Senin, 24 November 2014

[VIDEO] Terkuak! Inilah Bumbu Kentang Goreng McDonald Yang Bikin Gempar


junk food header

Terkuak! Inilah Bumbu Kentang Goreng McDonald Yang Bikin Gempar!

bahaya kentang goreng mcd mc donald
(oleh: Michelle Schoffro “Cook“)
Pastinya cukup adil dan nyata untuk menganggap bahwa hanya ada tiga bahan utama pada kentang goreng (french fries) di McDonald, yaitu: kentang, minyak, dan garam. Tetapi Anda bisa berasumsi bahwa apa yang Anda yakini itu akan jauh dari kenyataan dan kebenarannya.
Mulai tahun lalu McDonald mulai berkampanye tentang produknya dan lebih transparan, mungkin untuk menciptakan citra yang lebih baik tentang produknya yang akan terlihat jauh lebih sehat dan konsumen diharapkan sadar tentang perusahaannya itu.
Akibatnya perusahaan telah membuat daftar bahan dan teknik pengolahan yang tersedia di situs web mereka. Karena penasaran, saya harus tahu persis apa sih yang ada dikentang goreng mereka.
Ternyata ada 17 bahan dalam kentang goreng McD ! Mereka mengandung:
1. Kentang (potatoes), (Wah! Aku senang itu adalah bahan pertama)
2. Minyak Kanola (Canola oil), nyaris seluruh minyak canola kini adalah rekayasa genetik GMO.
3. Minyak kedelai terhidrogenasi (Hydrogenated soybean oil), seperti minyak canola, minyak kedelai terkini diekstrak dari kedelai hasil rekayasa genetik (GMO). Ditambah proses hidrogenasi membuat minyak lebih jenuh dari itu akan tetap berbentuk alami, namun sangat tidak sehat.
4. Minyak Bunga Kesumba (Safflower oil), yang diyakini sebagai minyak goreng sehat, namun sayangnya minyak ini dipanaskan sampai suhu tinggi dan jauh sebelumnya pernah digunakan secara berulang-ulang yang menyebabkan secara kimiawi menjadi berubah akibat dari panas yang terus menerus itu dan menjadi sumber peradangan dalam tubuh ketika dikonsumsi.
5. Rasa alami (Natural flavor), rasa alami McDonald itu tampaknya diperoleh dari sumber nabati, tetapi kata alami” berarti ada sesuatu yang disembunyikan, karena dapat berpotensi mengandung glutamat dan meracuni otak- brain-toxin monosodium glutamate (MSG)
6. Dextrose, sejenis gula.
7. Asam sodium pirofosfat (Sodium acid pyrophosphate), adanya bahan sodium rupanya juga digunakan untuk mempertahankan warna kentang goreng. Pada lembar data keamanan industri kimia AS sendiri zat ini terdaftar sebagai bahan berbahaya untuk dikonsumsi! Tapi zat itu ternyata justru terdapat di dalam apa yang Anda sering makan, jika anda memakan kentang goreng McD.
8. Asam Sitrat (Citric acid), zat asam ini digunakan sebagai pengawet.
9. Dimetil poli-siloksan (Dimethylpolysiloxane), digunakan sebagai bahan anti-berbusa (anti-foaming agent), adalah bahan kimia industri berbahaya ini biasanya digunakan dalam dempul (caulking) dan lem kaca (sealant) dan dilengkapi dengan sederet daftar dalam masalah keamanan dan kesehatan makanan!
10. Minyak Sayur untuk menggoreng (Vegetable oil for frying), yang beberapa diantaranya merupakan pengulangan bahan-bahan atau yang juga mengandung atau yang merupakan perpaduan dari 7 bahan diatas sebelumnya, yaitu:
11. Minyak kanola (canola oil)
12. Minyak jagung (corn oil)
13. Minyak kedelai (soybean oil)
14. Asam sitrat (citric acid)
15. Dimetil poli-siloksan (dimethylpolysiloxane).
16. Minyak kedelai terhidrogenasi (hydrogenated soybean oil), yang didalamnya juga mengandung:
17. Terbutil-hidroquinon (tert-butylhydroquinone / TBHQ)
bahaya potato chip Mc Donald 2Kami telah membahas dan meneliti sebagian besar dari bahan-bahan tersebut diatas. Minyak jagung, seperti canola dan kedelai serta sejenisnya, terutama pada masa sekarang telah dibuat dari rekayasa genetik jagung (GMO corn).
Sedangkan TBHQ adalah butana (ya, itu bahan cairan untuk korek gas!) Bahan berbasis minyak bumi yang digunakan sebagai pengawet!
Bahan ini telah dikaitkan dengan penyakit asma, membuat efek kondisi kulit memburuk, gangguan hormon, dan pada hewan percobaan dalam jangka panjang menyebabkan kanker dan kerusakan DNA!
Dengan terbuktinya bahwa kentang goreng McDonald berisi zat berbahaya yang telah dirilis oleh pihaknya sendiri, maka bertentangan dengan apa yang telah McDonald mengklaim dalam slogan mereka, dan kini justru lebih tepat menjadi: I’m NOT lovin’ it!
Dalam video dibawah ini (berbahasa Inggris), Michael Pollan seorang penulis buku “Cooked”, menceritakan kisahnya yang mengerikan tentang bagaimana kentang goreng McDonald dibuat. Untuk mempersingkat silahkan loncat ke menit 3:10 di video, maka Anda akan terkejut. (by Michelle Schoffro Cook/ berbagai sumber/ Google keywords: Shocking Ingredients in McDonald’s French Fries).
Lampiran, 37 halaman (PDF):
Nutrition.mcdonalds.comMcDonald’s USA Ingredients Listing for Popular Menu Items
bahaya potato chip Mc Donald
bahaya kentang goreng mcd mc donald banner
 
 Sumber: http://indocropcircles.wordpress.com/2014/11/21/inilah-bumbu-kentang-goreng-mcdonald-yang-bikin-gempar/

VIDEO: How Cooking Can Change Your Life – Michael Pollan
 

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *