Jumat, 20 Juni 2014

Rusia Kerahkan Banyak Pasukan di Dekat Ukraina


Rusia Kerahkan Banyak Pasukan di Dekat Ukraina
Pasukan Rusia dengan tank-tank tempur saat beraksi. Foto: RIA Novosti/Kirill Braga

MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, resmi memerintahkan pengerahan banyak pasukan Rusia ke pebatasan dekat wilayah Ukraina. Perintah itu diklaim untuk melindungi perbatasan Federasi Rusia.

Perintah Putin soal pengerahan banyak pasukan Rusia itu disampaikan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, Jumat (20/6/2014). Menurutnya, pengerahan pasukan sebenarnya sudah dilakukan beberapa minggu yang lalu.

Namun, Kremlin menolak tuduhan bahwa langkah itu sebagai provokasi untuk pamer kekuatan militer Rusia.”Kami terkejut dengan klaim tersebut tentang konsentrasi pasukan Rusia di perbatasan Ukraina,” kata Peskov, seperti dikutip Russia Today.

”Dalam hal ini, ini bukan tentang setiap konsentrasi kekuatan militer, tetapi tentang langkah-langkah untuk membentengi perbatasan Federasi Rusia, langkah-langkah yang diperintahkan langsung oleh Presiden Putin,” lanjut Peskov.

Pengerahan pasukan Rusia itu sebelumnya sudah curigai Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO. (Baca: NATO: Pasukan Rusia Kembali Berkumpul di Perbatasan)

Peskov mengatakan bahwa perintah itu dikeluarkan beberapa minggu yang lalu.”Dan telah disetujui para pemimpin Eropa,” katanya.

Peskov menyatakan bahwa langkah-langkah pengamanan di wilayah perbatasan dipicu banyak fakta soal pelanggaran.”Termasuk kasus-kasus pelanggaran penggunaan peralatan militer yang telah berlangsung lebih sering,” imbuh dia.

Kendati menyebut pasukan yang dikerahkan lebih banyak dari sebelumnya, namun dia menolak menyebutkan jumlahnya. ”Mengenai jumlah pasukan militer, itu ditentukan oleh persyaratan untuk memastikan tingkat keamanan yang cukup di perbatasan.”


0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *