Senin, 15 Desember 2014

Jin China Siap Gentayangan


Kapal selam kelas Jin
Kapal selam kelas Jin

BEIJING: Kapal selam bertenaga nuklir China kelas Jin Tipe 094 Jin sudah bisa melakukan misi patroli strategis pertama mereka pada akhir tahun ini.  Kapal selam ini memungkinkan China untuk memiliki kemampuan yang lebih besar dalam menanggapi serangan nuklir, 50 tahun setelah uji coba nuklir pertama negara itu.
Mengutip Bloomberg, Want China Times melaporkan Sabtu (13/12/2014), dengan orang-orang kapal selam strategis baru di tangan, Xi Jinping berharap untuk mengakhiri apa yang dia sebut “perang dingin” yang memungkinkan AS untuk mendominasi keamanan Asia-Pasifik. Untuk mencegah China dari kehancuran oleh serangan nuklir pertma, petinggi China difokuskan pada pengembangan lagi rudal balistik.
Nicolas Giacometti, seorang analis dari Pusat Studi Strategis dan Internasional mengatakan bahwa memang pertama kalinya dalam sejarah bahwa senjata nuklir China akan kebal terhadap serangan pertama. Ini adalah lompatan terakhir sebelum kemudian menuju pada kemampuan membalas serangan juga dengan nuklir. Felix Chang dari Foreign Policy Research Institute di Philadelphia mengatakan bahwa strategi nuklir pertahanan China direkayasa untuk memberikan kemampuan pembalasan jika terjadi serangan dari kekuatan nuklir.
Hanya rudal balistik China dengan kisaran yang cukup untuk memukul daratan AS sebelum 2006 adalah, DF-5A berbahan bakar cair. Mereka dianggap rentan karena bahan bakar membutuhkan waktu beberapa jam di mana rudal harus tetap dalam silo-nya. Tidak memiliki sarana yang tepat untuk membela mereka dari serangan AS. Hingga rudal ini masih diremehkan negara lain.

Kapal selam China tengah berpatroli
Kapal Selam China Tengah Berpatroli


Tetapi semua berubah pada tahun 2006 ketika China memperkenalkan rudal balistik berbasis darat DF-31A yang memiliki jangkauan 6.959 mil. Rudal yang berbahan bakar padat, sehingga mereka bisa dipecat segera jika hulu ledak dipasang, menurut Giacometti. Adapun kapal selam Jin-kelas, masing-masing dapat membawa 12 JL-2 rudal dengan jangkauan 4.598 mil. Ketika dipecat dari perairan timur dari Hawaii, JL-2 bisa mencapai semua target di daratan Amerika Serikat. (BACA: KAPAL SELAM CHINA BISA HANCURKAN AMERIKA)
Malcolm Davis dari Bond University di Australia mengatakan bahwa masih akan menjadi tantangan besar bagi kapal selam Jin-kelas untuk menembakkan rudal mereka dari Hawaii saat menghadapi kemampuan anti-kapal selam AS. Namun, Tipe 094 kapal selam lebih sulit untuk ditemukan daripada kapal selam China lainnya karena dapat tinggal di bawah air untuk jangka waktu yang lama. Tweed mengatakan bahwa Angkatan Laut China saat ini memiliki tiga kapal selam Jin dan akan menambah dua lagi hingga 2020. (VIT)
Lebih detil tentang kemampuan Kapal Selam Kelas Jin Silahkan baca DI SINI

Sumber: Want China Times : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *