Jumat, 12 Juli 2013

Misil Taepodong-2 Korut Mengancam AS

Foto : Uji coba misil Korut (Reuters)
Foto : Uji coba misil Korut (Reuters)
WASHINGTON - Salah satu senjata Korea Utara (Korut) yang ditakuti oleh Amerika Serikat (AS) adalah Misil Taepodong-2. Misil itu dinyatakan sebagai salah satu misil yang cukup kuat.

Laporan dari Pentagon menyebutkan bahwa negeri Komunis Korea baru saja membangun misil balistik antar benua (ICBM) Hwasong-13 dan Taepo Dong-2. Untuk saat ini, Korut masih melanjutkan risetnya guna mempercanggih TaepoDong-2.

Kedua misil itu diyakini bisa menggempur target sejauh 5.500 kilometer. Dan diklaim mampu menyerang Negeri Paman Sam yang letaknya jauh dari Korut.

"Mereka melanjutkan pembaharuan Taepodong-2 (TD-2) dan ICBM baru. Ini menunjukkan bahwa tekad Korut sangat kuat dalam membangun misil jarak jauh," demikian laporan dari Pentagon, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (11/7/2013).


"Korut sudah mengekspor sistem misil balistik itu, dan mereka dipastikan akan melanjutkan ekspor itu juga," lanjut laporan tersebut.

Seperti diketahui, beberapa pengamat militer di Korea Selatan (Korsel) sempat membuat prediksi mengenai perkembangan senjata Korut. Dalam lima tahun ke depan, misil-misil itu dipastikan sudah semakin kuat ketimbang saat ini.

Meski demikian, pengamat itu berpendapat pula bahwa perkembangan kekuatan Korut masih bisa dicegah bila dunia berhasil menjegal program nuklir negeri komunis itu. (AUL)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *