MiG-29 SMT adalah versi perbaikan dari pesawat tempur MiG-29 Fulcrum,
 yang dirancang dan diproduksi oleh Rusia Aircraft Corporation MiG (RAC 
MiG), yang merupakan bagian dari JSC United Aircraft Corporation.
Pesawat dimodernisasi dilengkapi dengan senjata presisi tinggi dengan
 target berbasis laut, udara dan darat. Pesawat menggabungkan kokpit dan
 avionic yang lebih canggih, tangki bahan bakar tambahan, mesin 
ditingkatkan, dan peningkatan kapasitas angkutan senjata.
Penerbangan pertama dari prototipe MiG-29SMT disimpulkan pada bulan 
April 1998. Serial produksi pesawat tempur dimulai pada tahun 2004.
Untuk meningkatkan kemampuan tempur udara, Angkatan Udara Rusia 
bermaksud untuk meng-upgrade hingga 150 MiG-29 standar menjadi varian 
SMT.
Desain dan fitur
MiG-29SMT Fulcrum mengalami peningkatan ketahanan penerbangan dan 
jangkauan yang lebih panjang. Pesawat ini memiliki dua sayap tetap, 
belakang-menyapu sayap dengan tips persegi-potong sayap. Dua 
stabilisator vertikal dipasang di bagian belakang. MiG-29 TPS dilengkapi
 dengan rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan presisi tinggi 
  untuk memberikan efisiensi tempur yang tinggi terhadap target  tanah 
dan target berbasis laut.”
Sebuah landing gear ditarik memungkinkan pesawat untuk melakukan safe
 take-off dan landing. Sementara itu, landing gear depan terdiri dari 
dua roda bogie tunggal, dan dua gigi pendaratan utama yang menampilkan 
roda tunggal masing-masing.
Panjang jet tempur adalah 17.32m, sementara rentang sayap adalah 
11.36mm, dan 4.73m tinggi. Take-off berat normal dan maksimum pesawat 
yang 17,000kg dan 22,000kg masing-masing.
Pesawat ini dilengkapi dengan probe pengisian bahan bakar ditarik 
bolt-on dan sistem pengisian bahan bakar yang berbeda dalam penerbangan.
 Hal ini dapat dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan untuk lebih
 banyak bahan bakar.
Kokpit dan avionik
Kokpit kaca baru dari pesawat tempur MiG-29SMT dilengkapi dengan 
sistem tampilan data yang terdiri dari dua layar lebar MFD-10-6 
menampilkan warna multifungsi dan tangan-on throttle dan tongkat kendali
 (HOTAS). Hal ini juga mencakup sistem navigasi INS-GPS.
Pesawat ini dipasang dengan multifungsi, multi-mode, doppler pulsa 
ringan udara radar Zhuk-ME, yang dikembangkan oleh Phazotron-NIIR.
Sebuah array slot antena dipasang pada radar. Ini menawarkan deteksi 
yang lebih akurat dibanding radar generasi sebelumnya. Radar ini mampu 
melacak hingga sepuluh target udara, dan menghancurkan empat target 
secara bersamaan dalam mode udara-ke-udara.
Pesawat ini memiliki komputer misi arsitektur terbuka dengan saluran 
multipleks pertukaran data untuk integrasi sistem avionik yang berbeda, 
berdasarkan pada kebutuhan pelanggan.
Peralatan opsional mencakup penanggulangan elektronik,  upgrade 
pencarian dan melacak dengan sistem inframerah, stasiun radio, serta 
berbagai identifikasi, teman atau musuh (IFF) transponder.
Persenjataan
MiG-29 SMT dilengkapi dengan senjata udara-ke-udara dan 
udara-ke-permukaan presisi tinggi untuk memberikan efisiensi tempur yang
 tinggi terhadap aerial-, tanah-, dan target berbasis laut., Jet tempur 
multiperan ini memiliki enam eksternal hard-poin untuk membawa berbagai 
sistem senjata presisi tinggi modern.
Pesawat dilengkapi dengan  dua R-27ER1 (R1), dua R-27ET1 (T1) dan 
enam RVV-AE rudal udara ke udara jarak menengah; enam R-73E rudal udara 
ke udara jarak pendek; empat bom dipandu KAB-500KR / KAB-500L dan 30mm 
GSH-301.
Pesawat ini juga membawa dua Kh-29TE, dua Kh-29L dan empat Kh-25ml 
rudal udara-ke-permukaan; dua Kh-31A rudal anti-kapal; dan dua Kh-31p 
rudal anti-radar.
Mesin dan kinerja
MiG-29SMT Fulcrum ini didukung oleh dua RD-33 seri-3 mesin, yang 
menghasilkan dorong take-off masing-masing 8,300kgf. Kecepatan udara 
maksimum 1.500 kilometer / jam di dekat tanah dan 2,400km / jam pada 
ketinggian tinggi.
Pesawat ini memiliki kemampuan rentang 1.800 km, tanpa tangki 
eksternal. Rentang ini dapat diperpanjang sampai dengan 2,400km dengan 
satu tangki eksternal, dan sampai 3.000 km dengan tiga tangki tambahan.
Pesawat ini dapat mencapai jangkauan maksimum lebih dari 5.000 km 
jika dipasang dengan tiga tangki tetes dan satu dalam penerbangan 
pengisian bahan bakar. Layanan langit-langit adalah 17,500.
Pesanan dan Pengiriman
Aljazair menyimpulkan kontrak untuk 28 k pesawat MiG-29SMT ursi 
tunggal pada Maret 2006. RAC MiG menyampaikan 15 pesawat pada April 
2007. Aljazair kemudian menolak pengiriman dan membatalkan kontrak pada 
tahun 2008 karena tuduhan manufaktur berkualitas rendah. Sehingga 
sebanyak 28 yang ditolak Aljazair dikirim ke Angkatan Udara Rusia antara
 tahun 2009 dan 2010.
RAC MiG menandatangani kontrak tiga tahun senilai lebih dari 473 juta
 Dollar Amerika dengan Kementerian Pertahanan Rusia pada bulan April 
2014 untuk memberikan 16 MiG-29SMT untuk Angkatan Udara Rusia. 
Pengiriman diharapkan akan selesai pada tahun 2016.
Angkatan Udara Yaman menerima MiG-29SMT pertama pada Oktober 2004. 
Kementerian Pertahanan Yaman menempatkan order $ 1,3 milyar untuk 32 
pesawat MiG-29SMT pada bulan September 2006. Pada tahun 2006, Angkatan 
Udara India mengumumkan upgrade 69 MiG-29 milik mereka dengan standar 
MiG-29UPG, yang merupakan versi yang sama dari MiG-29SMT. Modernisasi 
enam pesawat mulai di Rusia pada bulan Agustus 2008. Tiga MiG-29UPG 
pertama disampaikan pada bulan Desember 2012 dan tiga lagi pada Maret 
2013. Sisanya sedang dipasang oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL).
Sumber: airforce-technology.com :Jejaktapak
0 komentar:
Posting Komentar