Selasa, 01 April 2014

Ini Wujud Tank Siluman di Masa Depan

Tank konsep PL-01.
Tank konsep PL-01 Prototipe ini akan berjalan sepenuhnya pada 2016..
Pertarungan mesin perang makin seru. Jika saat ini tank buatan Jerman, Leopard 2, dianggap sebagai tank canggih dunia, negeri Kanselir itu segera mendapat saingan dari tetangganya.

Polandia, yang berbatasan langsung dengan Jerman, dilaporkan tengah mengembangkan konsep tank masa depan yang lebih canggih, PL-01.

Melansir Slash Gear, Selasa 1 April 2014, Pusat Penelitian dan Pengembangan untuk Peralatan Mekanik (OBRUM) Polandia mengembangkan tank PL-01 yang berbobot 35 ton dan 3 awak. 

Tank ini memiliki kemampuan layaknya pesawat siluman, dapat menghindari serangan peluru kendali dan tak dapat dideteksi dengan sensor inframerah serta sensor visual lainnya. 

Kuncinya yakni pada kulit luar PL-01 yang dilapisi panel suhu yang menyesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat. Panel kamuflase termal itu berfungsi layaknya bunglon, yang mampu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan untuk mengelabui sensor inframerah yang dilancarkan musuh. 

Panel luar tank itu memproses sensor infra merah yang dipasang di sekitar pendeteksi tangki dan kemudian menampilkan pola tertentu pada tank. 

Dengan demikian, tank bisa mengelabui sensor inframerah. Pengelabuan itu juga berkat dukungan pendinginan dan penyebaran gas buang dari mesin diesel house power 940.

Fitur canggih lain terdapat pada menara meriam yang mampu mengangkut peluru secara otomatis. Pada menara meriam ini juga terdapat berbagai fitur canggih, sistem peluncuran peluru proteksi aktif, dan pemantauan posisi panorama pada malam hari.

Operasi ujung meriam juga dapat bergerak 10 derajat ke bawah dan 20 derajat ke atas. Masih pada bagian menara meriam, terdapat stasiun senjata yang dikendalikan secara remote. Kulit tank ini berlapis baja. 

Tank ini juga dilengkapi dengan material penyerap radar, serta peluncur granat pada bagian menara meriam. Disebutkan prototipe ini akan berjalan sepenuhnya pada 2016



0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *