Jumat, 27 September 2013

Media Sekaliber CNN pun Palsukan Pernyataan Rohani

 Tapi saluran berita yang katanya sangat terpercaya itu telah menambah atau mengubah pernyataan Rohani ketika Christiane Amanpour bertanya tentang Holocaust.

Rohani diwawancarai CNN, 24/9/13
Saluran berita Amerika yang cukup didengar suaranya, CNN, telah memalsukan pernyataan Presiden Iran, Hasan Rohani dalam menanggapi pertanyaan tentang Holocaust.

CNN menayangkan wawancara dengan Rohani pada hari Selasa (24/9/13). Tapi saluran berita yang katanya sangat terpercaya itu telah menambah atau mengubah pernyataan Rohani ketika Christiane Amanpour bertanya tentang Holocaust.

Rohani berkata, "Saya telah mengatakan sebelumnya bahwa saya bukan sejarawan. Dan sejarawanlah yang harus menjelaskan, menyampaikan dan memperjelas aspek-aspek dari berbagai peristiwa bersejarah. Tapi secara umum, kami sepenuhnya mengutuk segala bentuk kejahatan yang dilakukan terhadap kemanusiaan sepanjang sejarah, termasuk kejahatan yang dilakukan oleh Nazi baik terhadap orang-orang Yahudi dan non Yahudi. Begitu pula jika hari ini kejahatan dilakukan terhadap suatu bangsa atau suatu agama atau satu kaum atau suatu keyakinan apapun; kami mengutuk kejahatan dan genosida itu. Oleh karena itu, apa yang dilakukan Nazi itu terkutuk, [tapi] aspek yang Anda bicarakan, klarifikasi tentang aspek-aspek itu, merupakan tugas para sejarawan dan peneliti. Saya bukan seorang pakar sejarah."

Tapi CNN menerjemah demikian, "Saya sudah mengatakan sebelumnya bahwa saya bukan ahli sejarah. Jadi ketika berbicara tentang dimensi Holocaust, sejarawan yang harus merefleksikannya. Tapi secara umum saya dapat memberitahu Anda bahwa kejahatan apa pun yang terjadi dalam sejarah terhadap kemanusiaan, termasuk kejahatan yang dilakukan Nazi terhadap orang Yahudi maupun non Yahuditercela dan terkutuk. Apapun kriminalitas yang mereka lakukan terhadap orang-orang Yahudi, kami mengutuknya; mengambil kehidupan manusia adalah terhina, tidak ada bedanya apakah kehidupan itu adalah kehidupan Yahudi, Kristen atau Muslim, bagi kami sama saja. Tapi mengambil kehidupan manusia adalah sesuatu yang ditolak agama kami. Tapi ini tidak berarti bahwa di sisi lain Anda dapat mengatakan bahwa Nazi sekarang melakukan kejahatan terhadap sebuah kelompok karena itu mereka harus merebut tanah kelompok lain dan menempatinya. Ini juga tindakan yang harus dikutuk. Harus ada diskusi yang seimbang."

Warna merah adalah bagian yang ditambahkan atau benar-benar diubah. Warna biru adalah produk konseptual dan terjemahan yang tidak tepat. Sementara warna merah yang digarisbawahi merupakan bagian terburuk rekayasa yang benar-benar mengubah apa yang dikatakan Presiden Rohani.

Setelah CNN merilis wawancara itu, ratusan kantor berita, TV dan saluran berita, website dan weblog menyiarkan judul ini: "Presiden Iran Rohani Sebut Kejahatan Tercela terhadap Yahudi" atau "Rohani Akui Holocaust sebagai Kejahatan terhadap Orang-Orang Yahudi".

Setelah Farsnews merilis hal ini, blog Christiane Amanpour di CNN menambahkan catatan editor dalam video itu dan mengatakan bahwa pihaknya hanya menampilkan kutipan wawancara dengan Presiden Iran. Tapi, catatan editor itu itu sama sekali tidak menjelaskan tujuan penambahan bagian-bagian yang jauh lebih penting (yang digarisbawahi) karena bagian itu benar-benar mengubah makna pernyataan Presiden. Juga, tidak jelas mengapa terjemahan kutipan lebih panjang dari petikan pernyataan Presiden Rouhani dalam video itu.[IT/FN/NAT]


Islam Times

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *