Rabu, 18 Februari 2015

Tegang, Militer Inggris Cegat Kapal Perang Rusia

Tegang, Militer Inggris Cegat Kapal Perang Rusia
Kapal militer Inggris saat mencegat dan mengawal kapal perang Rusia. Foto Daily Mail-EPA.
LONDON - Di saat Inggris dan Rusia terlibat ketegangan, militer Angkatan Laut Inggris mencegat kapal perang Rusia ketika melintasi selat Inggris.

Kapal perang Rusia dicegat, karena rutenya dianggap menyimpang dan mendekati wilayah teritorial Inggris. Inggris mengklaim tindakan pencegatan terhadap kapal perang Rusia itu sesuai dengan hukum internasional.

Kapal perang Rusia yang dicegat kapal militer Angkatan Laut Inggris, HMS Argy II, adalah kapal Neustrashimy. Kapal perang Rusia itu dilengkapi rudal, senjata anti-pesawat dan senjata torpedo.

Setelah dicegat, kapal perang Rusia dikawal kapal Inggris bersenjata berat untuk menjauh dari wilayah teritorial Inggris. Insiden itu terjadi Selasa kemarin. Departemen Pertahanan Inggris menegaskan, tindakan mereka sudah tepat.

Insiden itu semakin memanaskan ketegangan Rusia dan Inggris yang semula dipicu oleh krisis Ukraina. Inggris mendukung Ukraina untuk menghadapi separatis pro-Rusia di Ukraina timur. Sebelumnya, Inggris juga mendepak Rusia dari ajang pameran senjata di wilayah London.

“Mereka tidak provokatif, tapi publik Inggris akan mengharapkan Angkatan Lautnya waspada untuk setiap potensi ancaman, dan siap untuk bereaksi dalam kasus yang bisa berubah menjadi ancaman aktual,” kata seorang sumber militer Angkatan Laut Inggris, yang dilansir Daily Mail, semalam (17/2/2015).

Pihak Kementerian Pertahanan Inggris memperkirakan bahwa dalam beberapa bulan kapal perang Rusia kerap mendekati wilayah Inggris dan selalu dikawal untuk menjauh. Pemerintah Rusia tidak berkomentar atas pencegatan kapal perangnya di dekat wilayah Inggris


Sumber : SINDO

0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *