Senin, 02 Februari 2015

MiG-29 SMT, Revolusi Fulcrum


smt 5

MiG-29 SMT adalah versi perbaikan dari pesawat tempur MiG-29 Fulcrum, yang dirancang dan diproduksi oleh Rusia Aircraft Corporation MiG (RAC MiG), yang merupakan bagian dari JSC United Aircraft Corporation.
Pesawat dimodernisasi dilengkapi dengan senjata presisi tinggi dengan target berbasis laut, udara dan darat. Pesawat menggabungkan kokpit dan avionic yang lebih canggih, tangki bahan bakar tambahan, mesin ditingkatkan, dan peningkatan kapasitas angkutan senjata.
Penerbangan pertama dari prototipe MiG-29SMT disimpulkan pada bulan April 1998. Serial produksi pesawat tempur dimulai pada tahun 2004.
Untuk meningkatkan kemampuan tempur udara, Angkatan Udara Rusia bermaksud untuk meng-upgrade hingga 150 MiG-29 standar menjadi varian SMT.

smt7

Desain dan fitur
MiG-29SMT Fulcrum mengalami peningkatan ketahanan penerbangan dan jangkauan yang lebih panjang. Pesawat ini memiliki dua sayap tetap, belakang-menyapu sayap dengan tips persegi-potong sayap. Dua stabilisator vertikal dipasang di bagian belakang. MiG-29 TPS dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan presisi tinggi   untuk memberikan efisiensi tempur yang tinggi terhadap target  tanah dan target berbasis laut.”
Sebuah landing gear ditarik memungkinkan pesawat untuk melakukan safe take-off dan landing. Sementara itu, landing gear depan terdiri dari dua roda bogie tunggal, dan dua gigi pendaratan utama yang menampilkan roda tunggal masing-masing.
Panjang jet tempur adalah 17.32m, sementara rentang sayap adalah 11.36mm, dan 4.73m tinggi. Take-off berat normal dan maksimum pesawat yang 17,000kg dan 22,000kg masing-masing.
Pesawat ini dilengkapi dengan probe pengisian bahan bakar ditarik bolt-on dan sistem pengisian bahan bakar yang berbeda dalam penerbangan. Hal ini dapat dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan untuk lebih banyak bahan bakar.

smt 4

Kokpit dan avionik
Kokpit kaca baru dari pesawat tempur MiG-29SMT dilengkapi dengan sistem tampilan data yang terdiri dari dua layar lebar MFD-10-6 menampilkan warna multifungsi dan tangan-on throttle dan tongkat kendali (HOTAS). Hal ini juga mencakup sistem navigasi INS-GPS.
Pesawat ini dipasang dengan multifungsi, multi-mode, doppler pulsa ringan udara radar Zhuk-ME, yang dikembangkan oleh Phazotron-NIIR.
Sebuah array slot antena dipasang pada radar. Ini menawarkan deteksi yang lebih akurat dibanding radar generasi sebelumnya. Radar ini mampu melacak hingga sepuluh target udara, dan menghancurkan empat target secara bersamaan dalam mode udara-ke-udara.
Pesawat ini memiliki komputer misi arsitektur terbuka dengan saluran multipleks pertukaran data untuk integrasi sistem avionik yang berbeda, berdasarkan pada kebutuhan pelanggan.
Peralatan opsional mencakup penanggulangan elektronik,  upgrade pencarian dan melacak dengan sistem inframerah, stasiun radio, serta berbagai identifikasi, teman atau musuh (IFF) transponder.


smt2

Persenjataan
MiG-29 SMT dilengkapi dengan senjata udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan presisi tinggi untuk memberikan efisiensi tempur yang tinggi terhadap aerial-, tanah-, dan target berbasis laut., Jet tempur multiperan ini memiliki enam eksternal hard-poin untuk membawa berbagai sistem senjata presisi tinggi modern.
Pesawat dilengkapi dengan  dua R-27ER1 (R1), dua R-27ET1 (T1) dan enam RVV-AE rudal udara ke udara jarak menengah; enam R-73E rudal udara ke udara jarak pendek; empat bom dipandu KAB-500KR / KAB-500L dan 30mm GSH-301.
Pesawat ini juga membawa dua Kh-29TE, dua Kh-29L dan empat Kh-25ml rudal udara-ke-permukaan; dua Kh-31A rudal anti-kapal; dan dua Kh-31p rudal anti-radar.

smt

Mesin dan kinerja
MiG-29SMT Fulcrum ini didukung oleh dua RD-33 seri-3 mesin, yang menghasilkan dorong take-off masing-masing 8,300kgf. Kecepatan udara maksimum 1.500 kilometer / jam di dekat tanah dan 2,400km / jam pada ketinggian tinggi.
Pesawat ini memiliki kemampuan rentang 1.800 km, tanpa tangki eksternal. Rentang ini dapat diperpanjang sampai dengan 2,400km dengan satu tangki eksternal, dan sampai 3.000 km dengan tiga tangki tambahan.
Pesawat ini dapat mencapai jangkauan maksimum lebih dari 5.000 km jika dipasang dengan tiga tangki tetes dan satu dalam penerbangan pengisian bahan bakar. Layanan langit-langit adalah 17,500.

smt23

Pesanan dan Pengiriman
Aljazair menyimpulkan kontrak untuk 28 k pesawat MiG-29SMT ursi tunggal pada Maret 2006. RAC MiG menyampaikan 15 pesawat pada April 2007. Aljazair kemudian menolak pengiriman dan membatalkan kontrak pada tahun 2008 karena tuduhan manufaktur berkualitas rendah. Sehingga sebanyak 28 yang ditolak Aljazair dikirim ke Angkatan Udara Rusia antara tahun 2009 dan 2010.
RAC MiG menandatangani kontrak tiga tahun senilai lebih dari 473 juta Dollar Amerika dengan Kementerian Pertahanan Rusia pada bulan April 2014 untuk memberikan 16 MiG-29SMT untuk Angkatan Udara Rusia. Pengiriman diharapkan akan selesai pada tahun 2016.
Angkatan Udara Yaman menerima MiG-29SMT pertama pada Oktober 2004. Kementerian Pertahanan Yaman menempatkan order $ 1,3 milyar untuk 32 pesawat MiG-29SMT pada bulan September 2006. Pada tahun 2006, Angkatan Udara India mengumumkan upgrade 69 MiG-29 milik mereka dengan standar MiG-29UPG, yang merupakan versi yang sama dari MiG-29SMT. Modernisasi enam pesawat mulai di Rusia pada bulan Agustus 2008. Tiga MiG-29UPG pertama disampaikan pada bulan Desember 2012 dan tiga lagi pada Maret 2013. Sisanya sedang dipasang oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL).


Sumber: airforce-technology.com :Jejaktapak


0 komentar:

Posting Komentar

Form Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *