Minggu, 12 April 2015

Su-27 Rusia Sergap RC-135 di Jarak 20 Meter, AS Protes


Su-27 Flanker
Sebuah jet tempur Su-27 milik Rusia nyaris bertabrakan dengan pesawat pengintai AS minggu. Amerika pun protes keras dengan insiden ini.

Pejabat pertahanan mengungkapkan kepada Washington Gratis Beacon Su-27 melakukan intersep pada pesawat pengintai RC-135 di wilayah udara internasional di Laut Baltik pada hari Selasa 7 April 2015.


“Pada pagi hari 7 April, RC-135U melakukan misi rutin di wilayah udara internasional dicegat oleh Rusia Su-27 Flanker dengan cara yang tidak aman dan tidak profesional,” kata juru bicara Pentagon Eileen M. Lainez sebagaimana dikutip Washington Gratis Beacon Jumat 10 April 2015

“Amerika Serikat telah menyampaikan kejadian kepada dengan Rusia dalam saluran diplomatik dan dinas yang sesuai,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan jet tempur Rusia terbang dalam jarak hanya 20 meter dari pesawat pengintaian dan disebut sebagai tindakan sembrono yang bisa membahayakan kehidupan awak RC-135.

Pesawat mata-mata AS RC-135 yang disebut Rusia

Tidak ada rincian yang tersedia mengenai misi RC-135, yang berada di posisi untuk memantau kegiatan militer Rusia di Rusia barat dan Kaliningrad.

RC-135 adalah pesawat militer upgrade pesawat jet Boeing 707 yang dapat dikonfigurasi untuk misi pengumpulan intelijen, termasuk foto, monitoring nuklir, dan mata-mata elektronik.

Pemantauan itu muncul di tengah kekhawatiran Rusia menyebarkan rudal jarak pendek Iskander dengan kemampuan nuklir di Kaliningrad dan Crimea.

Pertemuan serupa terbaru terjadi 24 Maret ketika dua Su-27, bersama dengan dua Tu-22 Backfire pembom nuklir, melakukan penerbangan di Baltik. Jet Rusia terbang tanpa menyalakan transponder yang menjadikan pengendali lalu lintas udara tidak bisa memantau jalur penerbangan mereka. Mereka dicegat oleh jet Swedia.

Adm William Gortney., Komandan Komando Utara AS, menyatakan keprihatinan tentang peningkatan militer penerbangan Rusia dan provokasi insiden RC-135 di atas Baltik.

“Rusia telah mengembangkan militer yang jauh lebih mampu secara kuantitatif, militer sangat besar seperti era Uni Soviet,” kata Gortney. Dia menambahkan Moskow telah mengadopsi doktrin strategis baru yang ditunjukkan oleh provokasi.

Eric Edelman, mantan wakil menteri pertahanan untuk kebijakan, mengatakan insiden terbaru tampaknya menjadi bagian dari pola kegiatan oleh Rusia yang dimulai sekitar 2007 ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mulai memprotes pertahanan rudal AS di Eropa. Kegiatan provokatif telah terjadi baik di langit dan di laut, kata Edelman.

“Itu bagian dari pola sekarang yang sangat provokatif, baik di udara dan di laut,” kata Edelman dalam sebuah wawancara.
 
 
 
Sumber : Jejaktapak

1 komentar:

  • Unknown says:
    25 Mei 2016 pukul 08.15

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *