Senin, 24 November 2014

Pesawat Mata-Mata Swedia Tertangkap Terbang di Dekat Kaliningrad

S102B Korpen2
Sebuah pesawat IVSP Elektronik Intelijen Gulfstream Angkatan Udara Swedia bisa dilacak saat terbang di wilayah udara dari Kaliningrad Oblast. Di tempat ini sejulah pangkalan paling aktif Rusia berada.

Angkatan Udara Swedia mengoperasikan sepasang S102B Korpen yang dimodifikasi dari pesawat Gulfstream IVSP digunakan untuk melakukan misi ELINT (Electronic Intelligence. Pesawat ini dilengkapi dengan sensor yang mampu untuk menguping, mengumpulkan dan menganalisis emisi elektronik musuh. Jet Korpen melakukan misi pengawasan rutin di Laut Baltik, terbang tinggi dan cepat di wilayah udara internasional dekat dengan area of interest.
Seperti yang dilaporkan bulan lalu, spyplanes Swedia hampir selalu dicegat oleh jet tempur bersenjata Rusia pada Reaksi Cepat Siaga di pangkalan udara Rusia di Kaliningrad eksklave. Rusia Su-27 Flanker bahkan telah menjadi sedikit agresif seperti yang dibuktikan oleh insiden itu terjadi pada 16 Juli, ketika interceptor Angkatan Udara Rusia terbang hanya bejarak 10,7 meter dari pesawat tersebut.
Tidak seperti pesawat pembom Rusia dan spyplanes, yang sering beroperasi dengan transponder mereka dimatikan, Swedia Gulfstream IV memiliki transponder yang tetap dihidupkan dan teratur memberikan update pada posisi mereka ke kontrol lalu lintas udara sipil yang relevan lembaga di sepanjang rute mereka.
S102B Korpen Angkatan Udara Swedia
S102B Korpen Angkatan Udara Swedia

Ini berarti bahwa mereka bahkan dapat dipantau selama misi mereka, seperti yang terjadi pada hari Jumat 21 November, ketika salah satu Korpen bisa dilacak berkat ADS-B menggunakan Planefinder.net saat terbang beberapa racetracks di Laut Baltik.
Yang perlu diperhatikan, pesawat yang dioperasikan antara Lithuania dan Kaliningrad Oblast, yang terakhir, dengan pangkalan udara Rusia, menjadi yang paling mungkin salah satu sasaran spyplane tersebut.

Sumber: The Aviationist : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *