Senin, 17 November 2014

Siapa yang Kuasai Perairan Indonesia, Kuasai Skenario Perang Dunia III

Penulis : Leo Kusuma

Di era Soekarno, Indonesia pernah mengoperasikan sebanyak 12 unit kapal selam kelas Whiskey buatan Uni Soviet. Sebagai negara yang belum lama merdeka, sangat tidak lazim memiliki kapal selam. Tidak seperti sekarang, kapal selam di masa itu lebih banyak dioperasikan secara manual. Hanya negara-negara besar yang mampu mengoperasikannya. 

Sebesar apa ancaman atas pertahanan Indonesia di masa itu. Laksaman M. Arifin menerangkan, ancaman kita sangat besar sekali, terutama dari laut. Perairan Indonesia terlihat tenang di atasnya, tetapi penuh gejolak di bawahnya. Di udara, sering melintas pesawat pengintai U-2. Kemudian di bawah permukaan air sering berkeliaran kapal selam asing. Siapapun yang kuasai perairan republik Indonesia, akan menguasai skenario Perang Dunia III. 
 
Guru di sekolahmu mungkin cuma menceritakan Indonesia sebagai negara yang mempertemukan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Tetapi di sinilah letak ancaman yang sesungguhnya.  Soeharto bisa dikatakan tidak terlalu tunduk dengan Amerika. 
 
Jika tidak, Amerika lebih memilih mendirikan pangkalan US Navy di Natuna, ketimbang di Subic dan Clark, Filipina. Soeharto pula yang disebutkan mengajak negara-negara ASEAN untuk menolak kehadiran kapal militer nuklir di perairan Asia Tenggara. Penguasaan perairan RI akan lebih sempurna dengan penguasaan atas matra bawah air (submarine).
 
Sumber:http://www.theglobal-review.com/content_detail.php?lang=id&id=16634&type=100#.VGmUEMmIqDE

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *