Sabtu, 12 September 2015

Kremlin Konfirmasi Senjata-senjata Rusia "Terbang" ke Suriah


Kremlin Konfirmasi Senjata senjata Rusia Terbang ke Suriah

Kremlin mengkonfirmasi senjata-senjata Rusia "terbang" ke Suriah. | (AP)
MOSKOW - Kremlin akhirnya mengkonfirmasi bantuan senjata-senjata Rusia yang “terbang” ke Suriah bersamaan dengan bantuan kemanusiaan. Namun, Rusia menegaskan pasokan senjatanya untuk rezim Presiden Bashar al-Assad adalah legal, sesuai kontrak bilateral kedua negara.

Konfirmasi dari Rusia itu disampaikan Menteri Luar Negerinya, Segei Lavrov, kepada wartawan. ”Pesawat Rusia mengirim peralatan militer sesuai dengan kontrak dan bantuan kemanusiaan ke Suriah,” kata Lavrov, seperti dilansir Aljazeera, Jumat (11/9/2015). (Baca: Putin Dituduh Ingin Caplok Suriah bak Crimea Jilid Dua)

Koran Rusia, Kommersant, kemarin melaporkan bahwa Moskow telah memasok Damaskus dengan kendaraan lapis baja canggih BTR-82A. Pemerintah Rusia sebelumnya menolak mengkonfirmasi laporan pasokan bantuan militernya untuk Suriah. Rusia hanya mengkonfirmasi perihal bantuan kemanusiaan.

Jumlah peralatan militer Rusia yang dipasok ke Suriah antara tahu 2009 hingga 2011 sudah mencapai 71 persen dari kebutuhan militer Suriah. Hal itu mencakup pesawat-pesawat jet tempur untuk pertahanan udara.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Suriah sudah kacau akibat ulah kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan pasukan Assad yang bisa diandalkan untuk mengatasi kelompok radikal itu.

”Ancaman datang dari ISIS. Satu-satunya kekuatan yang mampu menolak itu adalah angkatan bersenjata Suriah," katanya. Untuk itulah, Rusia tetap mendukung rezim Assad di Suriah.


Sumber : SINDO

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *