Sukhoi Su – 47 Berkut (Golden Eagle ) merupakan pesawat dengan sayap
menyapu ke depan. Dibangun dalam tahap eksperimental. Baru ada empat
prototip saat ini dan belum ada keputusan kapan akan diproduksi.
Sayap nyleneh SU-47 merupakan kelebihan utama Berkut.Ketika lepas
landas dari lintasan pendek sebuah kapal induk, sayap seperti ini
memungkinkan pesawat untuk mendapatkan kecepatan dengan cepat dan
berubah menjadi penerbangan horisontal tanpa jatuh ke dalam air.
Pesawat ini mampu bermanuver pada kecepatan rendah dan bahkan dapat
melakukan perlambatan dinamis disebut Pugachev Cobra, di mana ia
memiliki ekor-pertama sambil menghindari berputar-putar.
Pesawat ini disebut-sebut sebagai puncak pesawat tempur dengan sayap
maju. Dengan kecepatan tertinggi mendekati Mach 2 dan memiliki tingkat
manuver yang dahysat, menjadikan pesawat lain terlihat lamban jika
diperbandingkan dengannya. Berkut akan menjadi master tak terbantahkan
dalam pertempuran udara satu -satu.
Setelah runtuhnya Uni Soviet negara-negara pecahannya mengalami
penurunan ekonomi secara cepat. Rusia menjadi negara yang secara pasti
tertinggal secara teknoligi perang karena tak ada anggaran. Padahal
negara lain terus memacu kekuatannya.
Perangkat keras militer paling canggih mereka berhenti pada T72,
sebuah tank tempur utama. Mereka juga masih mengandalkan helicopter Mi –
24 Hind dan pesawat tempur MiG – 29A Fulcrum. Jelas teknologi itu sudah
ada di bawah negara lain. T72 misalnya, tak lagi sebanding dengan tank
Challenger Inggris. Di helikopter AH – 64 Apache dari Amerika jauh
meninggalkan mereka. Belum lagi dengan pesawat tempur. Rusia jauh
tertinggal oleh Eurofighter Typhoon.
Akhirnya Rusia mulai melakukan perubahan radikal untuk memperbaharui
teknologi perang mereka. Pekerjaan dimulai pada kendaraan militer baru
untuk dijual di pasar global. Maka terciptalah T80 , Mi – 28 Havoc dan
Ka – 50 Black Shark yang mulai dibeli negara lain.
Dalam dunia pesawat tempur, MiG – 29 masih dijadikan pemain kunci ,
namun perlahan-lahan digantikan oleh jet tempur baru seperti garis
Sukhoi yang termasuk desain revolusioner yang disebut S – 37. Pesawat
memanfaatkan desain tiga permukaan: canards kecil, sayap utama menyapu
ke depan dan memotong ke bawah elevator diatur simetris di setiap sisi
meningkatkan aliran udara hingga memberikan pesawat tingkat manuver
tiada bandingnya.
Su – 47 belum dimasukkan ke dalam produksi skala penuh apalagi untuk
perang, sekalipun belum pernah dikirim. Kemampuannya memang belum
teruji, namun sejauh ini fakta yang ada Berkut paling terkenal dalam hal
kelincahan fenomenal. Radius putar maksimalnya 1.090 meter .
Kecepatannya juga mengesankan dunia. Dua mesin twin turbofan
masing-masing memberikan daya dorong hingga £ 18.700 dan £ 32.000 di
afterburner .
Su- 47 memiliki kelincahan yang sangat tinggi pada kecepatan subsonik
memungkinkan pesawat untuk mengubah sudut atas menyerang dan jalur
penerbangan yang sangat cepat , dan juga mempertahankan manuver di
supersonik pesawat flight. Pada kecepatan subsonik, radius berputar
hanya 1.000 kaki. Dan untuk pertempuran jarak pendek, jarak sependek ini
bisa menjadi malapetaka bagi musuh. Dalam hitungan detik, posisi Berkut
sudah siap untuk melesakkan senjatanya.
Prototip pertama terbang pada September 1997 dan diperkenalkan pada
bulan Januari 2000 untuk kemudian menyelesaikan tahap uji pertama pada
Desember 2001. Pesawat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia
Pada bulan Mei 2002 Sukhoi terpilih sebagai kontraktor utama untuk program tempur Rusia PAK FA yang merupakan generasi kelima. Akhirnya, sejumlah konsep Su-47 diambil tetapi tidak menggunakan sayap menyapu ke muka. Uji terbang pertama pesawat tempur PAK FA selesai pada tanggal 29 Januari 2010. Su-47 juga menggunakan sejumlah sistem yang dibenamkan di Su – 27 Flanker seperti desain kanopi, gigi pendaratan, beberapa avionik dan ekor – dekat vertikal.
Pada bulan Mei 2002 Sukhoi terpilih sebagai kontraktor utama untuk program tempur Rusia PAK FA yang merupakan generasi kelima. Akhirnya, sejumlah konsep Su-47 diambil tetapi tidak menggunakan sayap menyapu ke muka. Uji terbang pertama pesawat tempur PAK FA selesai pada tanggal 29 Januari 2010. Su-47 juga menggunakan sejumlah sistem yang dibenamkan di Su – 27 Flanker seperti desain kanopi, gigi pendaratan, beberapa avionik dan ekor – dekat vertikal.
Su- 47 memiliki kelincahan yang sangat tinggi pada kecepatan subsonik
memungkinkan pesawat untuk mengubah sudut atas menyerang dan jalur
penerbangan yang sangat cepat , dan juga mempertahankan manuver di
supersonik pesawat flight.The Su – 47 memiliki tingkat yang sangat
tinggi dari manuver dengan stabilitas terjaga dan pengendalian di semua
sudut serangan .
Badan pesawat ini dibangun terutama dari aluminium dan paduan titanium dan 13 % berat dari bahan komposit. Sedang panel sayapnya dibangun hampir 90 % komposit .
Badan pesawat ini dibangun terutama dari aluminium dan paduan titanium dan 13 % berat dari bahan komposit. Sedang panel sayapnya dibangun hampir 90 % komposit .
SU-47 bisa disebut nenek moyang generasi kelima pesawat PAK FA.
Karena itu satu-satunya pesawat Rusia dengan dimensi perusak tapi dengan
kompartemen kargo di dalam, dalam perjalanan dari penerbangan uji
Program PAK FA itu berisi imitasi jarak jauh peluru kendali. Hanya satu
prototipe eksperimental Berkut pernah dibangun, dan pesawat ini tidak
diproduksi massal.
Sumber : Jejaktapak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar