Minggu, 30 Desember 2012

Rusia akan luncurkan roket Rokot pada 15 Januari


Roket Rokot (en.rian.ru)

Setelah sebelumnya mengalami penundaan pada awal Desember akibat alasan teknis, Rusia mengaku akan meluncurkan roket pembawa satelit, Rokot, pada pertengahan Januari.

“Sebuah komisi negara telah menyelesaikan sesi pada Jumat 28 Desember, dan menjadwalkan bahwa peluncuran roket Rokot akan dilangsungkan pada 15 Januari,"  ujar Juru Bicara Badan Ruang Angkasa Rusia, Kolonel Alexei Zolotukhin, Sabtu (29/12/2012), seperti dikutip dari RIA Novosti.

Sebelumnya, Rusia menjadwalkan melakukan peluncuran pada 8 Desember, namun ditunda karena ada kerusakan pada booster. Kegagalan ini bukan yang pertama. Tercatat, dua satelit telekomunikasi gagal dibawa ke orbit bumi pada Agustus silam.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, total sudah 16 kali dilakukan peluncuran roket Rokot dari situs Plesetsk, sejak peluncuran pertama pada 16 Mei 2000. Namun, peluncuran Rokot telah ditangguhkan selama sekitar 18 bulan, setelah roket itu gagal menempatkan satelit militer Geo-IK-2  ke orbit bumi pada 1 Februari 2011 silam.





sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *