Di
satu sisi teknologi militer selalu membawa kengerian karena menjadi
gambaran mesin pembunuh yang kejam. Tetapi dari sudut lain teknologi
yang dikembangkan membuat kita terkagum-kagum. Salah satunya lima
teknologi perang Rusia yang ada sejak Soviet ini. Teknologi ini memaksa
banyak orang menggosok mata karena sulit percaya.
Kapal Zubr, Amfibi Tangguh
Kapal amfibi Zubr praktis tak terlihat bila sedang dan seperti hanya
gelombang yang bergerak naik turun menuju tepian pantai. Tapi kapal
ini menyimpan kemampuan luar biasa. Zubr masih menjadi kapal amfibi
terbesar dan tercepat di dunia Zubr dapat mengangkut teknologi berat
dan pasukan dari laut ke darat maupun sebaliknya tanpa instalasi
khusus. Kendaraan yang mampu bekerja di segala medan. Dapat bergerak
cepat di laut tetapi juga bisa menjadi kendaraan darat. Kapal ini juga
tangguh di atas es.
Palma, Robot Penjaga Kapal
Hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika Anda melihat Palma
adalah kemiripan bentuk dengan manusia . Ada kepala dengan mata dan
mulut serta memiliki lengan. Pusatnya adalah sistem elektronik optik
automata dipandu dalam bola di atas; mulutnya dan mata video dan saluran
inframerah dan rangefinder laser. Lengan bisa berubah menjadi meriam
yang menembak dengan cepat rudal anti pesawat. Sistem ini kerap disebut
sebagai orang kecil penjaga kapal.
Palma dapat ditemukan pada frigat kelas Gepard yang dibangun untuk
angkatan laut Vietnam, serta di kapal Admiral Gorshkov Rusia, yang akan
diluncurkan 2014 ini.
SU-47 Berkut, Leluhur Siluman
Berkut memiliki penampilan yang agak nyleneh. Terlihat pada sayapnya
yang seperti terbalik dibandingkan pesawat tempur sebelumnya bahkan
sesudahnya. Tetapi sayap sagital mundur ini merupakan kelebihan utama
Berkut.
Ketika lepas landas dari lintasan pendek sebuah kapal induk, sayap
memungkinkan pesawat untuk mendapatkan kecepatan dengan cepat dan
berubah menjadi penerbangan horisontal tanpa jatuh ke dalam air.
Pesawat ini mampu bermanuver pada kecepatan rendah dan bahkan dapat
melakukan perlambatan dinamis disebut Pugachev Cobra, di mana ia
memiliki ekor-pertama sambil menghindari berputar-putar.
SU-47 bisa disebut nenek moyang generasi kelima pesawat PAK FA.
Karena itu satu-satunya pesawat Rusia dengan dimensi perusak tapi dengan
kompartemen kargo di dalam, dalam perjalanan dari penerbangan uji
Program PAK FA itu berisi imitasi jarak jauh peluru kendali. Hanya satu
prototipe eksperimental Berkut pernah dibangun, dan pesawat ini tidak
diproduksi massal.
Orlynok Kapal Terbang
Tidak jelas sebenarnya apakah ini pesawat atau kapal. Sebagai pesawat
yang bisa lepas landas dan mendarat di air, dan dapat terbang pada
kecepatan 311 mph dengan tinggi hanya beberapa meter dari permukaan air
dantidak pernah terancam gelombang atau torpedo musuh. Hal ini juga
terjadi tanpa disadari oleh radar musuh.
Uni Soviet membuat dua jenis kendaraan permukaan: Orlyonok dan Lun.
Yang terakhir mampu membawa rudal anti-kapal Moskit senjata yang
sangat mengancam, bahkan dijuluki pembunuh kapal induk. Hanya satu
prototipe dari Lun dibuat dan setelah kematian konstruktor Rostislav
Alexeyev pengembangannya dihentikan.
Orlyonok lebih kecil di banding Lun dan diciptakan untuk membantu
pendaratan pasukan. Pesawat ini bisa mengangkut 200 tentara dan dua
tank.
Uni Soviet awalnya ingin membangun 120 Orlyonok, namun karena tidak
ada duit proyek hebat ini malah berhenti di jalan . Dengan runtuhnya Uni
Soviet pengembanganya secara permanen dihentikan.
MI-12 Pemegang Rekor Abadi
Berbeda dengan V-22 Osprey mikik Amerika, MI-12 menjadi helikopter
terbesar di dunia, tidak memiliki baling-baling berputar, namun juga
dibangun sesuai dengan skema melintang, yang, dalam pandangan
kompleksitasnya, jarang digunakan dalam helikopter. Memang tidak
mungkin untuk membangun sebuah helikopter dengan kapasitas angkat besar
sesuai dengan skema biasa, karena raksasa ini dirancang sebagai mesin
militer yang mampu mengangkut kargo hingga 30 ton, seperti rudal
balistik. Selain lokasi yang tidak biasa dari baling-baling, keganjilan
MI-12 terdiri dalam sayapnya yang mirip sayap pesawat yang sempit. Jenis
konstruksi meningkatkan manuver helikopter dan gaya angkat nya.
MI-12 meraih rekor angkat pada tahun 1969 dengan mengangkat kargo
40.2- ton pada ketinggian 7 382 kaki (2.250 meter). Rekor yang beum
terpecahkan hingga saat ini. Meskipun sangat hebat sayangnya militer
tidak menginginkannya sedangkan penerbangan sipil nuga tidak
membutuhkan.
Sumber: Russia Beyond the Headlines : Jejaktapak
0 komentar:
Posting Komentar