Selasa, 13 Januari 2015

Soal Mistral, Moskow Mulai Resmi Bereaksi


mistral lagi

MOSKOW: Setelah sebelumnya memilih untuk berdiam diri, Rusia akhirnya mulai bereaksi secara nyata terkait kapal amfibi kelas Mistral yang tidak juga dikirim oleh Prancis. Moskow telah mengirimkan tim resmi Paris untuk meminta penjelasan tentang masalah tersebut.
Seorang pejabat tinggi  Russian Defense Ministry’s Federal Service for Military-Technical Cooperation (FSMTC) Selasa (13/01/2014) mengatakan. “FSMTC telah mengirimkan penyelidikan ke DGA [Direction Generale de l’Armement] untuk menerima tanggapan resmi terhadap masalah ini,” kata pejabat itu kepada RIA Novosti atau Sputnik News Agency.
Pejabat itu mengatakan bahwa Rusia tidak bisa menerima penjelasan lisan dari politisi bahkan oleh seorang presiden sekalipun. Pihaknya tetap  meminta penjelasan secara formal sebagai bahan untuk mengambil sikap selanjutnya.

“Dalam rangka untuk mengambil tindakan lebih lanjut, beralih ke pengadilan atau memberikan Prancis lebih banyak waktu [untuk mematuhi], Rusia harus memiliki penjelasan tertulis dari situasi ini,” kata pejabat itu.
Menurut ketentuan kontral senilai 1,5 miliar Dollar Amerika yang ditandatangani pada Juni 2011, Angkatan Laut Rusia harus menerima dua kapal operator helikopter kelas Mistral. Kapal pertama, Vladivostok harus dikirim pada November 2014. Namun, Presiden Prancis Francois Hollande menahan pengiriman karena tudingan peran Rusia dalam krisis Ukraina yang sedang berlangsung.
Moskow telah berulang kali membantah keterlibatannya dalam konflik Ukraina dan memperingatkan Paris yang akan menghadapi hukuman besar harus itu gagal memenuhi kewajiban kontraknya.



Sumber: Sputnik:Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *