Jumat, 12 Desember 2014

Penyebaran Pesawat di Pasifik, Bukti China Bisa Ancam Guam


Bomber China H-6 yang terdeksi terbang ke Pasifik 6 Desember 2014
Bomber China H-6 yang terdeksi terbang ke Pasifik 6 Desember 2014

BEIJING: Jepang melaporkan pada 6 Desember 2014 lima pesawat militer China terdeteksi terbang di atas daerah antara pulau utama Okinawa dan Miyako. Pergerakan lima pesawat ini oleh para pakar militer sebagai bentuk kemampuan China untuk memberi ancaman ke Guam.
Komentator militer China Li Xiaojian mengatakan jet mungkin berangkat ke Pasifik Barat untuk mengambil bagian dalam latihan angkatan laut dan udara berskala besar, di mana kapal-kapal angkatan laut China juga berpartisipasi. Hal ini juga menandakan bahwa China memiliki kemampuan tempur bersama menggabungkan kekuatan angkatan laut dan udara.
Y-8 yang juga ikut disebarkan ke Pasifik
Y-8 yang juga ikut disebarkan ke Pasifik

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pesawat mata-mata Y9, dua pesawat peringatan dini Y8, dan dua pembom H6 telah terbang ke selatan melalui Laut Cina Timur dan menuju ke sekitar pulau utama Okinawa sebelum memasuki lautan Pasifik Barat. Mereka kemudian terbang kembali di atas Laut China Timur. Sebagai tanggapan, beberapa pesawat Bela Diri Angkatan Jepang terbang untuk mengawal mereka. Namun, pesawat militer Cina tidak melanggar wilayah udara Jepang. 

Ini adalah pertama kalinya dalam sembilan bulan bahwa pesawat militer China telah membuat penerbangan antara Laut China Timur dan Pasifik setelah melewati daerah antara pulau utama Okinawa dan pulau Miyako. Ini juga pertama kalinya sejak 3 Oktober bahwa Jepang telah merespon.

Li mengatakan pesawat Y-9 dilengkapi dengan sistem pengintaian elektronik canggih yang memungkinkan untuk mendeteksi dan target mencegat udara dan laut. Pesawat Y-8 adalah salah satu pesawat militer dan sipil transportasi / kargo paling populer yang mampu membawa pasukan, menjatuhkan pasokan, melakukan droping penerjun, dan berfungsi sebagai ambulans udara. Kapal-kapal Y-6 dan air permukaan menjadi platform untuk peluncuran rudal serangan.
Analis militer lainnya mengatakan bahwa dilihat dari foto-foto latihan militer, H-6 dilengkapi dengan rudal jelajah dan memiliki kemampuan meluncurkan serangan udara. H-6 dapat membawa muatan 9.000 kilogram, termasuk berbagai rudal udara-ke-darat atau udara-ke-kapal serta bom yang dijatuhkan.
Pembom H-6 bisa menimbulkan ancaman bagi armad AS armada dan pangkalan darat di Laut China Selatan, Laut China Timur, Semenanjung Korea, dan pangkalan militer AS di Jepang dan Guam, menurut analis. (REY)

Sumber: Want China Times: Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *