Oleh Hartono Ahmad Jaiz
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
{ سِتْرُ مَا بَيْنَ الْجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ إذَا دَخَلَ الْكَنِيفَ أَنْ يَقُولَ : بِسْمِ اللَّهِ }( ابن ماجه )
Dinding penutup antara mata jin dan aurat manusia ketika seseorang masuk jamban adalah kalau ia mengucapkan Bismillaah. (HR Ibnu Majah dalam Kitab Thoharoh / 242)
Iblis dan bala tentaranya adalah sosok-sosok yang jiwanya kotor
terus-menerus. Mereka selalu mengintip aurat dan kejelekan. Iblis telah
mencopot pakaian Adam ’alaihis salam dan isterinya sedangkan
keduanya itu di surga. Lalu di dunia ini Iblis, wadya balanya, dan
partainya membelejeti pakaian taqwa dari jiwa manusia, dan mencopoti
pakaian penutup aurat dari badan. Sehingga keadaan telanjang menjadi
pemandangan nyata yang dianggap biasa, sedang menampakkan aurat sudah
menjadi hal yang lumrah di kalangan manusia tanpa ada halangannya.
Tetapi kalau memang kita tetap teguh mengikuti syari’at Islam, maka
tidak akan terjadi yang demikian itu. Iblis tak mampu, sampai di
tempat-tempat yang kita harus buka aurat pun, iblis tak mampu
melihatnya, (karena ada do’a seperti tersebut di atas). Maka segala puji
bagi Allah yang telah menjadikan dzikir dan keutamaan berserah diri
kepada-Nya itu sebagai pencegah bagi mata barisan iblis dan partainya.
( Lihat Hasan Ahmad Qothomisy, Al-Muwajahah As-Shiro’ ma’as Syaithon wa
Hizbihi, Daru Thibah Ar-Riyadh 1415H/ 1995, cet I, hal 147)
Wanita
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إنَّ الْمَرْأَةَ تُقْبِلُ فِي صُورَةِ شَيْطَانٍ وَتُدْبِرُ فِي صُورَةِ شَيْطَانٍ
Sesungguhnya wanita itu menghadap ke muka dalam bentuk syetan, dan ke belakang dalam bentuk syetan (pula). (HR Muslim Juz 10 Kitab Nikah, hal 177).
حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ حَدَّثَنَا عَبْدُ
الْأَعْلَى حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي
الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ رَأَى امْرَأَةً فَأَتَى امْرَأَتَهُ زَيْنَبَ وَهِيَ تَمْعَسُ
مَنِيئَةً لَهَا فَقَضَى حَاجَتَهُ ثُمَّ خَرَجَ إِلَى أَصْحَابِهِ فَقَالَ
إِنَّ الْمَرْأَةَ تُقْبِلُ فِي صُورَةِ شَيْطَانٍ وَتُدْبِرُ فِي صُورَةِ
شَيْطَانٍ فَإِذَا أَبْصَرَ أَحَدُكُمْ امْرَأَةً فَلْيَأْتِ أَهْلَهُ
فَإِنَّ ذَلِكَ يَرُدُّ مَا فِي نَفْسِهِ حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الْوَارِثِ حَدَّثَنَا حَرْبُ
بْنُ أَبِي الْعَالِيَةِ حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَى
امْرَأَةً فَذَكَرَ بِمِثْلِهِ غَيْرَ أَنَّهُ قَالَ فَأَتَى امْرَأَتَهُ
زَيْنَبَ وَهِيَ تَمْعَسُ مَنِيئَةً وَلَمْ يَذْكُرْ تُدْبِرُ فِي صُورَةِ
شَيْطَانٍ. (مسلم)
Riwayat dari Jabir bahwa Rasulullah saw melihat seorang perempuan
maka beliau datang ke isterinya, Zainab yang sedang menggosok kulit
(binatang) miliknya yang mau disamak, lalu beliau menunaikan hajatnya
(berhubungan dengan isteri itu), kemudian beliau keluar ke
sahabat-sahabatnya, lalu bersabda: Sesungguhnya wanita itu menghadap ke
muka dalam bentuk syetan, dan (menghadap) ke belakang dalam bentuk
syetan (pula). Maka apabila salah satu di antara kalian melihat seorang
perempuan, hendaklah ia datang ke isterinya, karena hal itu membalikkan
apa yang ada pada dirinya (yakni gejolak syahwat). Dalam riwayat lain,
bahwa Nabi saw melihat seorang perempuan, lalu periwayat menyebutkan
seperti tadi, hanya saja dia berkata, maka beliau datang ke isterinya,
Zainab, dan dia sedang menggosok kulit yang mau disamak, dan periwayat
tak menyebut menghadap ke belakang dalam bentuk syetan. (HR Muslim)
Mujahid rahimahullah berkata: Ketika perempuan menghadap ke
depan (datang), maka syetan duduk di atas kepalanya lalu menghiasinya
untuk orang yang melihatnya, dan ketika perempuan itu menghadap ke
belakang (pergi), syetan duduk di atas bagian belakangnya lalu ia
memperindahnya untuk orang yang melihatnya.(Al-Qurthubi, Al-Jami’ li
Ahkaamil Quran, juz 12/ 227)
تفسير القرطبي ج: 12 ص: 227
وقال مجاهد إذا أقبلت المرأة جلس الشيطان على رأسها فزينها لمن ينظر فإذا أدبرت جلس على عجزها فزينها لمن ينظر وعن خالد بن أبي عمران قال لاتتبعن النظرة النظرة فربما نظر العبد نظرة نغل منها قلبه كما ينغل الأديم فلا ينتفع به فأمر الله سبحانه وتعالى المؤمنين والمؤمنات بغض الأبصار عما لايحل فلا يحل للرجل أن ينظر إلى المرأة ولا المرأة إلى الرجل فإن علاقتها به كعلاقته بها وقصدها منه كقدصده منها وفي صحيح مسلم عن أبي هريرة قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن الله كتب على ابن آدم حظه من الزنى أدرك ذلك لامحالة فالعينان تزنيان وزناهما النظر
وقال مجاهد إذا أقبلت المرأة جلس الشيطان على رأسها فزينها لمن ينظر فإذا أدبرت جلس على عجزها فزينها لمن ينظر وعن خالد بن أبي عمران قال لاتتبعن النظرة النظرة فربما نظر العبد نظرة نغل منها قلبه كما ينغل الأديم فلا ينتفع به فأمر الله سبحانه وتعالى المؤمنين والمؤمنات بغض الأبصار عما لايحل فلا يحل للرجل أن ينظر إلى المرأة ولا المرأة إلى الرجل فإن علاقتها به كعلاقته بها وقصدها منه كقدصده منها وفي صحيح مسلم عن أبي هريرة قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن الله كتب على ابن آدم حظه من الزنى أدرك ذلك لامحالة فالعينان تزنيان وزناهما النظر
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga memperingatkan:
{ إنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ , وَإِنَّ اللَّهَ
مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ , فَاتَّقُوا
الدُّنْيَا , وَاتَّقُوا النِّسَاءَ , فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي
إسْرَائِيلَ كَانَتْ فِي النِّسَاءِ }
Sesungguhnya dunia itu manis lagi hijau. Dan sesungguhnya Allah
menjadikan kamu sekalian khalifah di dunia, lalu Allah mengawasi
bagaimana kamu berbuat. Maka jagalah dirimu tentang dunia dan jagalah
dirimu tentang wanita. Maka sesungguhnya bencana/fitnah Bani Israil
adalah dalam hal wanita. (HR Muslim Juz 17 Kitab Riqoq hal 55).
Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam Kitab Shahihain:
وَفِي الصَّحِيحَيْنِ عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رضي الله
عنهما عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : { مَا تَرَكْتُ بَعْدِي
فِتْنَةً هِيَ أَضَرُّ عَلَى الرِّجَالِ مِنْ النِّسَاءِ }
Aku tidak meninggalkan fitnah/bencana yang lebih berbahaya atas kaum lelaki (selain bahaya fitnah) dari perempuan. (Al-Fath juz 9 , Hadits 5096, dan Muslim juz 18 hal 54)
Sa’id bin Al-Musayyib rahimahullah berkata, Jika syetan
putus asa mengenai sesuatu maka ia kemudian pasti mendatangi sesuatu itu
dari arah perempuan. Sa’id pun berkata lagi, Tidak ada sesuatu yang
lebih aku takuti di sisiku kecuali perempuan. (Siyaru ‘a’laamin Nubalaa’
Juz 4 / 237)
Kalau syetan putus asa dalam hal tertentu, maka dia akan melancarkan
godaan itu dari arah perempuan. Apa yang dikatakan Sa’id bin
Al-Musayyib rahimahullah tersebut dalam kenyataan kini tampak
nyata. Sudah menjadi rahasia umum, ada proyek-proyek yang dilancarkan
pengurusannya pakai umpan wanita. Itulah praktek syetan. Maka Sa’id yang
di zaman sahabat tidak ada kebiasaan model syetan seperti sekarang pun,
dia paling takut terhadap wanita.
Dan hadits tentang wanita kadang panjang, itu tidak lain karena
wanita itu adalah pengikut syetan terkutuk yang paling banyak. Wanita
pengikut syetan itu adalah tali-tali dan perantara untuk para pengikut
syetan. Bagaimana tidak, sedangkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah
mengkhabarkan bahwa wanita itu penghuni neraka yang paling banyak, dan
mereka tidak masuk neraka kecuali karena mengikuti iblis dan
tentara-tentaranya. Dan tidaklah manusia mengikuti iblis kecuali karena
iblis telah menguasai mereka. Dan iblis tidak menguasai kecuali dengan
banyaknya maksiat dan dosa. Sedang kekuasaan iblis dan partainya itu
dengan cara menganggap indah dan bagus dosa-dosa dan maksiat.
Dalam Hadits disebutkan:
إنَّمَا الْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ فَإِذَا خَرَجَتْ اسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ ,
Wanita itu adalah aurat, maka apabila ia keluar, diincar oleh syetan. (Hadits Shahih Sunan Tirmidzi no 936, dan Thabrani di Al-Kabier juz 3/ 64, dan lihat Al-Irwaa’ no 273)
Perempuan sebagai salah satu sarana iblis untuk merusak
Iblis menyodorkan fitnah pada wanita guna menyesatkan dan merusak.
Al-Qur’an telah mengisahkan contoh-contoh adanya bencana-bencana/fitnah
lewat wanita. Di antara kisah-kisahnya adalah:
1. Godaan Syetan untuk Kaum Tsamud lewat wanita
Ibnu Jarir dan lain-lain dari ulama salaf (generasi Sahabat,
Tabi’ien, dan Tabi’ut Tabi’ien) menyebutkan bahwa dua wanita dari kaum
Tsamud, salah satunya Shoduq putri Al-Mahya bin Zuhair bin Al-Mukhtar,
dia adalah bangsawan dan kaya. Sedang ia di bawah suami yang telah masuk
Islam, lalu wanita ini menceraikan suaminya itu. Lalu wanita ini
mengundang anak pamannya yang disebut Mashro’ bin Mahraj bin Al-Mahya,
dan wanita ini menyodorkan dirinya pada lelaki anak pamannya itu bila ia
berani membunuh onta (Nabi Shalih ’alaihis salam).
Wanita lainnya adalah `Unaizah binti Ghanim bin Majlaz dijuluki Ummu
‘Utsman. Dia ini tua dan kafir, punya anak 4 wanita dari suaminya,
Dzu’ab bin Amru, salah satu kepala kaum. Lalu si perempuan tua ini
menyodorkan ke-4 putrinya kepada Qadar ibn Salif bila ia berani membunuh
onta, maka ia akan kebagian putrinya mana saja yang ia ingini. Lalu dua
pemuda (Mashro’ dan Qadar) bersegera untuk membunuh onta itu, dan
berusaha mencari teman di dalam kaumnya. Maka 7 orang lainnya merespon
ajakannya itu, jadi jumlahnya 9 orang. Mereka inilah yang disebutkan
dalam firman Allah subhanahu wata’ala:
وَكَانَ فِي الْمَدِينَةِ تِسْعَةُ رَهْطٍ يُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ وَلَا يُصْلِحُونَ(48)
Dan adalah di kota itu, sembilan orang laki-laki yang membuat kerusakan di muka bumi, dan mereka tidak berbuat kebaikan. (QS. An-Naml[27] :48)
Dan mereka berusaha pada seluruh kabilah itu dan mempropagandakan
untuk membunuh onta, lalu mereka menyambutnya dan sepakat untuk membunuh
onta itu. Lalu mereka berangkat mengintai onta. Ketika onta itu muncul
dari kawanan yang mendatangi air, lalu Mashro’ bersembunyi untuk
menyergapnya, lantas melemparkan panah padanya dan menancaplah di tulang
kaki onta. Dan datanglah wanita-wanita membujuk kabilah itu untuk
membunuh onta, sedang wanita-wanita itu membuka wajah-wajahnya (dari
kerudungnya) untuk menyemangati kabilahnya. Lalu Qadar bin Salif
mendahului mereka mengeraskan (hantaman) pedangnya atas onta itu maka
putuslah urat di atas tumitnya, lalu jatuh tersungkurlah onta itu ke
bumi.(Tafsir At-Thabari juz 8 / 227-228, Al-Bidayah wan Nihayah Ibnu
Katsir juz 1/ 127, Al-Kamil fit Taariekh Ibnul Atsier juz 1/ 51-52).
تفسير الطبري ج: 8 ص: 227
وكانت امرأة من ثمود يقال لها عنيزة بنت غنم بن مجلز تكنى بأم غنم وهي من بني عبيد بن المهل أخي دميل بن المهل وكانت امرأة ذؤاب بن عمرو وكانت عجوزا مسنة وكانت ذات بنات حسان وكانت ذات مال من إبل وبقر وغنم وامرأة أخرى يقال لها صدوف بنت المحيا بن زهير بن المحيا سيد بني عبيد وصاحب أوثانهم في الزمن الأول وكان الوادي يقال له وادي المحيا وهو جد المحيا الأصغر أبي صدوف وكانت صدوف من أحسن الناس وكانت غنية ذات مال من إبل وغنم وبقر وكانتا من أشد امرأتين في ثمود عداوة لصالح وأعظمهم به كفرا وكانتا تحبان أن تعقر الناقة مع كفرهما به لما أضرت به من مواشيهما وكانت صدوف ثم ابن خال لها يقال له صنتم بن هراوة بن سعد بن الغطريف من بني هليل الراوي فحسن إسلامه وكانت صدوف قد فوضت إليه مالها فأنفقه على من أسلم معه من أصحاب صالح حتى رق المال فاطلعت على ذلك من إسلامه صدوف فعاتبته على ذلك فأظهر لها دينه ودعاها إلى الله وإلى الإسلام فأبت عليه وسبت ولده فأخذت بنيه وبناته منه فغيبتهم في بني الذي هي منه وكان صنتم زوجها من بني هليل وكان ابن خالها فقال لها ردي علي ولدي فقالت حتى أنافرك إلى بني صنعان بن عبيد أو إلى بني جندع بن عبيد فقال لها صنتم بل أنا أقول إلى بني مرداس بن عبيد وذلك أن بني مرداس بن عبيد كانوا قد سارعوا في الإسلام وأبطأ عنه الآخرون فقالت لا أنافرك إلا إلى من دعوتك إليه فقال بنو مرداس والله لتعطينه ولده طائعة أو كارهة فلما رأت ذلك أعطته إياهم ثم إن صدوف وعنيزة تحيلا في عقر الناقة للشقاء الذي نزل فدعت صدوف رجلا من ثمود يقال له الحباب لعقره الناقة وعرضت عليه نفسها بذلك إن هو فعل فأبى عليها فدعت ابن عم لها يقال
تفسير الطبري ج: 8 ص: 228
مصدع بن مهرج بن المحيا وجعلت له نفسها على أن يعقر الناقة وكانت من أحسن الناس وكانت غنية كثيرة المال فأجابها إلى ذلك ودعت عنيزة بنت غنم قدار بن سالف بن جندع رجلا من أهل قرح وكان قدار رجلا أحمر أزرق قصيرا يزعمون أنه كان لزنية من رجل يقال له صهياد ولم يكن لأبيه سالف الذي يدعى إليه ولكنه قد ولد على فراش سالف وكان يدعى له وينسب إليه فقالت أعطيك أي بناتي شئت على أن تعقر الناقة وكانت عنيزة شريفة من نساء ثمود وكان زوجها ذؤاب بن عمرو من أشراف رجال ثمود وكان قدار عزيزا منيعا في قومه فانطلق قدار بن سالف ومصدع بن مهرج فاستنفرا غواة من ثمود فاتبعهما سبعة نفر فكانوا تسعة نفر أحد النفر الذين اتبعوهما رجل يقال له هويل بن ميلغ خال قدار بن سالف أخو أمه لأبيها وأمها وكان عزيزا من أهل حجر ودعير بن غنم بن داعر وهو من بني حلاوة بن المهل ودأب بن مهرج أخو مصدع بن مهرج وخمسة لم تحفظ لنا أسماؤهم فرصدوا الناقة حين صدرت عن الماء وقد كمن لها قدار في أصل صخرة على طريقها وكمن لها مصدع في أصل أخرى فمرت على مصدع فرماها بسهم فانتظم به عضلة ساقها وخرجت أم غنم عنيزة وأمرت ابنتها وكانت من أحسن الناس وجها فأسفرت عنه لقدار وأرته إياه ثم ذمرته فشد على الناقة بالسيف فكشف عرقوبها فخرت ورغت رغاة واحدة تحذر سقبها ثم طعن في لبتها فنحرها
وكانت امرأة من ثمود يقال لها عنيزة بنت غنم بن مجلز تكنى بأم غنم وهي من بني عبيد بن المهل أخي دميل بن المهل وكانت امرأة ذؤاب بن عمرو وكانت عجوزا مسنة وكانت ذات بنات حسان وكانت ذات مال من إبل وبقر وغنم وامرأة أخرى يقال لها صدوف بنت المحيا بن زهير بن المحيا سيد بني عبيد وصاحب أوثانهم في الزمن الأول وكان الوادي يقال له وادي المحيا وهو جد المحيا الأصغر أبي صدوف وكانت صدوف من أحسن الناس وكانت غنية ذات مال من إبل وغنم وبقر وكانتا من أشد امرأتين في ثمود عداوة لصالح وأعظمهم به كفرا وكانتا تحبان أن تعقر الناقة مع كفرهما به لما أضرت به من مواشيهما وكانت صدوف ثم ابن خال لها يقال له صنتم بن هراوة بن سعد بن الغطريف من بني هليل الراوي فحسن إسلامه وكانت صدوف قد فوضت إليه مالها فأنفقه على من أسلم معه من أصحاب صالح حتى رق المال فاطلعت على ذلك من إسلامه صدوف فعاتبته على ذلك فأظهر لها دينه ودعاها إلى الله وإلى الإسلام فأبت عليه وسبت ولده فأخذت بنيه وبناته منه فغيبتهم في بني الذي هي منه وكان صنتم زوجها من بني هليل وكان ابن خالها فقال لها ردي علي ولدي فقالت حتى أنافرك إلى بني صنعان بن عبيد أو إلى بني جندع بن عبيد فقال لها صنتم بل أنا أقول إلى بني مرداس بن عبيد وذلك أن بني مرداس بن عبيد كانوا قد سارعوا في الإسلام وأبطأ عنه الآخرون فقالت لا أنافرك إلا إلى من دعوتك إليه فقال بنو مرداس والله لتعطينه ولده طائعة أو كارهة فلما رأت ذلك أعطته إياهم ثم إن صدوف وعنيزة تحيلا في عقر الناقة للشقاء الذي نزل فدعت صدوف رجلا من ثمود يقال له الحباب لعقره الناقة وعرضت عليه نفسها بذلك إن هو فعل فأبى عليها فدعت ابن عم لها يقال
تفسير الطبري ج: 8 ص: 228
مصدع بن مهرج بن المحيا وجعلت له نفسها على أن يعقر الناقة وكانت من أحسن الناس وكانت غنية كثيرة المال فأجابها إلى ذلك ودعت عنيزة بنت غنم قدار بن سالف بن جندع رجلا من أهل قرح وكان قدار رجلا أحمر أزرق قصيرا يزعمون أنه كان لزنية من رجل يقال له صهياد ولم يكن لأبيه سالف الذي يدعى إليه ولكنه قد ولد على فراش سالف وكان يدعى له وينسب إليه فقالت أعطيك أي بناتي شئت على أن تعقر الناقة وكانت عنيزة شريفة من نساء ثمود وكان زوجها ذؤاب بن عمرو من أشراف رجال ثمود وكان قدار عزيزا منيعا في قومه فانطلق قدار بن سالف ومصدع بن مهرج فاستنفرا غواة من ثمود فاتبعهما سبعة نفر فكانوا تسعة نفر أحد النفر الذين اتبعوهما رجل يقال له هويل بن ميلغ خال قدار بن سالف أخو أمه لأبيها وأمها وكان عزيزا من أهل حجر ودعير بن غنم بن داعر وهو من بني حلاوة بن المهل ودأب بن مهرج أخو مصدع بن مهرج وخمسة لم تحفظ لنا أسماؤهم فرصدوا الناقة حين صدرت عن الماء وقد كمن لها قدار في أصل صخرة على طريقها وكمن لها مصدع في أصل أخرى فمرت على مصدع فرماها بسهم فانتظم به عضلة ساقها وخرجت أم غنم عنيزة وأمرت ابنتها وكانت من أحسن الناس وجها فأسفرت عنه لقدار وأرته إياه ثم ذمرته فشد على الناقة بالسيف فكشف عرقوبها فخرت ورغت رغاة واحدة تحذر سقبها ثم طعن في لبتها فنحرها
Wanita yang menyemangati Mashro’ adalah isteri pemimpin, sedang yang
menyemangati Qadar adalah isteri pejabat juga. Adapun Qadar bin Salif
sendiri termasuk pemimpin, jadi mereka itu orang elit semua.
Perempuan pertama telah menyodorkan dirinya kepada Mashro’, sedang
perempuan kedua menyodorkan puteri-puterinya kepada Qadar. Dan
perempuan-perempuan kabilah itu telah keluar dengan membujuk orang-orang
agar membunuh onta dengan cara membuka wajah-wajah mereka. Sungguh
telah terjadi fitnah wanita itu sebagai jalan masuknya Iblis kepada para
pembesar, dan Iblis bersandar bersama mereka untuk membunuh onta yang
menjadi ayat Allah subhanahu wata’ala yang disampaikan kepada nabi-Nya, Shalih ’alaihis salam.
Demikian ini tampak bagi kita, para pembesar (kaum elit) bersepakat semuanya, laki-laki maupun perempuan.
2. Kepala Nabi Yahya ’alaihis salam Dipenggal untuk Pelacur
Hal itu dikatakan kepada Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu oleh Asma’ binti Abu Bakar radhiyallahu ‘anha di suatu tempat di Masjidil Haram. Demikian itu ketika Ibnu Zubair radhiyallahu ‘anhu disalib,
lalu Ibnu Umar menoleh ke Asma’ seraya berkata: Jasad (anakmu) ini
sebenarnya bukan apa-apa, sedang yang di sisi Allah adalah arwahnya.
Maka bertaqwalah kamu kepada Allah subhanahu wata’ala dan bersabarlah.
Lalu Asma’ menjawab, Apa yang menghalangiku (untuk bersabar), sedangkan kepala Yahya bin Zakaria ’alaihis salam (saja)
sungguh telah dihadiahkan kepada seorang pelacur dari Bani Israel.
(Siyaru A’laamin Nubalaa’ juz 2/ 294, Al-Fashlu fil Milal 4/ 57,
Al-Muhalla juz 2/22, ‘Audul Hijaab juz 2/195, dan orang-orangnya
terpercaya, khabar itu tetap untuk kisah., Al-Muwajahah hal 80).
الفصل في الملل [ جزء 4 - صفحة 57 ]
عن سفيان بن عيينه عن منصور بن صفية عن أمه صفية بنت شيبة قالت دخل ابن عمر المسجد فأبصر ابن الزبير مرطوحا قبل أن يصلب فقيل له هذه أسماء بنت أبي بكر الصديق فمال إليها فعزاها وقال إن هذه الجثث ليست بشيء وإن الأرواح عند الله فقالت أسماء وما يمنعني وقد أهدي رأس يحيى بن زكريا إلى بغي من بغايا بني إسرائيل
عن سفيان بن عيينه عن منصور بن صفية عن أمه صفية بنت شيبة قالت دخل ابن عمر المسجد فأبصر ابن الزبير مرطوحا قبل أن يصلب فقيل له هذه أسماء بنت أبي بكر الصديق فمال إليها فعزاها وقال إن هذه الجثث ليست بشيء وإن الأرواح عند الله فقالت أسماء وما يمنعني وقد أهدي رأس يحيى بن زكريا إلى بغي من بغايا بني إسرائيل
Kenyataan dari kisah ini adalah Asma’ binti Abu Bakar radhiyallahu ‘anhuma menyebutkan dibunuhnya Nabi Yahya ’alaihis salam itu
karena (permintaan) pelacur. Di sini kita lihat puncak kekuasaan iblis
atas orang-orang elit dengan dorongan syahwat seks di mana sampai
membunuh seorang nabi Allah yaitu Yahya bin Zakaria ’alaihimas salam.
Walaupun berbeda-beda kitab-kitab tarikh dalam rincian peristiwa itu,
hanya saja intinya adalah; Seorang raja masa itu di Damskus ada yang
menginginkan kawin dengan sebagian mahramnya atau wanita yang tidak
halal baginya untuk dikawini. Lalu Nabi Yahya ’alaihis salam mencegahnya,
sedangkan wanita itu menginginkan raja itu, maka ada suatu (ganjalan)
yang menetap di dalam jiwa wanita dan raja itu terhadap Nabi Yahya ’alaihis salam.
Maka ketika antara wanita dan raja itu terjadi percintaan, wanita itu
minta agar diberi darah Yahya, lalu raja akan memberikan padanya. Maka
raja mengutus orang untuk mendatangi Nabi Yahya ’alaihis salam dan
membunuhnya, dan membawakan kepala Yahya kepada wanita itu! (Lihat
Tarikh At-Thabari j 1/ 346-347, Al-kamil Ibnu Atsir j 1/ 171, Al-Bidayah
wan Nihayah j 1/49)
تاريخ الطبري [ جزء 1 - صفحة 346 ]
إن ملك بني إسرائيل كان يكرم يحيى بن زكرياء ويدني مجلسه ويستشيره في أمره ولا يقطع أمرا دونه وإنه هوي أن يتزوج ابنة امرأة له فسأل يحيى عن ذلك فنهاه عن نكاحها وقال لست أرضاها لك فبلغ ذلك أمها فحقدت على يحيى حين نهاه أن يتزوج ابنتها فعمدت إلى الجارية حين جلس الملك على شرابه فألبستها ثيابا رقاقا حمرا وطيبتها وألبستها من الحلي وألبستها فوق ذلك كساء أسود فأرسلتها إلى الملك وأمرتها أن تسقيه وأن تعرض له فإن أرادها على نفسها أبت عليه حتى يعطيها ما سألته فإذا أعطاها ذلك سألته أن تؤتى برأس يحيى بن زكرياء في طست ففعلت فجعلت تسقيه وتعرض له فلما أخذ فيه الشراب أرادها على نفسها فقالت لا أفعل حتى تعطيني ما أسألك قال ما تسأليني قالت أسألك أن تبعث إلى يحيى بن زكرياء فأوتى برأسه في هذا الطست فقال ويحك سليني غير هذا قالت ما أريد أن أسألك إلا هذا قال فلما أبت عليه بعث إليه فأتي برأسه والرأس يتكلم حتى وضع بين يديه وهو يقول لا تحل لك فلما أصبح إذا دمه يغلي فأمر بتراب فألقي عليه فرقى الدم فوق التراب يغلي فألقي عليه التراب أيضا فارتفع الدم فوقه فلم يزل يلقى عليه التراب حتى بلغ سور المدينة وهو في ذلك يغلي وبلغ صيحائين فنادى في الناس وأراد أن يبعث إليهم جيشا ويؤمر عليهم رجلا فأتاه بختنصر فكلمه وقال إن الذي كنت أرسلت تلك المرة ضعيف فإني قد دخلت المدينة وسمعت كلام أهلها فابعثني فبعثه فسار بختنصر حتى إذا بلغوا ذلك المكان تحصنوا منه في مدائنهم فلم يطقهم فلم ااشتد عليه المقام وجاع أصحابه أراد الرجوع فخرجت إليه عجوز من عجائز بني إسرائيل فقالت أين أمير الجند فأتي به إليها فقالت إنه
تاريخ الطبري [ جزء 1 - صفحة 347 ]
بلغني أنك تريد أن ترجع بجندك قبل أن تفتح هذه المدينة قال نعم قد طال مقامي وجاع أصحابي فلست أستطيع المقام فوق الذي كان مني فقالت أرأيتك إن فتحت لك المدينة أتعطيني ما أسألك فتقتل من أمرتك بقتله وتكف إذا أمرتك أن تكف قال لها نعم قالت إذا أصبحت فاقسم جندك أربعة أرباع ثم أقم على كل زاوية ربعا ثم ارفعوا بأيديكم إلى السماء فنادوا إنا نستفتحك يا الله بدم يحيى بن زكرياء فإنها سوف تتساقط ففعلوا فتساقطت المدينة ودخلوا من جوانبها فقالت له كف يدك اقتل على هذا الدم حتى يسكن فانطلقت به إلى دم يحيى وهو على تراب كثير فقتل عليه حتى سكن فقتل سبعين ألف رجل وامرأة فلما سكن الدم قالت له كف يدك فإن الله عز وجل إذا قتل نبي لم يرض حتى يقتل من قتله ومن رضي قتله
إن ملك بني إسرائيل كان يكرم يحيى بن زكرياء ويدني مجلسه ويستشيره في أمره ولا يقطع أمرا دونه وإنه هوي أن يتزوج ابنة امرأة له فسأل يحيى عن ذلك فنهاه عن نكاحها وقال لست أرضاها لك فبلغ ذلك أمها فحقدت على يحيى حين نهاه أن يتزوج ابنتها فعمدت إلى الجارية حين جلس الملك على شرابه فألبستها ثيابا رقاقا حمرا وطيبتها وألبستها من الحلي وألبستها فوق ذلك كساء أسود فأرسلتها إلى الملك وأمرتها أن تسقيه وأن تعرض له فإن أرادها على نفسها أبت عليه حتى يعطيها ما سألته فإذا أعطاها ذلك سألته أن تؤتى برأس يحيى بن زكرياء في طست ففعلت فجعلت تسقيه وتعرض له فلما أخذ فيه الشراب أرادها على نفسها فقالت لا أفعل حتى تعطيني ما أسألك قال ما تسأليني قالت أسألك أن تبعث إلى يحيى بن زكرياء فأوتى برأسه في هذا الطست فقال ويحك سليني غير هذا قالت ما أريد أن أسألك إلا هذا قال فلما أبت عليه بعث إليه فأتي برأسه والرأس يتكلم حتى وضع بين يديه وهو يقول لا تحل لك فلما أصبح إذا دمه يغلي فأمر بتراب فألقي عليه فرقى الدم فوق التراب يغلي فألقي عليه التراب أيضا فارتفع الدم فوقه فلم يزل يلقى عليه التراب حتى بلغ سور المدينة وهو في ذلك يغلي وبلغ صيحائين فنادى في الناس وأراد أن يبعث إليهم جيشا ويؤمر عليهم رجلا فأتاه بختنصر فكلمه وقال إن الذي كنت أرسلت تلك المرة ضعيف فإني قد دخلت المدينة وسمعت كلام أهلها فابعثني فبعثه فسار بختنصر حتى إذا بلغوا ذلك المكان تحصنوا منه في مدائنهم فلم يطقهم فلم ااشتد عليه المقام وجاع أصحابه أراد الرجوع فخرجت إليه عجوز من عجائز بني إسرائيل فقالت أين أمير الجند فأتي به إليها فقالت إنه
تاريخ الطبري [ جزء 1 - صفحة 347 ]
بلغني أنك تريد أن ترجع بجندك قبل أن تفتح هذه المدينة قال نعم قد طال مقامي وجاع أصحابي فلست أستطيع المقام فوق الذي كان مني فقالت أرأيتك إن فتحت لك المدينة أتعطيني ما أسألك فتقتل من أمرتك بقتله وتكف إذا أمرتك أن تكف قال لها نعم قالت إذا أصبحت فاقسم جندك أربعة أرباع ثم أقم على كل زاوية ربعا ثم ارفعوا بأيديكم إلى السماء فنادوا إنا نستفتحك يا الله بدم يحيى بن زكرياء فإنها سوف تتساقط ففعلوا فتساقطت المدينة ودخلوا من جوانبها فقالت له كف يدك اقتل على هذا الدم حتى يسكن فانطلقت به إلى دم يحيى وهو على تراب كثير فقتل عليه حتى سكن فقتل سبعين ألف رجل وامرأة فلما سكن الدم قالت له كف يدك فإن الله عز وجل إذا قتل نبي لم يرض حتى يقتل من قتله ومن رضي قتله
Demikianlah kondisi orang-orang terlaknat yang tidak menahan diri
untuk tidak membunuh nabi-nabi Allah. Bagaimana mereka tidak dilaknat?
Sedangkan Nabi-nabi Allah itu penyulut hidayah dan pemegang bendera
kebenaran dan Tauhid, sedangkan iblis terlaknat itu pembawa bendera
neraka dan panji-panji kekafiran serta syirik. (Dipetik dari
Al-Muwajahah as-Shiro’ ma’as Syaithon wa Hizbihi oleh Hasan Ahmad
Qothomisy, Darut Thibah Ar-Riyadh cet I, 1415H / 1995 M)
3. Isteri Al-Aziz serta Yusuf `alaihis salam
Allah subhanahu wata’ala berfirman:
وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ
وَغَلَّقَتِ الْأَبْوَابَ وَقَالَتْ هَيْتَ لَكَ قَالَ مَعَاذَ اللَّهِ
إِنَّهُ رَبِّي أَحْسَنَ مَثْوَايَ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ
الظَّالِمُونَ(23)وَلَقَدْ هَمَّتْ بِهِ وَهَمَّ بِهَا لَوْلَا أَنْ رَأَى
بُرْهَانَ رَبِّهِ كَذَلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاءَ
إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ(24)وَاسْتَبَقَا الْبَابَ
وَقَدَّتْ قَمِيصَهُ مِنْ دُبُرٍ وَأَلْفَيَا سَيِّدَهَا لَدَى الْبَابِ
قَالَتْ مَا جَزَاءُ مَنْ أَرَادَ بِأَهْلِكَ سُوءًا إِلَّا أَنْ يُسْجَنَ
أَوْ عَذَابٌ أَلِيمٌ(25)
“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggali di rumahnya menggoda
Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu,
seraya berkata: `Marilah ke sini, Yusuf berkata, Aku berlindung kepada
Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik. Sesungguhnya
orang-orang yang zhalim tidak akan beruntung.”
“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan
itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan
wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya.
Demikianlah, agar Kami memalingkan daripadanya kemungkaran dan kekejian.
Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.”
“Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik
baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati
suami wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata, Apakah pembalasan
terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain
dipenjarakan atau (dihukum) dengan azab yang pedih?” (QS Yusuf [12] : 23-25)
Firman Allah subhanahu wata’ala lagi:
فَلَمَّا رَأَى قَمِيصَهُ قُدَّ مِنْ دُبُرٍ قَالَ إِنَّهُ
مِنْ كَيْدِكُنَّ إِنَّ كَيْدَكُنَّ عَظِيمٌ(28)يُوسُفُ أَعْرِضْ عَنْ
هَذَا وَاسْتَغْفِرِي لِذَنْبِكِ إِنَّكِ كُنْتِ مِنَ الْخَاطِئِينَ(29)
“Maka tatkala suami wanita itu melihat baju gamis Yusuf koyak di
belakang berkatalah dia: Sesungguhnya (kejadian) itu adalah di antara
tipu daya kamu, sesungguhnya tipu daya kamu (wanita) adalah besar.”
“(Hai) Yusuf: Berpalinglah dari ini, dan (kamu hai isteri) mohon
ampunlah atas dosamu itu, karena kamu sesungguhnya termasuk orang-orang
yang berbuat salah.” (QS Yusuf [12] : 28-29)
Sesungguhnya kisah Yusuf ’alaihis salam adalah contoh
terbesar dalam menjelaskan konsentrasi iblis atas kalangan penguasa, dan
iblis menguasai mereka dari segi syahwat seks melalui wanita. Sampai
anak lelaki yang dibeli pun kemudian dirayu untuk menzinai isteri
tuannya. Allah menunjukkan bukti betapa iblis menggoda lewat wanita
terhadap manusia pilihan, yaitu Yusuf as, yang secara keturunan adalah
tertingi di kalangan para nabi. (Lihat hadits Nabi Muhammad saw dalam
Shahih Al-Bukhari, kitab al-anbiya’)
Karena Nabi Yusuf as adalah nabi, bin nabi, bin nabi, bin nabi. Yaitu
Nabi Yusuf as, bin Nabi Ya’qub as, bin Nabi Ishaq as, bin Nabi Ibrahim
as. Secara keteguhan agama, Yusuf yang dipelihara tuannya di Mesir itu
adalah calon nabi, yaitu orang yang dipercaya oleh Allah swt untuk
membawa risalah kepada umatnya. Namun orang yang luhur derajatnya secara
agama dan keturunan itupun diupayakan oleh Iblis untuk digarap, agar
terjerumus ke perbuatan nista, perzinaan; hanya saja Allah swt tetap
menyelamatkannya. Akibatnya Yusuf as dipenjarakan karena tak memenuhi
hasrat isteri penguasa itu. Jadi, orang yang menyelamatkan diri dari
perbuatan nista dan kotor, justru dipenjara.
Kisah ahsanal qoshosh, sebagus-bagusnya kisah itu difirmankan Allah
swt dalam satu surat khusus di Al-Qur’an, surat Yusuf, tentu agar
menjadi peringatan. Dengan membaca ayat-ayat tentang kisah itu tidak
perlu keterangan tambahan. Tetapi di sini tampak bagi kita gambaran dari
kalangan papan atas (at-thobaqotur rooqiyyah) di masa ribuan tahun
lalu, seakan-akan aksi jahat iblis lewat wanita itu adalah yang ada pada
hari ini pula, dengan leluasa dalam mengarahkan penyelewengan seks, dan
kecenderungan untuk menutup-nutupinya dari masyarakat. Dan inilah
pentingnya semua kisah itu. (Dari buku Hartono Ahmad Jaiz, Sumber-Sumber Penghancur Akhlaq Islam, Pustaka Nahi Munkar, Surabaya- Jakarta, 2010)
eramuslim.com
0 komentar:
Posting Komentar