Sabtu, 12 September 2015

Tak Mampu Urus, Ukraina Lego Kapal Eks Soviet


Kapal penjelajah Ukrayina
Kapal penjelajah Ukrayina

Ukraina memutuskan untuk menjual kapal penjelajah Ukrayina. Kepala Staf Angkatan Laut Ukraina Laksamana Sergey Haiduk  mengatakan hasil penjualan kapal  ini akan digunakan untuk membangun kapal baru.
Sebagaimana dilaporkan sejumlah media lokal, Haiduk mengatakan alasan utama untuk penjualan cruiser adalah fakta bahwa hampir 80 persen dari senjata ini dibuat di era Soviet. Dia menjelaskan bahwa kapal dilengkapi peralatan navigasi dan senjata yang tidak diproduksi di Ukraina.
Selain itu, Angkatan Laut Ukraina memiliki serentetan masalah yang berkaitan dengan infrastruktur untuk penyebaran kapal penjelajah itu. Kiev telah berulang kali mencoba untuk menjual kapal tersebut tidak berhasil.
Ukrayina adalah penjelajah kelas Slava yang diperintahkan oleh Uni Soviet pada awal 1980-an. Kapal itu ditetapkan pada tahun 1983 dan diluncurkan pada tahun 1990 sebelum runtuhnya Uni Soviet.
Penjelajah kelas Slava  milik Rusia

Penjelajah kelas Slava milik Rusia
Kurangnya pembiayaan menjadikan pembangunan kapal terhenti di awal 1990-an dan kapal yang tersisa belum selesai. Pada tahun 1993, kapal Ukrayina dihentikan dari Angkatan Laut Rusia dan diteruskan ke Ukraina.
Empat tahun kemudian, Ukraina mengumumkan bahwa mereka tidak memerlukan penjelajah ini dan ingin menjualnya kepada pelanggan asing, termasuk dari China dan India.Tetapi sejauh ini belum ada yang berminat hingga kapal hanya mangkrak di pelabuhan Nikolayev di Ukraina selatan.
Ria Novosti melaporkan, kapal penjelajah kelas Slava dikenal sebagai Proyek 1164 Atlant dan merupakan kapal perang besar bertenaga konvensional, dirancang dan dibangun Uni Soviet dan saat ini juga dioperasikan oleh Angkatan Laut Rusia.


Sumber : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *