Senin, 16 Februari 2015

Kapal Selam Baru China ini Berpotensi Jadi Pembunuh Kapal Induk



PLA Navy's Type 093G

PLA Navy’s Type 093G
Kapal selam nuklir baru China Type 093G dinilai akan memiliki kemampuan untuk menjadi pembunuh kapal induk. Demikian dilaporkan jaringn militer Sina yang berbasis di Beijing.
Mengutip majalah Taiwan Pertahanan International, pembuatan dua kapal selam nuklir Type 093G – versi upgrade dari Type 093 – diselesaikan oleh Bohai Industri Kapal Heavy Co pada bulan Desember, dan kembali lagi ke dermaga kering.
Perbedaan utama antara Type 093 dan Type 093G adalah ditambahkan peluncur vertikal yang mampu menembakkan rudal jelajah dan anti kapal YJ-18.
China salah satu dari hanya bebeapa negara yang memiliki kapal selam  nuklir tetapi selama ini sarana industri masih lemah sehingga spesifikasi kapal selam mereka masih cukup kurang mampu. Jenis-generasi pertama yakni type 091 dan 092 masih sangat kalah dibandingkan dengan buatan Amerika terutama dalam hal persenjataan. Tetapi tidak sampai tahun 1990-an itu program kapal selam negara berhasil kembali ke jalur.
Setelah bertahun-tahun, Type 093 dan Type 094 akhirnya muncul dengan kemampuan tinggi. Kapal selam ini mampu mengurangi tingkat kebisingan dan kemampuan senjata serta kekuatan meskipun reaktor nuklir China masih tertinggal dengan milik Amerika.
Berdasarkan foto yang ada, Type 093G Juga memiliki bentuk yang mirip dengan kapal selam nuklir asing modern, dengan penampang berbentuk sayap yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan mobilitas serta mengurangi kebisingan. Dengan dilengkapi rudal YJ-18 akan menempatkan kekuatan serangan dari kapal type 093G.
Mengingat biaya pertimbangan dan harga, jaringan Sina Militer percaya YJ-18 ini didukung oleh mesin turbojet serta roket berbahan bakar padat mirip 3M-54E rudal Rusia, hulu ledak dengan akselerasi ke Mach 2.9.Di samping merupakan rudal anti-kapal, yang YJ-18  kompatibel dengan peluncur vertical untuk kapal permukaan serta kemampuan siluman,
Seperti ditulis Want China Times penambahan Type 093G, yang mampu menyerang dengn rudal berdaya jangkau 300 km, berarti dapat memberikan dukungan signifikan untuk mengancurkan kapal indukmusuh, Type 093 juga bisa menggunakan rudal jarak jauh untuk menyerang sasaran di darat, meletakkan dasar yang kuat untuk pengembangan Type 096 yang merupakan kapal selam generasi berikutnya


Sumber : Jejaktapak

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *