum bisa dipastikan jenis persenjataan (rudal) maupun sistem tempur yang akan dicangkokan ke kapal ini. “masih ada sekitar 8 perusahaan yang ikut tender sistem manajemen tempur. Yang mana yang menang tak masalah bagi kami untuk mengintegerasikannya”, demikian pernyataan Dirut PT.PAL, M. Firmansyah.

Sementara dari PT.DI, ARC menemui Direktur Teknologi dan Pengembangan PT.DI, Andi Alisjahbana. Ia menjelaskan, CN-235 Patroli Maritim pesanan TNI-AL telah selesai diujikan. Karenanya dalam waktu dekat, atau minggu-minggu ke depan, akan dilakukan serah terima dari PT.DI ke Kementrian Pertahanan lalu ke TNI-AL. CN-235 Patroli maritim ini juga dipastikan telah lengkap berisikan peralatan deteksi. Bahkan jika diinginkan dipersenjatai pun bisa saja. Jalur perkabelan serta lokasi pylon telah disiapkan. 
Sementara untuk program KFX/IFX, PT.DI pun masih optimis. Penundaan yang terjadi oleh pihak Korea Selatan dimanfaatkan dengan mematangkan desain serta menyiapkan SDM. Namun, belum bisa dipastikan desain mana yang akan dipilih dari 2 desain yang ada. Andi Alisjahbana juga mengungkapkan pilihan mesin KFX/IFX ada 2 pilihan. Yaitu mesin Eurojet EJ-2000 yang mentenagai Eurofighter atai F-414 yang serupa dengan mesin F/A-18 Superhornet.”Kedua mesin itu dudukannya sama, tak masalah mesin mana pun nanti yang dipilih,” Jelas Andi.
Dari matra darat alias Pindad, pada Harteknas kali ini juga ditandatangani kontrak sebanyak 82 unit Panser Anoa. Desain Medium Tank kerjasama dengan Turki pun sudah fix, namun masih perlu ada pengembangan. Desain yang dipakai pun ternyata bikinan desainer Pindad. Selain itu, proyek retrofit AMX-13 pun masih berjalan dan diharapkan pada tahun ini prototype-nya telah selesai. Oya, Pindad juga dipastikan menjadi integerator roket pertahanan dalam negeri alias Rhan.

Sumber : ARC

Read more »

Peluru Produksi Pindad Ada yang Mampu Menembus Tank Baja


http://images.detik.com/content/2013/08/30/1036/cam00352.jpg
Jakarta - Indonesia sudah sejak lama mampu memproduksi senjata melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pindad (Persero). Salah satu produk inovasi Pindad adalah peluru yang mampu menembus tank baja.

Engineer Produksi dan Desain Pindad, Budi mengungkapkan, peluru yang berjenis MU 3PB kaliber 12,7 milimeter tersebut diproduksi Pindad di Jawa Timur, daya ledaknya lebih kuat dibanding peluru yang selama ini biasa diproduksi perseroan.

"Peluru ini bisa tembus tank. Materialnya tetap alumunium dan tembaga, tapi daya ledaknya lebih besar," kata Budi kepada detikFinance di Pameran Hari Kebangkitan Teknologi Nasional di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, dikutip Jumat (30/8/2013).

Budi menjelaskan, pembuatan peluru dibedakan dari bahan peledak, ada yang hanya untuk melumpuhkan, bahkan ada yang mampu menghancurkan. Perbedaannya bisa dilihat dari warna di bagian runcing peluru yang diproduksi. Untuk peluru yang bisa menembus tank, berwarna perak di ujung bagian runcingnya.

"Kalau misalnya yang sudah tahu pasti hafal, warna merah, oh untuk ini, perak untuk ini," katanya.

Dikatakan Budi, peluru tersebut digunakan khusus untuk senjata laras panjang berjenis sniper yang diproduksi oleh PT Pindad. Sniper tersebut memiliki jangkauan tembak hingga 1,8 kilometer.

"Biasanya untuk ditaruh di helikopter," katanya.

Namun, dia belum bisa menyebutkan, siapa yang sudah memesan baik peluru atau senjata canggih made in Bandung tersebut.

Read more »

Rusia Akan Kirim Kapal Perang ke Laut Tengah


http://1.bp.blogspot.com/-CRICMry5S-4/Uh8pZhSCgsI/AAAAAAAABWc/4mAU9ygaTrs/s1600/3057634_20130829051209.jpg

Rusia dikabarkan berencana mengirim dua kapal perangnya ke Laut Tengah untuk memperkuat kehadiran militernya di kawasan tersebut karena "situasi yang sudah diketahui bersama". Demikian kantor berita Interfax mengabarkan, Kamis (29/8/2013). Interfax mengutip pernyataan seorang sumber angkatan bersenjata yang mengatakan kapal perang anti-kapal selam dan kapal serbu itu akan tiba di Laut Tengah dalam beberapa hari ke depan.

Jika benar Rusia mengirim kan kapal perangnya ke Laut Tengah, maka kemungkinan besar mereka akan bertemu dengan kapal-kapal perang AS yang kini bersiaga di kawasan yang sama. Setidaknya AS menyiagakan empat kapal perang di Laut Tengah untuk mengantisipasi rencana serangan militer ke Suriah. Sepanjang konflik bersenjata Suriah yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun ini, Rusia memang dikenal menjadi salah satu sekutu kuat rezim Bashar al-Assad selain China dan Iran.

Di tengah konflik yang semakin memanas, Rusia diketahui tetap memasok rudal-rudal anti-serangan udara S300 untuk militer Suriah, dengan dalih pengiriman itu merupakan bagian dari perjanjian yang sudah sejak lama diteken. Dukungan Rusia kembali terlihat setelah insiden serangan senjata kimia di Ghouta dekat ibu kota Damaskus pekan lalu. Di saat AS dan sekutunya serta negara-negara Timur Tengah menuding rezim Suriah berada di balik serangan brutal tersebut, lagi-lagi Rusia meyakini pelaku serangan senjata kimia bukanlah pemerintah Suriah. Bahkan, saat wacana serangan militer ke Suriah semakin gencar, Rusia tetap bersikukuh membela Suriah dan memperingatkan dampak serangan militer terhadap stabilitas Timur Tengah pada umumnya.




Read more »

Helikopter Serang Pertama China Berhasil Luncurkan Rudal AAM


Helikopter WZ-10 yang merupakan helikopter serang pertama yang dikembangkan oleh China telah berhasil meluncurkan rudal udara-ke-udara (AAM) dan berhasil mengintersep target di ketinggian rendah untuk yang pertama kalinya.

WZ-10 yang merupakan akronim dari "Wuzhuang Zhishengji 10" yang berarti "helikopter bersenjata", melakukan penembakan rudal itu saat latihan tempur yang melibatkan personel dari pasukan penerbangan dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China di perairan timur Provinsi Guangdong, China Selatan, pekan lalu.

Latihan tersebut, yang merupakan latihan tempur skala besar sejak dibentuknya pasukan penerbangan, diadakan untuk mempelajari metode pertempuran masa kini. Ada enam operasi yang dilakukan dalam latihan tersebut yaitu penembakan, dukungan penembakan jarak dekat, serangan khusus, airlanding di sisi sayap, intersepsi tembakan dan bergerak dengan "leapfrogging".

Helikopter serang WZ-10 atau biasa juga disebut Z-10 dirancang untuk misi anti tank, menetralkan pasukan dan kekuatan mobile di darat, dan misi sekunder untuk pertempuran udara-ke-udara. Helikopter ini pertama kali terlihat di hadapan publik pada saat China International Aviation and Aerospace Exhibition ke-9 di selatan kota Zuhai, Guangdong 2010 lalu.

WZ-10 dirancang dan diproduksi oleh Perusahaan Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC) dari China, namun seorang engineer Rusia mengatakan bahwa WZ-10 adalah desain Rusia.



AAM= air to air missile (rudal udara ke udara)



artileri.org

Read more »

Lockheed Martin Buat Kendaraan Lapis Baja Helikopter



Sebuah proyek baru oleh perusahaan pertahanan Lockheed Martin dan Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) Amerika Serikat adalah mobil terbang. Mobil terbang yang dinamai Transformer TX ini merupakan perpaduan dari kendaraan lapis baja dan helikopter dan siap diuji coba pada 2015 nanti, menurut pejabat Lockheed Martin.

Lockheed Martin Skunk Works, yang merupakan sebutan tidak resmi dari sebuah divisi Lockheed Martin untuk Program Pembangunan Lanjutan, ditugaskan untuk mengembangkan sebuah kendaraan kompak, mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal. Kendaraan ini juga disyaratkan harus laik jalan dan bisa dioperasikan oleh seorang tentara.

DARPA yang terkenal dengan proyek-proyek anehnya itu mengatakan bahwa dalam program ini mereka berusaha untuk menggabungkan keunggulan dari kendaraan darat dan helikopter menjadi kendaraan tunggal, dan memaksimalkan fleksibilitas gerakannya.

Transformer TX dirancang untuk mengakomodasi berbagai misi dengan muatan bervarisasi dan bisa membawa kargo, sebagai unit evakuasi medis, kendaraan darat taktis dan tentunya pengangkut personel tentara. Transformer TX juga akan dilengkapi dengan kemampuan mengintai dan menyerang.

Baling-baling (rotor) Transformer TX didesain miring guna menjadikannya tetap aman beroperasi di zona pendaratan kecil dibandingkan dengan helikopter standar. Dengan satu tangki gas, kendaraan ini memiliki jarak tempuh hingga 250 mil (402 km).

Proyek senilai US$ 20,3 juta ini dimulai pada 2010 lalu dan saat ini sudah memasuki fase desain tahap akhir. Sebuah prototipe Transformer TX tidak lama lagi akan segera dibuat.

(Kredit foto: DARPA)


artileri.org

Read more »

Kamis, 29 Agustus 2013

Ajang Miss World: Wanita yang Rusak, Lahirkan Generasi yang Rusak Pula

Add caption
JAKARTA  – Selain membawa misi jahiliyah, ajang seperti Miss World juga membawa misi zionis dan agenda kapitalis. Dari segi keuntungan, panitia penyelenggara Miss World sudah mengeruk keuntungan dari sejumlah sponsor hingga 450 juta dollar.  
“Jadi, jelas, dibalik kontes kecantikan Miss World, uang bermain dibelakangnya,” ujar pengamat zionis internasional, Muhammad Pizaro Novelen Tauhidi kepada voa-islam.
Lebih jauh Pizaro menjelaskan, yang namanya agenda  zionis itu adalah mencabut kecintaan pemuda pada Islam. Bahkan mengutip Muhammad Quthb pernah mengatakan, seorang anak yang rusak bisa menjadi baik, bila mendapat pengasuh ibu yang baik. Tapi sebaliknya, seorang ibu yang akhlaknya rusak hanya akan melahirkan generasi yang rusak pula akhlaknya.  Karenanya, yang dihancurkan oleh Zionis Yahudi adalah wanitanya terlebih dahulu.
“Jika pemuda-pemudi Islam sudah jauh dari Al Qur’an dan Islam, maka kehancuran akan datang. Invasi budaya seperti Miss World sesungguhnya lebih dahsyat daya rusaknya ketimbang seribu meriam.”
Pizaro menyesalkan jika ada ulama yang diam menyikapi Miss World. Terlebih jika ada yang mendukung ajang kebatilan ini. “Fatwa MUI saja sudah merilis bahwa Miss World itu haram.”
Miss World, kontes pamer tubuh ini sebenarnya baru dihelat di Indonesia tahun 2000-an. Tahun 80-an atau sebelumnya kontes-kontesan ini dilarang oleh pemerintah Soeharto. Melalui Keputusan Pemerintah yang dikeluarkan Mendikbud nomor 237/ U/84 pasal 4 dan 6, perempuan Indonesia dilarang mengikuti kontes-kontes kecantikan Miss World tidak Meningkatkan Ekonomi.
“ Tidaklah mungkin kita beralasan ajang Miss World ini bakal diadakan untuk menarik sektor investasi perusahaan asing ke Indonesia. Itu jelas tidak nyambung. Sebuah perusahaan asing yang akan melakukan investasi baik skala kecil maupun besar seperti manufacturing di Indonesia tidak akan gegabah menjatuhkan keputusannya hanya karena “Indonesia sudah dikenal karena pernah mengadakan ajang Miss World”.
Nonsen Naikkan Parawisata
Jadi untuk alasan yang ini, kita bisa coret tebal tebal karena hal itu adalah sesuatu yang tidak berhubungan secara langsung. Salah satu argumen peserta kontes putri-putrian macam Miss Universe itu adalah, mereka bisa menaikkan turis mancanegara, meningkatkan pariwisata.
“Mari kita lihat datanya. Venezuela adalah negera yg memenangkan Miss Universe 2008 dan 2009, pertumbuhan turis mancanegara mereka setelah wanita mereka menang? Minus 3%. Jepang yang memenangkan tahun 2007, pertumbuhan turisnya setelah menang, nol sekian persen saja.Dan Kanada, menang tahun 2005.”
Berikut data kunjungan turis di negeri itu:
19.145.000 (2004)
18.771.000 (2005)
18.265.000 (2006)
17.935.000 (2007)
17.142.000 (2008)

Menakjubkan, sejak menang Miss Universe, kunjungan turis ke Kanada turun drastis dari 18juta orang tinggal 17 juta orang. Di mana letak dampak kontes putrid-putrian itu? “Saya ingin sekali orang-orang yang mendukung kontes putrid-putrian, membaca data-data tersebut,” kata Pizaro.[desastian]





(voa-islam.com)

Read more »

Langit Biru di PT DI Bandung



AS565 MB Panther

PT dirgantara Indonesia (PT DI) terus mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pertahanan dan militer Indonesia. Tentu hal ini tidak terlepas dari semangat pemerintah yang mendorong penggunaan alutsista dalam negeri. Dan memang seperti itulah seharusnya, jika Indonesia yang besar ini mau mandiri .

TNI AL akhirnya memesan 11 unit helikopter jenis Anti-Kapal Selam (AKS) kepada PT DI. Pembelian ini sekaligus menepis kemungkinan pembelian Heli AKS Seasprite yang memang menuai kontroversi.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Marsetio berharap 11 helikopter AKS untuk memperkuat alutsista TNI Angkatan Laut telah ada paling lambat tanggal 5 Oktober 2014. TNI AL telah menyiapkan skuadron khusus untuk menerima 11 helikopter AKS buatan PT DI dengan nama Skuadron 100 AKS. Helikopter AKS dibutuhkan TNI AL untuk membentuk kekuatan tempur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) pada tahun 2014 nanti. Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) ini mellibat unsur Kapal Perang, Pesawat Udara, Koprs Marinir dan Pangkalan.

Eurocopter AS565 MB Panther

Berdasarkan keterangan Asisten Direktur Utama PT DI, Sonny Ibrahim Saleh, PT DI akan menggarap 11 unit helikopter AKS TNI AL serta delapan helikopter serang TNI AD.


“Untuk anti kapal selam jenisnya adalah Superpuma karena faktor peralatan pendukung sedangkan untuk tujuan serang bukan lagi NBO-105 tapi kemungkinan Ecureuil,” tandasnya di Bandung – Jawa Barat.

Dari penjelasan Juru Bicara PT DI itu, dapat disimpulkan helikopter AKS yang dipesan PT DI adalah Eurocopter varian AS332 Super Puma atau versi lebih baru AS565 MB Panther. Sedangkan heli serang untuk TNI AD juga buatan Eurocopter, AS350 Ecureuil atau varian AS555 Fennec.

Sebelumnya PT DI memang telah menandatangani kerjasama dengan Eurocopter untuk produksi sejumlah jenis helikopter, termasuk Fennec dan Ecureuil.

Di saat yang sama, PT DI juga memenuhi pesanan 7 unit helikopter Eurocopter jenis lain. Enam diantaranya untuk TNI AU. Jenisnya adalah EC-725 Cougar varian Combat SAR and Personal Recovery. Pengerjaan tersebut di luar jumlah pesanan atas heli angkut personil Bell 412 EP untuk kepentingan TNI.

Hal ini membuktikan kualitas PT DI terus mendapatkan kepercayaan. Dengan banyaknya pesanan kepada PT DI meyebabkan nilai kontrak yang diraih pada tahun 2012 mencapai Rp 8,2 triliun, sementara tahun 2011 hanya Rp 1 triliun. Nilai kontrak itu mencakup pesanan CN-235 MPA dan Helikopter Anti Kapal Selam.

C-295 AEW&C (photo: EADS CASA)

Perakitan C-295
TNI Angkatan Udara akan kembali menerima dua pesawat C-295 bulan September 2013, sehingga jumlah yang diterima dari Spanyol menjadi 4 pesawat. Mulai pesawat ke lima, ke enam dan ke tujuh, akan dikustomisasi di Indonesia. Sedangkan pesawat ke delapan dan ke sembilan sepenuhnya dirakit oleh PT DI.

Menteri BUMN Dahlan Iskan menargetkan pada tahun 2014, PT DI mulai merakit C-295 dan TNI AU pun akan terus menambah pesawat jenis C-295 hingga berjumlah 16 buah untuk memenuhi kebutuhan skuadron dua TNI AU di Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Untuk menyambut produksi yang lebih besar, PT DI terus membeli mesin baru untuk produksi, sekaligus merevitalisasi mesin mesin di PT DI yang telah berumur 30 tahun.

“Saat ini telah ada 8 mesin baru yang beroperasi dan lima unit lainnya dalam proses pengiriman”, ujar Juru Bicara PT DI Rakhendi Triyatna. Mesin ini dibeli PT DI untuk keperluan: komputerisasi, bubut, bor, cetak metal, silinder dan lain sebagainya. Beberapa mesin yang dibeli: CNC (Computerized Numerical Control), Quaser MV 18C, Haas VF6-50, Haas VR Deckel Maho DMU serta Mesin Gantry Matec Jobs LINX30. Mesin mesin berteknologi tinggi ini didatangkan dari beberapa pabrik di Jerman, Italia dan Taiwan.

Menurt Rakhendi, kemampuan mesin CNC yang handal serta pengalaman yang dimiliki PT DI membuat mereka dapat memenuhi komponen pesawat produk PT DI serta menyuplai banyak komponen yang dipesan Airbus, Boeing dan Bombardier.

“Seperti yang sering kami katakan, PT DI merupakan single supplier untuk bagian tengah, depan dan wing dari A380, pesawat yang sangat populer di dunia. Saat ini PT DI memiliki 100 unit mesin CNC dan TNC. Mesin mesin yang telah ada sebelumnya bekerja sangat produktif dan rata rata beroperasi 15 jam/hari untuk memenuhi target produksi yang terjadwal sangat ketat”, tambah Rakhendi.

Dengan tambahan peralatan baru ini PT DI sangat percaya diri untuk menggarap C-295 di Bandung- Jawa Barat. Apalagi C-295 merupakan hasil peningkatan dari CN-235 dengan penambahan panjang badan pesawat (sekitar 3 meter), penguatan landing gear dan penambahan tenaga pesawat. Bahkan untuk menyambut perakitan CN-295 nanti, PT DI telah menyiapkan badan pesawat yang lebih panjang dan sedang dikerjakan. PT DI ingin memberi nilai lebih dengan CN-295 yang nantinya mereka rakit.

Pesawat CN 235 MPA TNI AL (photo:dispenal)

CN-235 MPA
Sebelum menggarap C-295, kini PT DI juga sedang menguji terbang 3 pesawat CN-235 MPA yang juga pesanan TNI AL, untuk patroli maritim. Berbeda dengan CN-235 umumnya, pesawat pesanan TNI-AL ini memiliki winglet pada ujung sayapnya guna mengefisienkan gaya hambatdan penghematan bahan bakar.

Lion Air akan Pesan 50 unit N-219 PTDI (Photo: PT DI)

N-219 PT DI
Order lain datang dari Maskapai Penerbangan Lion Air yang menyatakan siap membeli 50 pesawat N219. Lion Air tertarik dengan N-219 karena onderdil atau parts yang dipakai pesawat ini law maintenance. PT DI berencana akan menjual 100 pesawat N219 kepada maskapai penerbangan swasta terbesar di Indonesia, Lion Air. Pesawat kecil yang difokuskan untuk melayani penerbangan perintis itu dipatok seharga US$ 4,5 juta hingga US$ 5 juta/unit. Pesawat perintis buatan PT DI ini akan memiliki kandungan komponen buatan lokal sebesar 40 persen. Jumlah ini ditingkatkan secara bertahap, sehingga pada pesawat produksi yang ke-30, kandungan lokalnya sudah mencapai 60 persen.

Dengan terus mempromosikan pesawat CN235, CN295, NC212-400 dan N219 tahap desain), PT DI berbenah diri dalam segala hal untuk menyambut prospek pasar di kawasan Asia Pasifik yang terus meningkat.



Read more »

[Foto] Uji Coba Peluncuran Roket RX2020

Berikut Foto Uji Coba Roket RX2020:

Sejumlah karyawan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN) mengangkat roket, ke dalam truk pengangkut di Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Senin (26/8).


Sejumlah karyawan PINDAD mengangkat roket, dari dalam truk pengangkut di lapangan Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Selasa (27/8).


Seorang petugas sedang melakukan monitoring di dalam mobile control room rocket technologi center, di lapangan Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Selasa (27/8)


Sejumlah karyawan PINDAD menyiapkan peluncuran roket di lapangan Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Selasa (27/8).


Roket jenis RX2020 diluncurkan dalam uji coba di lapangan Balai Produksi dan Pengujian Roket Pameungpeuk, Selasa (27/8).

Semua Foto diposkan Kenyot10 (Kaskuser)



● Kaskus

Read more »

Press Release PW KAMMI Megapolitan : Tolak Miss World, Selamatkan Masa Depan Wanita Indonesia

kammi


Zahra menambahkan, kecantikan seorang wanita tidak seharusnya dipertontonkan dengan tampilan yang melanggar etika, sebab berpotensi meningkatkan tingkat kejahatan di masyarakat. Apalagi, masyarakat Indonesia memandang wanita sebagai seorang ibu yang kehormatannya harus dijaga demi membaiknya masa depan bangsa.

JAKARTA – Keinginan pemerintah dan sebagian kalangan di Indonesia untuk mengadakan Miss World 2013 di Indonesia mengundang kritik pedas aktivis Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Wilayah Megapolitan. Mereka menilai, ajang konteks kecantikan tersebut melanggar HAM dan sangat meresahkan masyarakat Indonesia.
“Adanya Miss World 2013 melanggar Hak Asasi Manusia di Indonesia. Sebab kebebasan di Indonesia seharusnya sesuai dengan konstitusi yang berlaku dan tak sepantasnya mengabaikan etika kesusilaan masyarakat Indonesia, ” kritik Zahra, Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan Kammi Megapolitan di Jakarta, Rabu (28/6)
“Budaya Indonesia sangat kental dengan kesantunan, tata-krama, dan menjunjung tinggi kearifan yang tidak menjual kecantikan secara sembarangan. Kalau sampai pemerintah mengizinkan lembaga kontes kecantikan dunia menyelenggarakan perheletan Miss World di Indonesia, ini jelas melampaui keadaban bangsa, “ tambahnya.
Zahra menegaskan, ajang Miss World akan mendatangkan keburukan bagi masa depan bangsa Indonesia yang dikenal dengan nilai ketimurannya. Untuk itu, PW KAMMI Megapolitan menolak tegas penyelenggaran Miss World di bumi Indonesia.
“KAMMI Megapolitan tegas menolak Miss World 2013 diadakan di Indonesia. Jika pemerintah tetap memaksa, kami prihatin sebab itu menjadi semacam legitimasi dan eksploitasi wanita sebagai objek yang layak diperdagangkan. Maka tak ada pilihan lain, KAMMI mengajak seluruh rakyat Indonesia menolaknya demi kebaikan masa depan generasi bangsa, “ pungkasnya.



eramuslim.com

Read more »

Menguak Tujuan Sebenarnya Operasi Militer Amerika Serikat Di Suriah

bashar


Operasi militer tentara gabungan yang dipimpin langsung oleh Amerika Serikat ke Suriah, dinilai para ahli strategi dan pengamat militer hanya akan mempengaruhi situs simbolis dari sistem kekuatan militer Suriah.


Mereka berpendapat bahwa serangan ini hanya bertujuan untuk “menghukum” rezim Bashar al-Assad, sekaligus mengirimkan pesan peringatan kepadanya. Operasi militer barat tidak akan menghilangkan sama sekali kemampuan udara militer rezim Suriah, dan tidak akan mengubah keseimbangan kekuasaan di negara itu.
Menurut Jeffrey White dari Pusat Kebijakan Timur Dekat Washington, “serangan barat hanya bertujuan untuk menciptakan lebih banyak perpecahan kekuatan dikalangan militer Suriah.”
Hal senada juga ditegaskan Panglima militer Prancis, Jendral Vincent  Deport, kepada kantor berita AFP Prancis, bahwa ” serangan militer gabungan tidak boleh berlebihan, karena jika Presiden Bashar Assad tewas atau sistem negara runtuh, kita akan menuju ke arah pertumpahan darah yang mengerikan, seperti yang terjadi di Libya.”
Disisi lain, analis Kelautan dari Institut Studi perang di Washington, Christopher Harmer, menyimpulkan bahwa ” serangan hanya akan mempengaruhi target yang dipilih, hal ini hanya untuk sekedar  menghukum rezim Bashar Assad. Serangan militer nantinya hanya akan memiliki dampak kecil pada tingkat strategis.”
Angkatan Laut Amerika Serikat saat ini memiliki sekitar dua ratus rudal jelajah Tomahawk yang dimuat pada empat kapal perang di Laut Mediterania. (Aljazeera/Zhd)



eramuslim.com

Read more »

Rabu, 28 Agustus 2013

Indonesia dan AS Masuk Dalam Daftar Negara Dengan Server Terbanyak Menggunakan FinSpy


http://l3.yimg.com/bt/api/res/1.2/tkF.4Hvjj8CdL6iqyP0N.w--/YXBwaWQ9eW5ld3M7cT04NTt3PTYwMA--/http://l.yimg.com/os/publish-images/news/2013-03-15/30a29c08-3c51-4a95-badf-ffbe1f247c9f_youonlyclicktwice-map.jpg 

Indonesia termasuk satu dari 25 negara yang menggunakan piranti lunak FinSpy untuk memata-matai. Laporan yang diterbitkan Citizen Lab, pusat penelitian Universitas Toronto untuk media digital dan keamanan global, itu merinci temuan dari dua peneliti keamanan di universitas di California dan Toronto, Morgan Marquis-Boire dan Bill Marczak. Dalam laporan ini, 25 negara lain yang menjalankan software serupa adalah Australia, Bahrain, Bangladesh, Brunei, Kanada, Republik Cek, Estonia, Ethiopia, Jerman, India, Jepang, Latvia, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Belanda, Qatar, Serbia, Singapura, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam.

Setidaknya laporan tersebut menyebut nama tiga provider di Indonesia. Berdasarkan IP address, server-server FinSpy dioperasikan di tiga provider tersebut. Bukan berarti ketiga provider ini terlibat, hanya FinSpy terhubung ke server-server yang menggunakan jaringan milik provider tersebut. Bahkan hanya Indonesia dan Amerika Serikat yang masuk dalam daftar merah negara dengan server terbanyak dengan software FinSpy.“FinSpy” dijual oleh perusahaan Inggris bernama Gamma Group. Software ini 'menempel' pada email dan memiliki kemampuan untuk "mengambil gambar dari layar komputer, merekam percakapan Skype, menyalakan kamera dan mikrofon dan mencatat aktivitas keyboard," menurut laporan New York Times. Tanpa sadar pengguna bisa mengunduh software ini. FinSpy kemudian menghubungkan komputer milik perorangan ke sebuah server lokal -- dalam beberapa kejadian, server-server ini adalah milik pemerintah.

Pejabat Gamma Group mengatakan bahwa mereka menjual teknologi ini pada pemerintah untuk mengawasi aktivitas kriminal yang melibatkan "pedofil, teroris, kejahatan terorganisir, penculikan, serta perdagangan manusia."

"Temuan kami menyoroti adanya kesenjangan antara klaim Gamma dengan kenyataan bahwa FinSpy digunakan secara khusus untuk mengejar 'orang jahat' dan ada bukti yang semakin menumpuk bahwa alat ini sudah dan terus dipakai untuk melawan kelompok oposisi atau aktivis hak asasi manusia," tulis peneliti dalam laporan mereka. Menurut para peneliti, FinSpy sepertinya tak hanya digunakan untuk pengawasan bermotif politik, tapi penggunaannya berbeda-beda di masing-masing negara. Meski begitu, peneliti laporan tersebut memperingatkan bahwa alat-alat ini biasanya digunakan di negara-negara di mana aktivitas politik serta kebebasan berpendapat adalah tindakan kriminal.

Misalnya di Ethiopia, link download FinSpy ada di foto-foto dalam email yang ditujukan bagi lawan-lawan politik pemerintahan, sementara di Turkmenistan, server yang mengoperasikan software ini dimiliki oleh serangkaian IP adress milik kementerian komunikasi negara tersebut. Sementara di Vietnam, software ini ditemukan dalam sebuah ponsel Android yang mengirimkan SMS ke sebuah nomor Vietnam. Para peneliti menganggap ini adalah temuan mengerikan karena pemerintah Vietnam mengeluarkan undang-undang sensor yang melarang blogger untuk menentang Partai Komunis.





Read more »

Rusia Tampilkan Sistem Pertahanan Udara S-350 di MAKS 2013

Pada pameran kedirgantaraan MAKS 2013 yang berlangsung di Moskow, perusahaan pertahanan Rusia Almaz-Antey untuk pertama kalinya menampilkan sistem pertahanan udara jarak menengah baru "S-350E" kepada publik.

Sistem Pertahanan Udara S-350E "Vityaz" (Foto: Bill Sweetman/aviationweek.com)


Sistem rudal baru S-350E ini dirancang untuk melindungi objek terhadap serangan besar-besaran dari udara termasuk alutsista musuh yang berteknologi siluman, serta rudal balistik taktis dan operasional taktis, baik untuk masa sekarang maupun di masa mendatang.

Sebelumnya Almaz-Antey memang berjanji akan menghadirkan sebuah sistem pertahanan udara jarak menengah baru, lalu muncullah S-350E yang juga dikenal sebagai Vityaz (Ksatria). Sistem rudal S-350E ini sebelumnya juga ditampilkan di hadapan Presiden Rusia Vladimir Putin saat kunjungannya ke pabrik Obukhov di St Petersburg, Rusia beberapa waktu lalu.



Dari informasi yang diperoleh, kinerja S-350E diklaim jauh lebih unggul dari sistem pertahanan udara S-300. Negara-negara mitra Rusia juga disarankan untuk mengganti sistem S-300-nya karena sistem itu masih menggunakan teknologi usang jaman Uni Soviet.

Peluncur vertikal 50P6E TEL dari sistem S-350E yang terkombinasi dengan radar multi fungsi dengan tampilan melingkar menjadikan sistem rudal ini efektif untuk mengatasi serangan dari segala arah. Inilah yang membuatnya berbeda dari sistem-sistem rudal pesaingnya yang peluncurnya cenderung condong (seperti sistem pertahanan udara Patriot buatan AS). Karena desain barunya dan penggunaan rudal canggih 9M96, jumlah amunisi juga meningkat secara dramatis yaitu satu peluncur terdiri dari 12 rudal, bukan 4.

Faktor kunci yang menjadi penentu efektivitas sistem rudal baru ini adalah kemampuannya untuk secara bersamaan (dalam satu waktu) mengatasi serangan pesawat dari berbagai tipe, dari segala arah, di semua ketinggian penerbangan, di semua kondisi cuaca, siang atau malam, dan dalam kondisi padat sinyal. Semua ini karena penggunaan alat informasi fundamental baru yaitu radar multifungsinya. Fitur ini baru kali ini digunakan dalan sistem pertahanan udara Rusia.

Selain itu, S-350E memiliki mobilitas dan daya tahan yang tinggi. Hanya dibutuhkan waktu lima menit saja untuk menjadikan sistem ini dalam status waspada.

Pameran kedirgantaraan MAKS merupakan momen penting bagi bisnis Rusia. Awalnya hanya sebagai acara hiburan belaka, namun kemudian berubah menjadi pasar di mana produsen-produsen pertahanan Rusia mencari pembeli. Pameran ini menjadi penting bagi negara-negara CIS dan tetangga, karena kesamaan pasar. Sejak pameran pertama pada 1992, selanjutnya MAKS selalu diadakan pada tahun-tahun ganjil hingga saat ini. MAKS 2013 sendiri berlangsung dari tanggal 27 Agustus 2013 hingga 1 September 2013 dan dibuka untuk umum mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September 2013.






artileri.org

Read more »

Serangan Amerika Serikat ke Suriah Bisa Menyulut Perang Dunnia?




Washington - Barat memperingatkan serangan pemboman ke wilayah Suriah, tapi tidak bertujuan 'melumpuhkan mesin militer Assad' secara total. Karena, perang-perang besar-besaran dan menghancurkan  kekuatan militer Suriah secara total akan mengubah keseimbangan militer di Timur Tengah, ujar pejabat Gedung Putih, Selasa, 27/8/2013.
Menurut Reuters, negara-negara barat telah memperingatkan oposisi Suriah yang memiliki kontak dengan fihak Barat, bahwa serangan militer terhadap rezim Assad akan dimulai dalam beberapa hari.
Menurut kantor berita Inggris mengatakan bawha berlangsung pertemuan antara para diplomat Eropa, Amerika, dan para pemimpin oposisi Suriah yang pro-Barat, dan menyepakati tanggal 27 Agustus, kemungkinan dimulainya invasi militer Amerika Serikat ke Suriah.

Para pejabat Barat mengatakan mereka hanya ingin mencegah rezim Suriah menggunakan senjata kimia. Sementara itu, para pemimpin oposisi Suriah, menegaskan Amerika Serikat memiliki daftar target serangan udara ke wilayah Suriah
Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan dalam sebuah wawancara dengan BBC bahwa angkatan bersenjata Amerika sudah "Siap berperang" melawan pasukan Assad dan menunggu perintah Presiden Obama.
"Beberapa sumber yang menghadiri pertemuan di Istanbul pada hari Senin antara pemimpin oposisi Suriah dan diplomat dari Washington dan pejabat pemerintah lainnya mengatakan kepada Reuters bahwa para pejuang oposisi diperintahkan oleh Barat, saat berlangsungnya perang, diminta melakukan negosiasi politik dengan rezim Bashar al-Assad.
"Pihak oposisi diberitahu secara jelas bahwa tindakan mencegah penggunaan senjata kimia lebih lanjut oleh rezim Assad, dan beberapa hari ke depan,  mereka diminta mempersiapkan pembicaraan damai di Jenewa", ungkap salah satu sumber kepada Reuters.
Tetapi, The Washington Post melaporkan bahwa Obama tidak mempertimbangkan melancarkan operasi militer besar-besaran di Suriah, dan hanya melakukakn "serangan militer terbatas". Nampaknya,  Amerika hanya akan  membatasi serangan udara selama dua hari, dan menghancurkan fasilitas senjata kimia Suriah.
"Target utama serangan udara itu, yaitu menghancurkan sistem  pertahanan udara Suriah, sistem rudah darat ke udara, dan fasilitasn fasilitas militer pendukungnya," kata Kepala Staf Gabungan, Jenderal Martin Dempsey, di depanKongres.

Diharapkan serangan udara terhadap posisi pasukan Assad akan dilakukan dari kapal induk Amerika Serikat yang sekarang telah berada di laut Mediterania. Meskipun tidak mengesampingkan bahwa pembom strategis akan digunakan.
Gedung Putih kini membahas kemungkinan serangan tersebut dengan parlemen Amerika dan mitra-mitranya anggota NATO, dan mempersiapkan dasar hukum tindakan serangan yang akan mereka lakukan. Turki telah menyatakan keiikut sertaan dalam aksi militer itu. Amerika Serikat dan Sekutunya, menggunakan dasar hukum bahwa Assad telah melakukan pelanggaran hukum dan perjanjian internasional penggunaan senjata kimia, ujar pejabat Gedung Putih, Rabu, 27/8/2013.

Sementara itu, dinas intelijen Rusia yang menyampaikan pesan kepada BBC New mengatakan dipublikasikan oleh Kavkaz Center, "Para Pejuang Suriah, melihat Amerika Serikat, bukan hanya akan menghancurkan fasilitas senjata kimian Suriah, tetapi juga akan menyerang basis-basis kelompok jihad di Suriah. Situs-situs militan Islam yang berjuang  di Suriah, mengatakan ada laporan bahwa kelompok-kelompok jihad di Suriah juga menjadi target  serangan militer Amerika Serikat, yang  mencakup para pemimpin kelompok jihad dan kamp-kamp pelatihan mereka", ungkap Kavkaz Center.
Pada situs  kelompok jihad Al-Nusrah, menginformasikan hendaknya para militan tidak berkonsentrasi dalam jumlah besar di satu titik tertentu. Karena pasti akan memudahkan serangan yang akan dilakukan oleh Amerika Serikat. Kelompok Jihad al-Nusrah itu, juga hendaknya mereka terus mengubah lokasi dan keberadaan mereka setiap hari.
Pada situs web lain, menyarankan para  jihadis harus menemukan tempat lokasi baru sebagai basis gerakan mereka, dan ini konsekwensi dampak dari serangan Amerika Serikat ke Suriah.

Namun, para pengamat militer mengatakan, kemungkinan kelompok jihadis akan mendapatkan manfaat dari akibat serangan yang dilancarkan oleh Amerika Serikat terhadap rezim Bashar al-Assad. Hal itu, seperti diungkapkan oleh penasehat Presiden Vladimir Putin, di mana kelompok jihad akan mendapatkan keuntungan dari serangan udara Amerika itu. 
Namun, kemungkinan serangan udara Amerika Serikat itu, dikawatirkan akan menyulut perang yang lebih luas ke seluruh Timur Tengah, dan akhirnya membawa ke perang Dunia ke III. Situasi di Timur Tengah saat ini memungkinkan terjadinya eskalasi (perluasan) perang  ke seluruh kawasan. Terlalu banyak titik konflik yang akan bisa membawa perang  meledak ke seluruh Timur Tengah. (mashd/kvz)






(voa-islam.com)

Read more »

Soal Tarif Dakwah, Ustadz Solmed Ucapkan Permintaan Maaf di Media



JAKARTA– Akhirnya ustadz Soleh Mahmud atau yang akrab disapa ustadz Solmed bersikap tegas soal gonjang ganjing permasalahan tarif berdakwah yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan publik.
Ustadz Solmed mengatakan sudah menutup permasalahan soal tarif dakwah yang dianggap sebagian masyarakat selangit tersebut. Karena tak mau memperpanjang masalah tarif selangit itu, ustadz Solmed meminta maaf di depan media.
Pernyataan maaf tersebut terucap langsung dari mulut ustadz Solmed usai mengisi sebuah acara reality show disalah satu stasiun TV swasta, pada Selasa (27/8/2013).
Dihadapan awak media yang sudah menunggu, suami April Jasmine ini langsung mengeluarkan pernyataan maaf didampingi para sahabatnya, seperti ustadz Uyad, Aa Reza, ustad Kembar dan Habib Fahri.
...Satu pernyataan saja, saya melihat persoalan ini sudah tidak sehat, semua saling lempar, ping-pong, sampai-sampai yang tidak tahu menahu angkat bicara...
“Satu pernyataan saja, saya melihat persoalan ini sudah tidak sehat, semua saling lempar, ping-pong, sampai-sampai yang tidak tahu menahu angkat bicara. Nggak sehat cara kita berbangsa dan negara,” ujarnya.
“Mulai hari ini dari hati paling dalam, tulus, dengan dasar sahabat-sahabat semua, saudara saya, sebangsa, setanah air dan seakidah, dengan ini apa yang terjadi yang saya anggap bisa merugikan saya, sudah saya maafkan,” imbuhnya.
“Saya sebagai manusia biasa ada hal yang salah dalam berucap dan bertingkah. Saya memohon maaf atas kesalahan itu kepada teman-teman. Akhiri persoalan ini, bangun kembali dakwah bukan di tanah air tapi juga di republik Hong Kong,” ucapnya.
Bapak satu anak itu pun menyatakan dan berharap supaya agar tidak ada lagi mengenai persoalan tarif. Semua masalah tarif di Hong Kong, kata ustadz Solmed sudah selesai.
...Saya sebagai manusia biasa ada hal yang salah dalam berucap dan bertingkah. Saya memohon maaf atas kesalahan itu kepada teman-teman...
Sebelumnya, Ustad Solmed juga menuturkan permintaan maaf secara live dalam tayangan reality show tersebut. “Bravo, selamat buat teman-teman, terus berdakwah di tanah air maupun di Hong Kong," tutupnya.
Seperti diketahui bersama, ustadz Solmed beberapa waktu diundang taushiyah ke Hong Kong oleh sebuah Event Organizer (EO) yang tergabung dalam Buruh Migran Indonesia (BMI) di Hong Kong.
Lewat jejaring YouTube yang diunggah 16 Agustus 2013 lalu, Khalifah selaku pimpinan majelis Thoriqul Jannah di Hong Kong yang juga panitia EO taushiyah membeberkan kronologi pengundangan ustadz Solmed.
Khalifah menjelaskan, ustadz Solmed awalnya menyetujui undangannya untuk berdawah di pengajian yang digelarnya di Hong Kong dengan tarif seikhlasnya, serta dua tiket pesawat untuk dirinya dan manajernya.
...Akhiri persoalan ini, bangun kembali dakwah bukan di tanah air tapi juga di republik Hong Kong...
Namun menurut Khalifah, dalam perjalanannya ustadz Solmed mengubah permintaan mengenai tarif yang sudah disepakati. Padahal Khalifah sudah menyiapkan brosur pengajian dan sudah menyiapkan gedung.
“Dari awal memang dia tidak minta bayaran tapi seikhlasnya. Akhirnya pihak kami, panitia, sepakat akan memberi HK$ 6000 (hampir 8 juta), kami sepakat di situ. Setelah itu, kita udah deal, setelah semuanya sudah siap dia minta dikabari,” kata Khalifah.
“Setelah ada brosur gedung, semua kami coba menghubungi. Namun ternyata pas dihubungi kembali ada perubahan permintaan dari yang awalnya seihklasnya yakni HK$ 6000, ustadz Solmed berubah pikiran dengan menaikkan tarif HK$ 10 Juta. Dan awalnya dua tiket lalu minta empat tiket pesawat,” bebernya.
Khalifah pun membantah klarifikasi ustadz Solmed yang bilang bahwa dirinya membatalkan taushiyah tersebut karena kecewa. Justru menurut Khalifah, pihaknya lah yang membatalkan ustadz Solmed. [Khal-fah/dbs]




 (voa-islam.com) 

Read more »

Tanda Akhir Zaman, Al Quran Tersebar Luas, Ahli Agama Tak Dihormati

hapal quran


Nabi memprediksi suatu masa dimana Al qur’an akan mudah didapat, dibaca secara luas, tapi tidak diikuti. Diriwayatkan dari Muadz bahwa Nabi Saw bersabda :

Akan muncul huru hara dimana kemudian sejumlah uang dikumpulkan dan Al qur’an pun dibuka dan ia dibaca baik oleh orang-orang beriman maupun oleh orang-orang kafir, laki-laki maupun perempuan,  tua maupun muda. Seseorang akan membacanya dan berseru,” Tidak ada yang mau !” Lalu ia duduk di dalam rumahnya dan membuat ruang tersendiri seperti masjid  di dalam rumahnya Lalu ia akan mengada-ngadakan hal baru dalam agama yang tidak ditemukan dalam Kitabullah atau sunah rasulullah. Waspadalah terhadap bid’ah yang mereka buat, karena sesungguhnya hal  tersebut akan menyesatkan kalian .” (HR Muslim, Abu Dawud, Ad-darimi)
Dalam hadis ini dan hadis –hadis lainnya. Nabi Saw mengawali sabdanya dengan ungkapan “ akan muncul huru-hara di mana kemudian sejumlah besar uang dkumpulkan..” Kini sebenarnya kita sering menyaksikan ketidak jelasan semacam itu. Di tiap-tiap mesjid kita menemukan orang-orang merogoh sakunya untuk pengumpulan  dana, dimana jutaan uang terkumpul katanya untuk tujuan kegamaan, namun hanya Allah yang tahu kemana dan bagaimana uang tersebut di salurkan.
Selanjutnya hadis tersebut menyebutkan,” dan Al qur’an akan dibuka.” Nabi Saw memberi tahu kita bahwa pada akhir zaman Al qur’an akan dibuka. Perhatikan dengan cermat  kata “al Qur’an akan di dibuka (yuftah) dan bukan “ Al qur’an akan dipelajari (yudras). Terbuka- berarti di buat mudah dibaca atau tersedia di mana-mana.
Kemudian sekarang ini kita menyaksikan anak-anak muslim sudah hafal seluruh ayat Al Qur’an dalam usia yang masih belia. Namun mereka tidak mempelajari maknanya. Dan orang tua tidak banyak yang menganjurkan anak-anaknya untuk mempelajari  hukum Allah (syariat). Mereka hanya menyekolahkan anak mereka untuk menghafal Al Qur’an di luar kepala dari awal sampai akhir.
Hadis itu kemudian menyebutkan,” Al Qur’an akan dibaca, baik oleh orang-orang yang beriman maupun kafir.     Disini, Nabi Saw telah meramalkan bahwa Al Qur’an akan dibaca baik oleh muslim maupun non muslim, Fenomena tersebut sedang terjadi hari ini dalam skala yang luas. Terjemahan al Qur’an sudah tersedia di semua toko buku dan perpustakaan, hampir dalam semua bahasa. Bukan saja para penulis muslim yang mengkaji dan mengomentarai AL Qur’an, tetapi juga orang-orang non muslim yang mengkaji dan mengomentari Al Qur’an tanpa kedalaman pengetahuan atau pemahaman terhadap isi, konteks atau makna yang terkandung dalam ayat-ayatnya.
Namun, Nabi Muhammad Saw mengatakan lebih jauh lagi, Seseorang akan membaca Al qur’an tetapi tidak mendapati orang yang menjadi pengikutnya,” Itu terjadi karena ia membacanya tanpa pengetahuan dan pemahaman agama. Para pemimpin dewasa ini mengatakan bahwa seseorang tidak perlu mempelajari Al Qur’an dari seorang ulama. Mereka mengatakan,” Bacalah sendiri Al Qur’an dan Hadist .”  Kebanyakan orang Islam tidak mengikuti arahan sesat itu kemudian menemukan diri mereka terasing, dia kemudian akan membuat  ruangan di dalam rumahnya seperti kantor untuk kepentingan keagamaan dan duduk di atas sajadahnya di depan komputer. Orang pada zaman modern telah menciptakan ruang obrolan Islam dan ‘masjid’ di internet.
Dengan mudahnya sekarang setiap muslim bahkan kafir, membuka-buka Al Qur’annya tanpa mempelajarinya secara keseluruhan, memungut satu ayat dan menjadikannya landasan untuk memberikan keputusan tentang sebuah kasus.  Alih-alih membuka Al Qur’an untuk mencari petunjuk tentang sebuah persoalan, mereka justru memulainya dengan pendapat mereka sendiri dan kemudian mencari-cari ayat dalam Al Qur’an yang mereka dapat gunakan untuk mendukung pendapat mereka, entah pendapat itu benar atau salah.
Tanpa mengetahui apa yang mungkin dikatakan oleh ayat-ayat lain tentang persoalan tersebut, atau tanpa mengetahui makna sebenarnya dari ayat itu , peristiwa dan kondisi dari turunnya suatu ayat, upaya itu akan menyesatkan dan melahirkan kesalahan (bid’ah) dalam agama. Nabi saw , menggambarkan situasi tersebut 1400 tahun yang lampau dan memperingatkan dengan tegas,” waspadalah terhadap bid’ah yang mereka buat , karena sesungguhnya hal tersebut akan menyesatkan kalian!’
Kini , setiap orang bisa belajar sendiri secara otodidak , menegaskan pendapatnya sendiri dan menolak pendapat orang lain seperti yang diprediksi oleh Nabi Saw bahwa  orang cinta kepada pendapatnya sendiri. Orang tidak lagi menerima nasehat  dan sangat fanatik dengan keyakinan masing-masing dan tidak peduli dengan masukan orang lain . Hubungan guru-murid  hampir-hampir  hilang. , padahal hubungan guru-murid dalam Islam ini sangat penting bagi pendidikan Islam. Hubungan guru-murid merupakan landasan untuk menyampaikan pengetahuan keislaman sejak turunnya wahyu pertama. Lagipula, bukanlah Allah bisa saja mengukir wahyu dengan cahaya di atas langit yang bisa dibaca dengan mudah oleh orang-orang Islam? Namun Dia memilih untuk mewahyukan Al Qur’an dan menyampaikannya lewat malaikat kepada para Nabi  dan kemudian dari generasi ke generasi. Wahyu terjadi dengan cara seperti itu bukan dengan alasan lain kecuali untuk menekankan bahwa setiap orang harus belajar dari seseorang yang lebih mengetahui. Dan ini sesuai dengan perintah dalam Al Qur’an:
Tanyakanlah olehnu kepada orang-orang yang berilmu, jika tiada mengetahui (Q 21;7)
Nabi Saw sendiri berkali-kali menegaskan bahwa ia belajar Al Qur’an melalui Malaikat Jibril. Jibril menyampaikan Al Qur’an kepada Nabi Saw dan beliau mengajarkannya kepada para sahabatnya, selanjutnya sahabat meneruskannya kepada para tabi’in dan demikian seterusnya dalam rantai tanpa putus.
- Syeikh Muhammad Hisyam kabbani-



eramuslim.com

Read more »

Popular Posts

Silahkan Kirim Saran anda melalui Formulir Kontak ini

Nama

Email *

Pesan *

Listen2Quran