Kamis, 23 April 2015

China Harus Siapkan Respons untuk THAAD

THAAD-launch-10-2013

China harus menyiapkan langkah untuk merespon AS yang berencana menempatkan baterai Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) mereka di Korea Selatan.
Teng Jianqun, Direktur Pusat untuk Pengawasan Senjata di China Institute of International Studies telah memperingatkan bahwa penyebaran THAAD di tanah Korea Selatan “akan menguji hubungan antara China, Korea Selatan, Amerika Serikat bahkan Rusia. Dan Cina perlu mengambil beberapa langkah-langkah yang solid untuk melawan kekuatan dari program pertahanan rudal AS, termasuk memperbarui dan meningkatkan jumlah hulu ledak konvensional dan nuklir. ”

Dalam sebuah komentar yang diterbitkan awal bulan ini oleh think tank Kementerian Luar Negeri di Beijing Jianqun menjelaskan bahwa AS merusak stabilitas regional Asia-Pasifik jika mendorong sistem THAAD ke Korea Selatan, dan mengutip juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, pada Oktober 2014 bahwa kebijakan AS  itu melawan stabilitas regional dan membangun saling percaya serta perdamaian dan stabilitas di Asia Timur Laut.
“Negara-negara yang tidak relevan harus mengambil masalah keamanan mereka sendiri dan jangan merusak kepentingan keamanan orang lain,”
Jianqun mengutip peringatan terbaru dari Duta Besar Cina untuk Korea Selatan Qiu Guohong bahwa penyebaran THAAD akan menyakiti hubungan Sino-Korea. THAAD yang memiliki jangkauan sekitar 2.000 kilometer jelas mengancam China.



Sumber : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *