Senin, 08 Desember 2014

Mirip Minum Obat, Sehari 3 Kali NATO Cegat Pesawat Rusia

TU-22
TU-22
Jet Rusia terbang di atas Laut Baltik yang sangat dekat dengan perbatasan Latvia pada Minggu (08/12/2014) hingga NATO kemudian mengirimkan jet tempur untuk menghalau pesawat Rusia agar menjauh.
Intensitas penerbangan pesawat Rusia pada hari tersebut kembali meningkat tajam. Hanya dalam satu hari terjadi tiga insiden pencegatan pesawat Rusia oleh NATO.
Munculnya jet Rusia atas Baltik  setelah Norwegia merilis video pengawalan F-16 Norwegia terhadap pesawat Rusia dengan sangat dekat.
Pencegatan pertama pada hari Minggu terjadi pada Minggu malam waktu Latvia, F-16 NATO  yang  ditempatkan di Baltik sebagai bagian dari operasi pengawasan udara NATO mencegat enam  jet Rusia menyusuri ruang udara Latvia. Dalam rombongan itu termasuk empat pembom Tupelov Tu-95 dan dua Tu-22 .
Dalam insiden kedua dilaporkan oleh militer Latvia sekitar dua jam setelah yang pertama, jet tempur Hornet Kanada lepas landas untuk mengejar empat pesawat Rusia. Jet Rusia saat ini termasuk tiga Tupelov Tu-134  yang sebenarnya merupakan pesawat komersial. Namun Tu-134,  sudah pensiun sebagai maskapai penerbangan jet komersial pada tahun 2012, setelah kecelakaan tahun sebelumnya yang menewaskan 47 orang.  Dalam kelompok itu juga ada  Antonov An-72 jet transportasi, yang biasa digunakan oleh Angkatan Udara Rusia.

 Tu-134
Tu-134

Pertemuan terakhir antara jet Rusia dan jet  NATO berlangsung beberapa saat setelah kejadian pertama  ketika pesawat NATO mencegat dua Tu-134 dan satu AN-72.
Semua insiden terjadi di atas perairan netral di Laut Baltik. Baltik telah menjadi tempat puluhan pertemuan udara antara jet Rusia dan pejuang NATO sepanjang 2014, dalam apa yang para ahli militer sebagai kembalinya era perang dingin. (VIT)


Sumber: inquisitor : Jjejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *