Senin, 15 Desember 2014

NATO Bantu Inggris Buru Kapal Selam Misterius


Di daerah ini sebuah periskop kapal selam tampak. Padahal seharusnya kapal selam saat berada di tempat ini akan muncul ke permukaan

Di daerah ini sebuah periskop kapal selam tampak. Padahal seharusnya kapal selam saat berada di tempat ini akan muncul ke permukaan

LONDON: Sekutu NATO mengirim pesawat patroli untuk membantu Inggris menjelajahi perairan lepas pantai Skotlandia barat setelah periskop kapal selam misterius.
Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) mengatakan telah menerima bantuan dari sekutu NATO dalam operasi, namun menolak untuk masuk ke rincian lebih lanjut. Laporan yang mencari berlangsung pada akhir November dan awal Desember, yang pertama kali muncul di Aviation Week, terjadi di tengah ketegangan antara kekuatan Barat dan Rusia atas perannya dalam krisis Ukraina.
Sebuah skuadron kapal perang Rusia memasuki Selat Inggris bulan lalu dan Swedia mengatakan memiliki bukti kapal selam asing beroperasi secara ilegal di perairan pada bulan Oktober 2014.
skotlandia


Sebuah periskop terlihat di perairan di mana kapal selam Angkatan Laut biasanya muncul permukaan saat mereka menuju atau keluar dari pangkalan di Faslane, rumah untuk penangkal nuklir Inggris, Aviation Week melaporkan.
Dikatakan pesawat dari Perancis, Amerika Serikat dan Kanada terlibat dalam pencarian.
“Mitra NATO telah memberikan bantuan untuk pengoperasian pesawat udara patroli maritim dari RAF Lossiemouth untuk jangka waktu terbatas dengan Royal Navy. Kami tidak membahas detail dari operasi maritim,” kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan Selasa (08/12/2014).
Inggris tidak memiliki pesawat khusus maritim patroli sendiri sejak scrapping Program Nimrod sebagai bagian dari tinjauan pertahanan pada tahun 2010.
Kementrian Pertahanan tidak mengkonfirmasi pesawat sedang mencari kapal selam atau ketika operasi berlangsung. Aviation Week mengatakan tidak jelas apakah kapal selam yang diburu memasuki wilayah perairan Inggris.
Kekuatan pertahanan Estonia kata kementerian luar negeri negara itu telah memanggil duta besar Rusia untuk memprotes setelah sebuah pesawat militer Rusia memasuki wilayah udara Estonia pada Selasa. Jet tempur dari misi pengamanan udara Baltik NATO melakukan beberapa penyadapan dari pesawat militer Rusia di wilayah udara internasional atas laut Baltik dan lepas pantai Norwegia pada kedua hari Senin dan Minggu.
Kapal selam misterius juga sempat terdeteksi di Swedia Oktober 2014

Kapal selam misterius juga sempat terdeteksi di Swedia Oktober 2014

Lebih dari 200 tentara, kapal siluman dan helikopter mencari perairan Baltik dari ibukota Swedia Stockholm pada bulan Oktober setelah laporan “kegiatan di bawah air” asing.
Operasi itu membangkitkan kembali kenangan tahun-tahun terakhir Perang Dingin ketika Swedia berulang kali memburu kapal selam yang diduga punya Soviet sepanjang pantai dengan biaya kedalaman. (REY)

Sumber: BBC: Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *