(The U.N. Threat to Internet Freedom)
Oleh: Robert McDowell
Pada 27 Pebruari 2012 proses diplomatik 
akan dimulai di Jenewa yang dapat menghasilkan pakta baru yang 
memberikan kepada PBB kekuasaan yang belum pernah terjadi sebelumnya 
atas Internet. Puluhan negara, termasuk Rusia dan China, mendorong keras
 untuk tercapainya pakta ini pada akhir tahun. Sebagaimana Perdana 
Menteri Rusia, Vladimir Putin mengatakan pada bulan Juni lalu, tujuan 
negaranya dan sekutu-sekutunya adalah untuk membentuk "pengawasan 
internasional melalui Internet" melalui Uni Telekomunikasi Internasional
 (ITU), sebuah organisasi berbasis perjanjian yang berada di bawah 
naungan PBB.
Jika berhasil, usulan peraturan baru ini
 akan mengakhiri kemajuan rezim Internet yang telah ada sejak tahun 
1988. Pada tahun itu, sejumlah  orang delegasi dari 114 negara berkumpul
 di Australia untuk menyetujui sebuah perjanjian yang menetapkan babak 
liberalisasi telekomunikasi internasional yang dramatis. Ini merupakan 
pemisahan Internet dari regulasi ekonomi dan teknis yang dengan cepat 
menjadi cerita sukses terbesar sepanjang masa dalam bidang deregulasi.
Sejak lahirnya Internet, insinyur, 
akademisi, kelompok pengguna dan yang lainnya telah bersama-sama lapis 
bawah lembaga swadaya masyarakat untuk tetap mengoperasikan dan 
mengembangkannya melalui apa yang dikenal sebagai model otoritas 
"multi-stakeholder". Konsensus ini mendorong pendekatan sektor swasta 
yang telah menjadi kunci keberhasilan fenomenal Internet.
Pada tahun 1995, tak lama setelah 
diprivatisasi, hanya 16 juta orang menggunakan internet di seluruh 
dunia. Pada tahun 2011, lebih dari dua miliar pengguna - dan setiap hari
 jumlahnya terus bertambah setengah juta. Pertumbuhan eksplosif ini 
sebagai akibat langsung dari kebijakan pemerintah yang umumnya tidak 
mempengaruhi ranah Internet.
Akses internet, terutama melalui 
perangkat mobile berakibat memperbaiki kondisi manusia lebih cepat dan 
lebih mendasar - daripada teknologi lainnya dalam sejarah. Tidak ada 
yang lebih cocok daripada di negara berkembang, di mana teknologi 
internet yang bebas memperluas kegiatan ekonomi dan meningkatkan standar
 kehidupan.
Petani yang tinggal jauh dari pasar 
sekarang dapat menemukan pembeli untuk tanaman mereka melalui perangkat 
internet mobile tanpa mereka berhubungan dengan memikul risiko dan biaya
 perjalanan dengan barang-barang mereka. Orang tua yang khawatir karena 
anaknya sakit dapat melakukan online untuk mencari obat untuk anak 
mereka. Dan para pendukung kebebasan politik lebih mampu untuk berbagi 
informasi dan mengatur dukungan untuk mendobrak dinding tirani.
Internet juga menjadi pencipta jaringan 
pekerjaan. Sebuah penelitian McKinsey baru-baru ini menemukan bahwa 
untuk setiap pekerjaan yang terganggu oleh konektivitas Internet, 2,6 
lapangan kerja baru diciptakan. Bukan suatu kebetulan bahwa perkembangan
 luar biasa berkembang seperti Internet yang jauh dari kontrol 
pemerintah.
Namun, hari ini Rusia, Cina dan sekutu 
mereka dan 193 negara anggota ITU meminta untuk menegosiasikan kembali 
perjanjian 1988 untuk memperluas jangkauannya ke daerah yang sebelumnya 
tidak diatur. Bahkan ketika membaca sebagian daftar proposal yang dapat 
dikodifikasikan ke dalam hukum internasional dalam bulan Desember 
mendatang pada sebuah konferensi di Dubai, isinya mengerikan a.l.:
- Menundukkan keamanan dunia maya dan data pribadi kepada kontrol internasional;
 - Memungkinkan perusahaan telepon asing untuk membebankan biaya untuk lalu lintas Internet "internasional", bahkan mungkin secara "per klik" untuk Situs tujuan tertentu, dengan maksud menghasilkan pendapatan dan kas pemerintah bagi negara pemilik perusahaan telepon;
 - Mengenakan peraturan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti kewenangan untuk menentukan harga, untuk saat ini traffic-swapping dimana syarat dan kondisinya tidak diatur dalam perjanjian yang kita kenal sebagai "peering."
 - Menetapkan untuk pertama kalinya kekuasaan ITU atas fungsi penting kewenangan entitas multi-pihak internet seperti Korporasi Internet yang Menyediakan Nama dan Nomor, entitas nirlaba yang mengkoordinasikan alamat situs dunia seperti .com dan .org
 - Memasukkan di bawah kendali antar pemerintah berbagai fungsi Satuan Tugas Teknis Internet, Masyarakat Internet dan kelompok multi-pihak yang menetapkan standar rekayasa dan teknis yang memungkinkan bekerjanya Internet;
 - Mengatur tarif pelaksanaan internasional mobile roaming.
 
Banyak negara di dunia berkembang, 
termasuk India dan Brazil, sangat tertarik dengan ide ini. Meskipun 
teknologi berbasis internet ini telah meningkatkan kehidupan miliaran 
orang di mana-mana, beberapa pemerintah merasa tersisihkan dan ingin 
melakukan kontrol lebih banyak lagi.
Dan jujur saja, kekuatan rezim penguasa 
terancam oleh protes keras rakyat yang meminta kebebasan politik yang 
diberdayakan melalui sambungan internet secara bebas. Mereka telah 
membentuk koalisi yang mengagumkan, dan upaya mereka telah berkembang 
secara signifikan.
Dengan mengatakan "tidak" terhadap 
setiap perubahan dalam struktur kewenangan internet saat ini, mungkin 
sekali akan menjadi sebuah usulan kekalahan. Strategi yang akan berhasil
 bagi para pendukung kebebasan dan kesejahteraan internet setiap bangsa,
 maka harus mendorong dialog antara semua pihak yang berkepentingan, 
termasuk pemerintah dan ITU, untuk memperluas payung multi-pihak dengan 
tujuan untuk mencapai konsensus dalam mengatasi masalah secara layak. 
Sebagai bagian dari informasi ini, kita harus menggarisbawahi bahwa 
manfaat yang luar biasa telah dihasilkan oleh negara berkembang berkat 
Internet yang dilakukan melalui multi-pihak model.
Sampai berakhirnya model ini dan 
digantikan dengan perjanjian peraturan internet baru, maka cenderung 
pendapatnya terbagi, beberapa negara pasti akan memilih keluar. 
Balkanisasi Internet akan menghancurkan perdagangan bebas global dan 
kedaulatan nasional. Ini akan mengganggu pertumbuhan Internet dan yang 
paling parah di negara berkembang, tetapi juga secara global dalam 
bidang teknologi, karena terpaksa harus meminta izin birokrasi dalam 
melakukan inovasi dan investasi. Hal ini juga akan merusak perkembangan 
teknologi lintas batas baru, seperti cloud computing.
Lapis peraturan internasional yang 
top-down dan terpusat adalah bertentangan dengan arsitektur dari 
Internet, yang merupakan jaringan global dari jaringan tanpa batas. 
Tidak ada pemerintah, apalagi badan antar-pemerintah, Internet bisa 
membuat teknik dan keputusan ekonomi dalam waktu kilat-cepat. 
Produktivitas, meningkatnya standar hidup dan penyebaran kebebasan 
dimana-mana, terutama di negara berkembang, akan terhenti karena teknik 
dan keputusan bisnis secara politik menjadi lumpuh karena berada dalam 
pengawasan badan global.
Setiap upaya untuk memperluas kekuasaan 
antar pemerintah atas masalah internet, seberapa banyak tambahan atau 
yang nampaknya tidak berbahaya - harus dikembalikan. Modernisasi dan 
reformasi dapat menjadi konstruktif, tetapi tidak akan berhasil jika 
akhirnya adalah sebuah birokrasi global baru yang berangkat dari model 
multi-pihak. Bangsa yang maju harus menarik garis di pasir terhadap 
peraturan baru saat menyambut reformasi yang dapat mencakup peran 
non-regulatory untuk ITU.
Kekuatan yang pro-peraturan, sejauh ini,
 jauh lebih bersemangat dan teratur dibandingkan mereka yang mendukung 
pendekatan multi-pihak. Peraturan pendukung hanya perlu untuk 
mengamankan mayoritas sederhana dari 193 negara anggota untuk menyusun 
agenda mereka yang radikal dan kontra-produktif. Tidak seperti Dewan 
Keamanan PBB, tidak ada negara yang bisa menggunakan hak veto dalam 
proses ITU. Dengan pemikiran ini, terdapat beberapa perkiraan bahwa 
sekitar 90 negara dapat mendukung peraturan-internet antar pemerintah – 
mayoritas tidak lebih dari tujuh.
Sementara waktu berharga berlalu, 
Amerika Serikat belum menunjuk seorang pimpinan untuk melakukan 
negosiasi dalam perjanjian tersebut. Kita harus bangun dari tidur kita 
dan terlibat sebelum jauh terlambat. Tidak hanya perkembangan ini yang 
memiliki potensi untuk mempengaruhi kehidupan sehari-hari semua orang 
Amerika (dan Indonesia-pent.), mereka juga mengancam kebebasan dan 
kemakmuran manusia di seluruh dunia.
Diterjemahkan oleh: akhirzaman.info
Sumber; online.wsj.com
Sebaiknya PBB tidak membatasi kebebasan Internet, yang dibatasi hendaknya virus komputer yang melalui jaringan internet, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com