Sabtu, 21 Maret 2015

Jerman Bangun Leopard 3, Bukti Eropa Sedang Gelisah

Leopard 2
 Leopard 2 

Jerman telah meningkatkan desain Leopard 2 selama bertahun-tahun. Dan kini Leopard 3 juga sedang dibentuk untuk nanti akan lahir menjadi tank yang benar-benar baru. Parlemen Jerman mengajukan permintaan anggaran untuk mengembangkan tank baru. Dalam laporan panitia anggaran disebutkan program pengembangan Leopard III adalah untuk menciptakan sebuah “Kampfpanzer” atau tank tempur baru. Proposal untuk mengembangkan program tank baru sebagai bagian dari perencanaan militer jangka menengah yang sejatinya membuktikan Eropa sedang tidak tenang. Wilayah ini sedang gelisah.
Tidak mungkin untuk melihat perkembangan tank Jerman tanpa membaca catatan sejarah. Ketika Perang Dunia Inggris menemukan fakta Jerman adalah negara pertama yang benar-benar merebut potensi revolusioner dalam hal tank. Kemajuan pesat Jerman di hari-hari awal Perang Dunia II yang dipelopori oleh tank agresif, dan butuh Sekutu bertahun-tahun untuk mengusir mereka kembali dari posisi mereka dan kemduain ditaklukkan. Tetapi pada Pertempuran Kursk 1943, Jerman mengeluarkan tank yang lebih canggih  yang kemudian dikalahkan oleh serangan balik Soviet.
Dalam Perang Dingin, NATO memperkirakan invasi darat Soviet akan mulai dari Eropa Barat dengan pertama menyerang Jerman Barat, dan kemudian datang melalui koridor sempit dataran rendah yang dikenal sebagai “Fulda Gap.” CIA juga memperkirakan bahwa tank dikerahkan oleh Soviet dan sekutunya di Eropa Tengah kalah jumlah dibanding tank NATO hampir 3:1. Untungnya, perang yang diperkirakan tidak menjadi kenyataan ketika Soviet runtuh dan penyatuan kembali Jerman .
Tetapi akhir Perang Dingin tidak berarti akhir dari perang antara negara-negara besar, dan invasi Rusia tetangga Ukraina merongrong gagasan bahwa Eropa tenang selamanya bebas dari perang. Dan perang modern berarti tank. Jerman baru-baru ini didukung persenjataan mereka dengan membeli dan upgrade 20 Leopard 2A7 tank yang diperoleh dari Belanda, meskipun berasal dari Kanada.
Upgrade tank tua cukup rutin dan menyumbang bahaya saat ini. Mengembangkan tank baru maju, sebaliknya, adalah bertaruh pada masa depan. Pada bulan Agustus, perusahaan Jerman Krauss Maffei Wegmann-(KMW), pembuat versi terbaru tank Leopard, bergabung dengan perusahaan pertahanan Prancis Nexter. Berbicara kepada merger, KMW CEO menyebutkan gagasan tank Leopard 3, mencatat bahwa Perancis memiliki perspektif strategis yang membentang puluhan tahun ke depan. Pada bulan Oktober, ketika panitia anggaran parlemen Jerman mengumpulkan rancangan mereka tagihan belanja 2015, usulan untuk mengembangkan tank baru.


Sumber: Popular Science : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *