Sabtu, 09 Maret 2013

AS: Kami mampu hadapi serangan Korut

Yesi Syelvia
AS: Kami mampu hadapi serangan Korut
Jay Carney, Sekretaris Pers Gedung Putih (RIA Novosti)

 Pemerintah Amerika Serikat (AS) berjanji untuk bertidak agresif dalam upaya mempertahankan diri jika Korea Utara (Korut) menyerang AS. Pernyataan tersebut datang setelah Pemerintah Korut mengancam akan menyerang AS dengan menggunakan nuklir.

"Saya beritahu kepada Anda semua, bahwa AS sepenuhnya mampu bertahan dari serangan rudal balistik Korut," ungkap Jay Carney, Sekretaris Pers Gedung Putih di hadapan sejumlah wartawan, seperti dilansir Vancouversun, Kamis (7/3/2013).

"Ancaman dan provokasi yang dilontarkan Korut terhadap AS hanya akan membuat mereka semakin terisolasi dari pergaulan masyarakat internasional. Ancaman itu juga merusak sejumlah upaya internasional untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas di kawasan," imbuh Carney.

Carney menyinggung pengembangan sistem pertahanan AS yang sengaja dirancang untuk menghadapi serangan rudal jarak jauh Korut. Diungkapkan, negaranya telah berhasil melakukan uji coba sistem pencegat misil yang berada dari darat.

David Wright dari persatuan ilmuwan AS mengatakan, sistem pencegat misil yang diletakan di darat itu mulai dikembangkan pada masa pemerintahan mantan Presiden George W. Bush. Saat itu, Bush sudah mulai menghawatirkan kemungkinan ancaman nuklir Korut.

Seperti diketahui, untuk wilayah darat, AS telah menempatkan sejumlah sistem pertahanan Misil Patriot di Asia Timur. Sedangkan di wilayah perairan, AS mengerahkan sistem Aegis yang dirancang untuk mecegat serangan rudal jarak pendek.


(esn)

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *