Kamis, 23 April 2015

AS Tuduh Rusia Tanam Sistem Pertahanan Udara di Ukraina Timur

Sistem peluncur rudal BUK adalah salah satu senjata yang paling efektif dalam sistem persenjataan pertahanan udara. Foto: Aleksei Kudenko/RIA Novosti

Sistem peluncur rudal BUK Rusia adalah salah satu senjata yang paling efektif dalam sistem persenjataan pertahanan udara.
Amerika Serikat menuding Rusia membangun sistem pertahanan udara di Ukraina timur dan terlibat dalam latihan pemberontak pro-Rusia yang berarti melanggar gencatan senjata yang ditengahi Eropa.
Seorang juru bicara departemen luar negeri, Marie Harf, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu 23 April 2015: “Ini adalah jumlah tertinggi peralatan pertahanan udara Rusia di timur Ukraina sejak Agustus.”
Dia mengatakan sifat yang semakin kompleks dari latihan “Tidak meninggalkan keraguan bahwa Rusia terlibat. Pelatihan ini juga telah memasukkan UAV Rusia  sebagai tanda jelas kehadiran Rusia”
Pertempuran pecah di Ukraina timur dalam beberapa pekan terakhir meskipun gencatan senjata yang disepakati pada bulan Februari, dengan masing-masing pihak menuduh sebagai penyebab awalnya. Tapi Sergei Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia, mengatakan pada hari Senin ia percaya lonjakan pelanggaran gencatan senjata telah berlalu.
Harf, mengatakan Rusia membangun pasukannya di sepanjang perbatasan Ukraina. “Setelah mempertahankan kehadiran yang relatif stabil sepanjang perbatasan, Rusia mengirimkan unit tambahan di sana,” katanya, menambahkan bahwa kenaikan ditandai kehadiran terbesar dari pasukan Rusia di perbatasan sejak Oktober.
Lebih dari 6.000 orang telah tewas sejak konflik meletus di Ukraina timur lebih dari setahun yang lalu, ketika pemberontak menentang tersingkirnya presiden yang didukung Moskow dan instalasi pemerintah pro-Barat menyatakan kemerdekaan dari Kiev. Ukraina dan sekutu baratnya telah lama menuduh Moskow mengirim pasukan dan senjata untuk mendukung pemberontak dan telah dibantah Rusia.



Sumber : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *