Minggu, 11 Mei 2014

Rusia Uji Coba Sejumlah Rudal Balistik Antar Benua


Vladiir Putin (RIA Novosti / Alexey Nikolsky)

Rusia, pada Kamis, 08/05/2014, melakukan uji coba peluncuran sejumlah rudal balistik dalam sebuah latihan yang disaksikan langsung Presiden Vladimir Putin, di tengah krisis yang terus memanas di negeri tetangganya, Ukraina.

"Kami sedang melakukan tes kesiapan angkatan bersenjata Rusia. Latihan ini sudah diumumkan sejak November lalu. Latihan itu melibatkan semua cabang angkatan bersenjata di seluruh negeri," kata Putin kepada wartawan di Departemen Pertahanan, demikian menukil laporan Russia Today (RT).

Dalam latihan itu, militer Rusia menembakkan rudal balistik antar benua Topol dari lokasi uji coba di Plesetsk, di wilayah timur laut Rusia. Di saat bersamaan sejumlah rudal jarak dekat juga ditembakkan dari sejumlah kapal selam di armada Laut Utara dan Pasifik.

Latihan ini juga melatih manuver lainnya termasuk menembakkan rudal udara ke darat dari sebuah pesawat pembom strategis Tu-95 dan latihan memasuki Selat Inggris yang dilakukan armada Laut Utara yang dipimpin kapal induk Admiral Kuznetsov.

Latihan militer ini disaksikan Presiden Putin bersama empat presiden negara-negara bekas Uni Soviet yang berkunjung ke Moskwa dalam rangka menghadiri peringatan kemenagan atas Nazi Jerman yang akan digelar pada Jumat (9/5/2014).

Namun kepada presiden Belarusia, Armenia, Tajijkistan dan Kyrgyzstan, Putin mengatakan kemampuan pertahanan nuklir Rusia tetap kuat dan dalam keadaan siaga. 



0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *