Kamis, 04 Desember 2014

Pangkalan Militer Rusia di Crimea Benar-benar Bikin NATO Gerah

crimea1

Para menteri luar negeri dari 28 negara NATO dan Ukraina   mengutuk pembangunan militer Rusia di Crimea dan apa yang mereka sebut “destabilisasi yang disengaja” Rusia di Ukraina timur. “Kami mengutuk pembangunan militer Rusia di Crimea,” kata para menteri dalam satu pernyataan setelah pertemuan di Brussels Selasa 2 Desember 2014.
“Kami juga prihatin dengan rencana yang menyatakan bahwa Rusia akan lebih lanjut melakukan pembangunan militer di Laut Hitam.” Para menteri mengutuk keras “keberlanjutan dan destabilisasi sengaja Ukraina timur yang melanggar hukum internasional, termasuk penyediaan tank-tank, memajukan sistem pertahanan udara dan senjata-senjata berat lainnya kepada kelompok separatis” oleh Rusia.
Sebelumnya, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg Senin menuduh Rusia melanggar kesepakatan gencatan senjata di Ukraina timur dengan mengirimkan persenjataan canggih dalam jumlah banyak kepada para separatis pro-Rusia itu. (BACA:INILAH TAMPILAN 14 JET TEMPUR RUSIA DI PANGKALAN CRIMEA)

Ukraina mengatakan, Minggu, iring-iringan 106 kendaraan telah memasuki wilayah timurnya dari Rusia tanpa izin dari Kiev.
Ukraina menuduh Moskow menggunakan kesempatan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk memasok senjata dan amunisi kepada para pemberontak separatis.
“Kami melihat adanya penambahan militer di dalam dan di sekitar Ukraina,” kata Stoltenberg saat jumpa pers. “Pengiriman persenjataan canggih Rusia dalam jumlah besar, peralatan dan personel militer kepada para separatis yang brutal.” Moskow membantah menggunakan iring-iringan itu untuk mengirimkan persenjataan dan menolak tuduhan Barat bahwa Rusia sedang mempersenjatai para pemberontak serta mengirimkan para petempur untuk membantu mereka.

Rusia sebaliknya menuding Barat dan Kiev melakukan kekerasan tanpa pandang bulu di wilayah-wilayah timur, yaitu Luhansk dan Donetsk.


Sumber: Ria Novosti:Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *