Sabtu, 22 Februari 2014

RI Diharapkan Jalin Kerjasama dengan Meksiko, Nigeria dan Turki



Tak diragukan lagi, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Hal itu ditegaskan lagi dalam rilis survei seorang ekonom senior Jim O Neil, yang mengelompokan Indonesia bersama tiga negara yang memiliki potensi serupa yakni Meksiko, Indonesia, Nigeria, dan Turki (MINT).



Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Armida Alisjahbana mengungkapkan, jika keempat negara yang termasuk dalam MINT ini mampu bekerja sama dengan maksimal maka bukan tidak mungkin MINT akan memiliki kekuatan ekonomi yang luar biasa ke depannya.

"Baru-baru ini ada istilah MINT yang dibuat oleh Jim O'Neil. Ada beberapa negara yang kaya akan hasil sumber daya alam. Kalau ada koordinasi yang baik ini luar biasa," tutur Amida dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (21/2/2014)

Armida menambahkan, keempat negara tersebut juga diuntungkan oleh letak masing-masing negara yang cukup strategis dalam jalur distribusi barang dan jasa. Ini juga, sebutnya, merupakan salah satu faktor pendukung.

"Kemudian posisi geografis keempat negara ini sangat strategis. Jim O'Neil melihat potensi keempat negara ini," terang dia.

Amida menerangkan, potensi tersebut dapat diwujudkan hanya apabila masing-masing negara dapat saling berkoordinasi. "Jangan lagi ada forum-forum internasional, sudah terlalu banyak. Kalau keempat negara ini berkoordinasi, ada tidak nilai tambah. Tapi, tawarannya harus jelas," pungkasnya.




0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *